Materi Sudut Matematika Kelas 4 SD (Jenis, Pengukuran, dan Contoh Soal)

Diposting pada

Materi Sudut Matematika Kelas 4 SD (Jenis, Pengukuran, dan Contoh Soal) – Pengukuran sudut dapat kita jumpai pada mata pelajaran matematika hampir di semua jenjang. Meski terkesan mudah tapi ternyata tak semua tau bagaimana cara mengukur besar sudut yang benar. Hal ini terbukti dari keluhan yang muncul ketika siswa mengerjakan latihan soal sudut kelas 4 SD.

Ketika duduk di bangku sekolah dasar guru pasti sering membahas jenis jenis sudut matematika. Pada dasarnya Matematika tidak hanya berupa ilmu pembelajaran dalam tingkat sekolah saja. Tetapi ilmu Matematika ini juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Bahkan dapat digunakan dalam pemecahan masalah yang berhubungan dengan hitung menghitung. Matematika tersebut banyak diterapkan dalam proses perdagangan jual beli, pembangunan rumah dan sebagainya, termasuk materi sudut Matematika ini.

Rangkuman Materi Sudut Matematika Untuk SD Kelas 4 Terlengkap
Materi Sudut Matematika

Materi Sudut untuk SD Kelas 4 ini tergolong materi dasar dasar dalam sudut. Misalnya membandingkan dua sudut, mengukur besar sudut, dan sebagainya. Maka dari itu pengoperasiannya belum serumit materi ketika dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa rangkuman materi sudut Matematika untuk SD kelas 4 terlengkap Dalam rangkuman materi sudut SD kelas 4 ini terdapat penjelasannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Materi Sudut Matematika Kelas 4 SD (Jenis, Pengukuran, dan Contoh Soal)

Matematika termasuk salah satu pelajaran yang sering dicap sulit oleh mayoritas siswa. Asumsi ini muncul bukan tanpa alasan karena setiap materinya mengharuskan kita menghafal rumus hitung dan teori kompleks. Selain hafalan dan peta konsep matang, siswa juga dituntut harus teliti ketika mengerjakan soal latihan.

Dari sekian banyak topik entah kenapa saya tertarik membahas jenis jenis sudut matematika yang diajarkan ketika duduk di bangku SD. Materi sekolah dasar harusnya memiliki tingkat kesulitan mudah ke medium. Tapi dalam beberapa kasus ada beberapa topik yang mengharuskan kita bekerja ekstra untuk menguasainya. Seperti jenis jenis serta materi sudut kelas 4 SD yang akan segera kita bahas.

Sebelum mulai menghitung soal sudut SD kelas 4 SD langkah baiknya kalian pahami materinya telrebih dulu. Saya akan menjelaskan tentang pengertian sudut terlebih dahulu. Sudut adalah daerah yang dibentuk oleh dua sinar atau garis lurus atau sudut yang dipertemukan menjadi satu. Materi sudut kelas 4 tersebut meliputi:

  1. perbandingan besar dua buah sudut
  2. mengenal sudut siku siku dan sudut lurus
  3. serta mengukur besar sudut, baik menggunakan satuan baku ataupun satuan tak baku.

Penasaran seperti apa pembahasannya? bila iya maka simaklah pengukuran sudut kelas 4 SD pada artikel berikut.

Membandingkan Besar Dua Sudut

Rangkuman materi sudut SD kelas 4 yang pertama membahas tentang perbandingan besar dua sudut. Bagaimana cara membandingkan besar dua sudut? Perbandingan sudut dalam materi sudut Matematika ini hanya mempertimbangkan antara dua sudut manakah yang lebih besar atau lebih kecil. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak gambar dua sudut di bawah ini:

Rangkuman Materi Sudut Matematika Untuk SD Kelas 4 Terlengkap
Gambar Dua Buah Sudut

Kedua sudut di atas kemudian digabungkan menjadi satu sehingga keduanya saling berhimpitan dan menempel satu sama lain. Maka hasilnya akan menjadi seperti pada gambar di bawah ini :

Rangkuman Materi Sudut Matematika Untuk SD Kelas 4 Terlengkap
Gambar Dua Buah Sudut Setelah Digabungkan

Dari gambar itu, kita dapat melihat dengan jelas manakah sudut yang lebih besar maupun lebih kecil. Praktek perbandingan dua sudut dalam materi sudut untuk SD kelas 4 ini berisi materi tentang mengetahui sudut manakah yang lebih besar/kecil. Gambar dua sudut di atas menunjukkan bahwa sudut A lebih kecil daripada sudut B.

