Puisi Ditulis Dalam Bentuk

Diposting pada

Puisi Ditulis Dalam Bentuk – Pada dasarnya puisi termasuk dalam bentuk karya sastra yang disajikan dalam bentuk yang imajinatif dan bahasa yang indah sehingga banyak disukai oleh masyarakat. Puisi ini juga dianggap sebagai kata kata yang dirangkai untuk menjelaskan sebuah perasaan penulis. Kemudian adapula pengertian puisi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu ragam sastra yang menggunakan bahasa terikat dengan rima, irama, mantra serta disusun dalam bentuk bait dan larik.

Puisi tersebut bahkan didefinisikan sebagai gubahan dalam bahasa yang ditata dengan cermat dan bentuknya dipilih. Definisi puisi menurut para ahli sendiri cukup bervariasi seperti menurut Sumardi yang menyatakan bahwa puisi adalah karya sastra yang menggunakan bahasa dipersingkat, diberi irama yang dipadukan dengan bunyi, dipadatkan, dan memilih kata yang imajinatif. Lantas puisi ditulis dalam bentuk apa? Untuk memahami tentang jenis karya sastra ini, anda dapat melihat beberapa contoh puisi pada artikel sebelumnya.

puisi ditulis dalam bentuk
Pembuatan Puisi

Puisi termasuk salah satu contoh karya sastra yang bersifat imajinatif dan menggunakan bahasa yang indah. Dalam puisi terdapat pesan yang dirangkai dalam bentuk kata kata indah untuk disampaikan penyair kepada pendengarnya. Bahasa yang digunakannya pun berbeda dengan bahasa sehari hari karena kurang menarik jika dibuat menjadi puisi. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang puisi ditulis dalam bentuk apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Puisi Ditulis Dalam Bentuk

Pengertian puisi lengkap dengan ciri cirinya sebenarnya telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Puisi secara umum memang menggunakan bahasa yang tidak sama dengan jenis karya sastra lain seperti prosa ataupun drama. Maka dari itu puisi tersebut memiliki ciri khas atau karakteristiknya sendiri. Bahkan banyak pula karya karya puisi yang fenomenal hasil dari para penyair besar seperti WS Rendra, Sapardi Djoko Damono, Joko Pinurbo, Taufik Ismail, Chairil Anwar, dan lain lain.

Baca Juga  6 Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Indonesia Singkat, Baik, dan Benar

Kumpulan contoh puisi tersebut dapat kita temukan dalam buku puisi ataupun di Internet. Setiap penyair atau sastrawan puisi mempunyai gaya bahasanya sendiri, baik ketika membaca ataupun menulis puisi. Pada dasarnya pembuatan puisi memang tidaklah mudah. Hal ini dikarenakan penyusunan atau pembuatannya membutuhkan beberapa aspek di dalamnya.

Jika membahas tentang materi puisi tersebut, tentunya kita akan menemukan beberapa contoh soal terkait puisi ini. Adapun bentuk contoh soalnya yaitu sebagai berikut:

Puisi ditulis dalam bentuk . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah bait.

Berdasarkan jawaban di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa puisi ditulis dalam bentuk bait. Bait sendiri adalah salah satu ciri ciri atau karakteristik puisi berbentuk karangan/tulisan yang terikat dengan adanya bait dan baris. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.