Jenis Pengalamatan IP Address IPv6

Diposting pada

Jenis Pengalamatan IP Address IPv6 – Selamat datang teman-teman TKJ semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai jenis pengalamatan IP Address IPv6. Teman-teman pasti sudah tau dong kalau tipe IP Address itu ada 2 yaitu IPv4 dan IPv6. Dari kedua tipe itu, IPv4 adalah IP yang sering dipakai untuk memberi pengalamatan pada piranti jaringan. Karena yang paling sering dipakai adalah IPv4, mungkin masih banyak yang belum tahu IPv6.

Jenis Pengalamatan IP Address IPv6
Pengalamatan IP Address IPv6

Pengalamatan pada IPv4 hanya ada satu namun masih dibagi menjadi 5 kelas yaitu kelas A, B, C, D, dan E. Dari kelima kelas tersebut, hanya kelas A, B, dan C saja yang dapat digunakan karena kelas D digunakan untuk multicasting sedangkan kelas E digunakan untuk eksperiment.

Jenis Pengalamatan IP Address IPv6

Internet protocol atau IP pasti sudah tak asing lagi bagi kalian yang gemar mengotak atik jaringan. Fungsinya yang tak tergantikan untuk mengakses internet membuatnya menjadi sektor vital yang tak boleh salah dikonfigurasi. Ketika salah pada saat setting alamat IP maka sudah bisa dipastikan komputer atau laptop tidak akan tersambung ke internet.

Dalam konteks pendidikan, kita memang jarang menjumpai pembahasan tentang jenis IP adress IPv6. Bahkan untuk mereka yang ambil jurusan TKJ pun seringnya mendapat materi pengalamatan IPv4 saja. Tapi dalam beberapa kasus, ada pula guru produktif yang menyampaikannya karena merasa pengenalan jenis IPv6 sangatlah penting.

Lantas apa perbedaan konfigurasi alamat IP yang satu ini daripada saudaranya? singkatnya IPv6 tidak mengenal sistem kelas seperti IPv4. IPv6 menyediakan 3 tipe address yaitu Unicast, Anycast, dan Multicast. Masing-masing tentu memiliki pengertian dan fungsi berbeda. Kalau kalian tertarik maka simaklah penjelasan tipe pengalamatan IPv6 berikut.

Unicast

Pengalamatan unicast pada IPv6 sama halnya dengan saudaranya. Yaitu menggunakan beberapa kumpulan alamat dengan bit continue yang sama. Seperti contoh alamat subnet serta class-less Interdomain Routing atau CIDR. Berikut ini adalah beberapa tipe pengalamatan unicast pada IPv6:

  • Alamat Link Local : adalah alamat yang digunakan dalam satu link yaitu jaringan local yang sama-sama tersambung dalam satu level.
  • Alamat Site Local : adalah alamat yang digunakan terbatas dalam satu site hingga terbatas pemakaiannya hanya di dalam satu site hingga tidak bisa digunakan untuk mengirimkan alamat di luar site ini.
  • Alamat Global : adalah alamat yang digunakan untuk semisal seperti yang digunakan untuk ISP (Internet Service Provider).
Baca Juga  Tombol Shortcut Keyboard Ctrl + A Sampai Z

Anycast

Pengalamatan anycast dipakai untuk mengantar packet ke salah satu anggota dari anycast yang paling dekat. Jadi, satu alamat anycast dipakai oleh sebagian interface serta tiap-tiap paket anycast akan terkirim ke interface anggota terdekat. Jenis IP address IPv6 satu ini pada dasarnya hampir sama seperti unicast. Hanya saja, satu alamat anycast dipakai oleh lebih dari 1 host.

Dalam buku pelajaran TIK atau mikrotik biasanya dijelaskan cara konfigurasi IPv6 untuk anycast. Bila kalian juga ingin praktek maka simaklah beberapa persyaratan khusus di bawah:

  • Satu alamat anycast tidak bisa dipakai menjadi alamat sumber dari satu packet IPv6.
  • Satu alamat anycast tidak bisa dipakai menjadi alamat interface pada router.

Multicast

Jenis pengalamatan IPv6 yang terakhir adalah multicast yang notabenya dipakai untuk identitas satu grup node. Jika salah satu packet dikirim ke alamat multicast, maka packet itu akan diterima oleh seluruh node anggota dari grup itu. Dari penjelasan ini bisa kita simpulkan bahwa Multicast IPv6 merupakan manifestasi dari sekumpulan anycast.

Saya rasa cukup sekian penjelasan tentang jenis IP address IPv6 yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini. Secara garis besar, IPv6 memang sangat jarang dipakai untuk konfigurasi jaringan khususnya di Indonesia. Tapi pada beberapa kesempatan teknisi bisa memakai ketiga jenis pengalamatan IP address itu untuk mendapatkan performa jaringan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.