Pengertian Client Server dan Peer to Peer (Kelebihan dan Kekurangan)

Diposting pada

Pengertian Client Server dan Peer to Peer (Kelebihan dan Kekurangan) – Pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa itu client server dan pengertian peer to peer secara intensif. Agar lebih lengkap, akan saya tuliskan juga mengenai kelebihan dan kekuranannya. Jadi artikel ini bisa dibilang pengertian client server dan peer to peer beserta kelebihan dan kekurangannya yang semoga lengkap. Artikel ini merupakan materi TKJ ketika kelas X kalau tidak XI, lupa nih.

Apa yang dimaksud dengan client server itu? Apa yang dimaksud peer to peer itu? Apa saja kelebihan client server? Apa saja kekurangan client server? Apa saja kelebihan peer to peer? Apa saja kekurangan peer to peer Dengan adanya artikel ini, semoga wawasan kita mengenai pengertian client server dan peer to peer beserta kelebihan dan kekurangannya bisa bertambah.

Pengertian Client Server dan Peer to Peer (Kelebihan dan Kekurangan)

Konfigurasi jaringan termasuk salah satu materi dasar yang wajib dikuasai oleh siswa yang mengambil jurusan TKJ. Tapi dalam beberapa kasus, materi ini juga diajarkan di bangku SMA lebih tepatnya pada mapel TIK.

Ada banyak sekali jenis konfigurasi jaringan yang dapat menghubungkan suatu perangkat dengan lainnya. Misalnya konfigurasi client server yang banyak dipakai untuk membangun koneksi yang terdiri dari 1 komputer utama serta beberapa pc penerima. Lain halnya dengan peer to peer yang mempunyai hak serta beban distribusi data yang sama antar perangkat.

Sayangnya, materi yang membahas apa itu peer to peer maupun pengertian client server kurang mendapat porsi pembahasan yang sesuai. Sehingga mayoritas siswa pun jadi kesulitan saat mengerjakan soal ujian. Untungnya, dua tipe jaringan itu terangkum secara rapi di buku pedoman produktif TKJ serta TIK di jenjang sekolah menengah. Untuk membantu kalian memahami pengertian peer to peer dan apa itu client server maka simaklah artikel di bawah sampai selesai.

Apa Itu Client Server

Client server adalah sebuah bentuk arsitektur dimana client adalah perangkat yang menerima dan akan menampilkan serta menjalankan aplikasi, sedangkan server adalah perangkat yang menyediakan sumber daya dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, serta keamanannya. Jadi pada intinya, client merupakan perangkat yang menerima, menampilkan, dan menjalankan aplikasi, sedangkan server merupakan perangkat yang bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya.

Pengertian Client Server dan Peer to Peer (Kelebihan dan Kekurangan)
Gambar Client Server

Kelebihan Client Server

Sebenarnya apa itu client server dalam jaringan komputer bisa kita jumpai dengan mudah. Sebagai contoh saat ke warnet maka kalian akan mendapati 1 komputer yang beroperasi sebagai admin. Sedangkan perangkat lain berfungsi sebagai host penerima data dari admin tersebut. Adapun macam kelebihan client server adalah sebagai berikut:

  1. Data dapat dibackup pada satu lokasi sentral.
  2. Konfigurasi lebih mudah
  3. Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan penelolaannya dilakukan secara khusus oleh server yang tidak dibebani tugas lain. Jadi server lebih fokus menyediakan fasilitas jaringan saja.
  4. Lebih aman.
Baca Juga  Pengertian dan Fungsi Mac Address Pada Komputer

Kekurangan Client Server

Meski menawarkan kelebihan yang terkesan praktis tapi client server adalah tipe jaringan yang butuh sumber daya mumpuni. Tak hanya device server yang kuat tapi juga termasuk SDM yang mengelolanya juga. Adapun macam kekurangan client server yakni:

  1. Membutuhkan administrator yang handal.
  2. Jika server mati, seluruh komputer client juga akan mati.
  3. Pelaksanaannya mahal.

Apa Itu Peer to Peer

Pengertian Peer to Peer adalah jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan dapat juga menjadi client secara bersamaan. Lain hanya dengan client server yang antara client dan server memiliki tugas yang berbeda. Jadi pada intinya, peer to peer memiliki host yang dapat bertugas menjadi client maupun server dalam waktu bersamaan.

Sistem Peredaran Darah Manusia Beserta Penjelasannya
Gambar Peer to Peer

Kelebihan Peer to Peer

Ketika duduk di bangku sekolah menengah biasanya siswa akan diminta membuat peer to peer sebagai permulaan. Tipe jaringan ini dipilih karena lebih sederhana dan mudah daripada client server. Adapun macam kelebihan peer to peer adalah:

  1. Tidak membutuhkan administrator yang handal.
  2. Pelaksanaannya tidak terlalu mahal.
  3. Pemasangan dan konfigurasi lebih mudah.

Kekurangan Peer to Peer

Peer to peer adalah tipe jaringan yang sederhana karena konsepnya hanya menghubungkan perangkat secara manual. Jadi, masing-masing komputer yang terhubung memiliki role (peran) yang sama. Walaupun menawarkan konfigurasi yang lebih ringan dan sederhana tapi tipe sambungan ini juga tak luput dari kelemahan. Adapun beberapa kekurangan peer to peer adalah sebagai berikut:

  1. Tidak cocok untuk network skala besar.
  2. Pemasangan yang ribet bila ada banyak komputer.
  3. Tingkat keamanan kurang kuat.

Nah, itulah sedikit artikel mengenai pengertian client server dan peer to peer beserta kelebihan dan kekurangannya. Kalau dilihat, kedua jaringan ini berbanding terbalik antara satu dengan yang lain, mulai dari kelebihan dan kekurangannya. Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.