Jelaskan Perbedaan Antara Peristiwa Mengembun dan Menyublim

Diposting pada

Jelaskan Perbedaan Antara Peristiwa Mengembun dan Menyublim – Apa itu perubahan wujud benda? Perubahan wujud benda adalah terjadinya perubahan wujud suatu benda dari bentuk sebelumnya, baik berubah bau atau aroma, ukuran, warna, dan bentuknya. Perubahan wujud benda ini terjadi menggunakan beberapa proses dan berbagai cara yang bisa dilihat menggunakan mata telanjang. Benda tersebut dapat berwujud padat, gas, ataupun cair.

Macam macam benda (padat, cair, gas) ini memiliki sifat sifatnya sendiri. Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang macam macam perubahan wujud benda lengkap. Seperti yang kita tahu bahwa zat gas, padat, dan cair dalam kondisi tertentu memang tidak dapat mempertahankan bentuknya. Maka dari itu perubahan wujud benda dapat berupa perubahan aroma/bau, warna, dan bentuk. Terjadinya hal ini disebabkan oleh pengaruh suhu, kelembapan, panas, dan sebagainya yang membuat zat benda dalam keadaan tertentu. Lantas jelaskan perbedaan antara peristiwa mengembun dan menyublim?

Perubahan wujud benda pada dasarnya memiliki sifat sementara atau permanen sehingga menciptakan zat benda yang baru dan wujud awalnya tidak dapat dikembalikan lagi. Maka dari itu perubahan wujud benda berhubungan dengan perubahan biologi, fisika, dan kimia. Jenis jenis perubahan tersebut membuat wujud bendanya berubah. Perubahan wujud benda ini biasanya membutuhkan kalor ataupun hanya melepaskan kalor. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjawab pertanyaan jelaskan perbedaan antara peristiwa mengembun dan menyublim. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Jelaskan Perbedaan Antara Peristiwa Mengembun dan Menyublim

Benda padat, gas, dan cair secara umum dapat berubah dikarenakan adanya kalor. Perubahan wujud benda tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jenis perubahan wujud benda ini dapat berupa menguap, mencair, menyublim, mengkristal, mengembun dan membeku. Perubahan benda yang akan saya bahas ini berhubungan dengan proses mengembun dan menyublim.

Baca Juga  Salah Satu Peristiwa yang Menunjukkan Bahwa Gelombang Dapat Dipantulkan Adalah

Jelaskan perbedaan antara peristiwa mengembun dan menyublim? Pengertian mengembun adalah terjadinya perubahan wujud benda gas menjadi cair. Terjadinya pengembunan gas di udara yag suhunya rendah atau dingin berubah menjadi butiran air. Mengembun tersebut mengalami proses pelepasan kalor karena suhu yang dibutuhkan rendah. Contohnya embun pada gelas kaca karena berisi es batu atau air dingin atau embun di daun daun rumput di pagi hari.

jelaskan perbedaan antara peristiwa mengembun dan menyublim
Contoh Peristiwa Mengembun

Kemudian adapula proses menyublim adalah terjadinya perubahan wujud pada benda padat hingga menjadi benda gas. Menyublim sendiri termasuk perubahan wujud benda yang memerlukan energi panas atau kalor sehingga perubahan benda padat dapat menjadi gas diudara. Contohnya kamper atau kapur barus di ruangan terbuka yang akan habis lama kelamaan karena mengalami penyubliman di udara. Setelah mengetahui penjelasan mengenai proses menyublim dan mengembun di atas, coba kerjakan soal di bawah ini:

Jelaskan perbedaan antara peristiwa mengembun dan menyublim?

Jawaban
Kalau mengembun adalah perubahan wujud yang terjadi pada benda gas menjadi cair sehingga dapat melepaskan kalor, dimana gas akan berubah menjadi embun atau butiran air. Sedangkan menyublim adalah proses perubahan wujud pada benda padat menjadi benda gas sehingga membutuhkan panas atau kalor.

Menyublim dan mengembun merupakan dua jenis perubahan wujud benda yang memiliki sifat sifatnya sendiri selain perubahan wujud lainnya. Dari jawaban di atas tentunya anda sudah tidak kebingungan lagi untuk menjawab pertanyaan jelaskan perbedaan antara peristiwa mengembun dan menyublim tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.