Sebutkan 3 Contoh Alat Musik Ritmis

Diposting pada

Sebutkan 3 Contoh Alat Musik Ritmis – Apa itu musik? Pengertian musik adalah bentuk kesenian yang termasuk dalam bagian kehidupan manusia. Musik tersebut juga dapat diartikan sebagai sarana yang digunakan untuk mengekspresikan perasaan senang, patriotisme, gembira, sedih, dan sebagainya. Musik ini juga digunakan untuk alat imajinasi. Musik ini memang dihasilkan dengan beberapa alat musik.

Alat musik merupakan masing masing perangkat yang digunakan untuk menghasilkan sebuah suara musik. Alat musik menurut fungsinya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis seperti alat musik ritmis, alat musik melodis, dan alat musik harmonis. Macam macam alat musik ini telah saya jelaskan lengkap pada artikel sebelummnya. Lantas coba sebutkan 3 contoh alat musik ritmis?

sebutkan 3 contoh alat musik ritmis
Contoh Alat Musik Ritmis

Apa itu alat musik ritmis? Pengertian alat musik ritmis adalah alat musik yang berguna untuk mengatur dan mengiringi tempo lagu. Alat musik ritmis juga digunakan untuk memberikan ketukan atau irama suatu lagu. Jenis alat musik ini pada umumnya tidak memiliki nada. Hal ini dikarenakan alat musik ritmis berkaitan dengan pulse atau ketukan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan jawaban sebutkan 3 contoh alat musik ritmis. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sebutkan 3 Contoh Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis memang dapat didefinisikan sebagai alat musik yang menghasilkan irama lagu sehingga tidak membentuk nada di dalamnya. Alat musik ritmis tersebut memang berkaitan dengan birama, ketukan dan tempo lagu. Tetapi alat musik ritmis memiliki fungsi utama yaitu mengatur irama musik. Alat musik ritmis juga digunakan untuk menyempurnakan harmonisasi alat musik yang lain. Maka dari itu alat musik ritmis dapat dimainkan seseorang dengan memperhatikan ketukan pada birama lagunya.

Baca Juga  Mengenal Macam Macam Gamelan Jawa Lengkap

Coba sebutkan 3 contoh alat musik ritmis? Alat musik ritmis secara umum memang memiliki beberapa fungsi seperti di bawah ini:

  • Menentukan tempo lagu untuk mengatur cepat lambatnya sebuah lagu.
  • Sebagai pengiring lagu.
  • Untuk menentukan alat musik yang masuk.
  • Untuk menandai bagian lagu.

Seperti yang kita tahu bahwa alat musik ritmis berbeda dengan alat musik melodis. Kalau alat musik ritmis merupakan alat musik yang menghasilkan irama dan tidak memiliki nada. Sedangkan alat musik melodis adalah alat musik yang mempunyai nada dan fungsinya untuk memainkan melodi lagu. Materi alat musik ritmis ini tentunya sering kita temukan dalam salah satu soal seperti di bawah ini:

Sebutkan 3 contoh alat musik ritmis?

Jawaban.
Contoh alat musik ritmis tersebut yaitu kastanyet, tamborin, dan drum.

Selain contoh di atas, adapula contoh dari alat musik ritmis lainnya yaitu marakas, triangle, simbal, guiro, gendering, gong, rebana, kentongan, dan kenong. Dari penjelasan ini tentunya anda dapat menjawab pertanyaan sebutkan 3 contoh alat musik ritmis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.