Cara Menghitung Besar Sudut

Pada materi sudut SD kelas 4 sesi ini saya akan membahas tentang pengukuran besar sudut. Untuk mengukur besar sudut dalam materi sudut untuk SD kelas 4 ini dapat menggunakan sudut satuan maupun busur derajat. Dengan kata lain materi sudut Matematika dalam tahap pengukuran besar ini berlaku sistem pengukuran satuan tak baku dan pengukurann satuan baku. Berikut penjelasan selengkapnya :

Baca juga : Materi Induksi dan Contoh Soal Induksi Matematika

Pengukuran Sudut Menggunakan Satuan Tak Baku

Rumus sudut Matematika ini termasuk dalam rangkuman materi sudut SD kelas 4 pada tahap pengukuran. Tahap pertama dalam mengukur sudut satuan tak baku ialah dengan membagi lingkaran menjadi 8 potong yang ukurannya sama besar. Maka hasil pembagian lingkaran pada materi sudut untuk SD kelas 4 nya menjadi seperti di bawah ini :

Rangkuman Materi Sudut Matematika Untuk SD Kelas 4 Terlengkap
Pembagian Lingkaran Menjadi 8 Bagian

Gambar di atas digunakan untuk mengukur besar sebuah sudut. Maka hasil pengukuran besar sudut pada materi sudut Matematikanya akan menjadi seperti di bawah ini:

Rangkuman Materi Sudut Matematika Untuk SD Kelas 4 Terlengkap
Pengukuran Besar Sudut Menggunakan Satuan Tak Baku

Kesimpulan dalam pengukuran sudut satuan tak baku pada rangkuman materi sudut SD kelas 4 ini ialah menggunakan gambar di atas sebagai alat untuk mengukur sudutnya. Satuan sudut tersebut dapat memudahkan anda dalam melakukan pengkuran besar sudut yang telah diketahui. Adapun penjelasan mengenai masing masing sudut satuan di atas yaitu sebagai berikut:

Rangkuman Materi Sudut Matematika Untuk SD Kelas 4 Terlengkap
Penjelasan Pengukuran Sudut Dengan Satuan Tak Baku

Baca juga : Cara Menggambar Diagram Venn Beserta Contohnya

Pengukuran Sudut Menggunakan Satuan Baku

Materi sudut Matematika ini termasuk dalam rangkuman materi sudut SD kelas 4 pada tahap pengukuran. Dalam materi sudut untuk SD kelas 4 yakni tahap pengukuran sudut satuan baku tersebut dapat menggunakan Busur Derajat. Berikut penjelasan mengenai cara menggunakan busur derajat yaitu:

Rangkuman Materi Sudut Matematika Untuk SD Kelas 4 Terlengkap
Gambar Busur Derajat Dalam Pengukuran Sudut Satuan Baku

Untuk mengukur sudut menggunakan satuan baku (busur derajat) tersebut, anda hanya tinggal menempelkannya pada gambar sudutnya. Perhatikan gambar di bawah ini!

Rangkuman Materi Sudut Matematika Untuk SD Kelas 4 Terlengkap
Contoh Pengukuran Sudut Menggunakan Busur Derajat

Berdasarkan gambar di atas kita dapat melihat bahwa sudut A memiliki besar 50 derajat. Kesimpulan dalam pengukuran sudut satuan baku pada rangkuman materi sudut SD kelas 4 ini ialah menggunakan busur derajat dalam mengukur besar sudut yang telah diketahui sebelumnya.

Jenis Jenis Sudut Kelas 4 SD

Penjelasan selanjutnya membahas tentang jenis jenis sudut matematika yang biasa diajarkan ketika duduk di bangku SD. Mayoritas guru biasanya hanya akan menyampaikan sudut lurus dan sudut siku siku ketika kalian duduk di bangku kelas 4 SD. Satu putaran sudut memiliki besar 360 derajat. Satu putaran sudut tersebut dapat disebut sebagai satu lingkaran penuh. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak gambar di bawah ini:

Rangkuman Materi Sudut Matematika Untuk SD Kelas 4 Terlengkap
Mengenal Sudut Putaran, Sudut Lurus dan Sudut Siku Siku

Gambar di atas dapat kita simpulkan bahwa sudut lurus merupakan sudut yang besarnya 180 derajat atau sudut setengah putaran, sedangkan sudut siku siku merupakan sudut yang besarnya 90 derajat atau sudut seperempat putaran.

Baca juga : Mengenal Satuan Jumlah Lusin, Gross, Rim dan Kodi

Demikianlah penjelasan mengenai rangkuman materi sudut Matematika untuk SD kelas 4 terlengkap. Rangkuman materi sudut SD kelas 4 ini terdiri dari perbandingan besar dua buah sudut, mengenal sudut siku siku dan sudut lurus, serta mengukur besar sudut, baik menggunakan satuan baku ataupun satuan tak baku. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat belajar.

Baca Juga  Rumus Volume dan Luas Permukaan Bola Beserta Contoh Soal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.