Sistem Ekskresi Manusia Bertujuan Untuk Mengeluarkan

Diposting pada

Sistem Ekskresi Manusia Bertujuan Untuk Mengeluarkan – Apa itu sistem ekskresi? Pengertian sistem ekskresi adalah sistem pembuangan zat sisa dalam tubuh makhluk hidup seperti racun, urea, karbon dioksida, dan sebagainya. Sistem ekskresi pada makhluk hidup tersebut terdiri dari beberapa organ seperti kulit, ginjal, hati, ataupun paru paru. Ekskresi secara umum merupakan proses pengeluaran dari zat sisa metabolisme yang terdapat dalam tubuh.

Sebenarnya proses pengeluaran makhluk hidup dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti ekskresi, defeksi, inkresi, maupun sekresi. Namun hal yang akan saya bahas ini berhubungan dengan sistem ekskresi. Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang sistem ekskresi hewan. Sistem ekskresi secara umum berhubungan dengan adanya osmoregulasi, dimana proses ekskresi ini meluarkan air berbentuk keringat dan urine dari dalam tubuh. Lantas sistem ekskresi manusia bertujuan untuk mengeluarkan apa?

sistem ekskresi manusia bertujuan untuk mengeluarkan
Sistem Ekskresi Manusia

Keringat merupakan salah satu zat sisa metabolisme yang dikeluarkan oleh tubuh manusia melalui kulit. Dengan keluarnya keringat ini diharapkan tubuh terhindar dari zat zat racun. Zat zat racun sendiri adalah sisa metabolisme dalam tubuh yang sudah tidak berguna lagi. Zat beracun ini dikeluarkan tubuh melalui proses yang dinamakan dengan sistem ekskresi. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang sistem ekskresi manusia bertujuan untuk mengeluarkan apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sistem Ekskresi Manusia Bertujuan Untuk Mengeluarkan

Seperti yang kita tahu bahwa sistem ekskresi adalah proses pengeluaran zat sisa metabolisme tubuh yang tidak berguna lagi. Sisa sisa metabolisme tersebut berbentuk senyawa yang sifatnya racun atau toksik sehingga dapat mengganggu fungsi organ tubuh apabila tidak dikeluarkkan. Dalam sistem ekskresi terdapat beberapa organ yang berperan seperti hati, kulit, paru paru, maupun ginjal.

Baca Juga  Pengertian, Ciri Ciri dan Klasifikasi Kingdom Plantae (Tumbuhan)

Lalu sistem ekskresi manusia bertujuan untuk mengeluarkan apa? Sistem ekskresi manusia adalah sistem yang tugasnya membuang dan mengolah zat sisa metabolisme atau racun dalam tubuh. Zat zat ini akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan jika tubuh tidak mengeluarkannya.

Tubuh manusia memang memiliki beberapa organ yang ikut berperan serta. Setiap organ ekskresi manusia ini mempunyai cara kerja dan fungsi yang berbeda beda sehingga tubuh dapat membuang racun dan zat sisa. Materi sistem ekskresi manusia ini tentunya pernah kita temukan dalam bentuk soal seperti berikut:

Sistem ekskresi manusia bertujuan untuk mengeluarkan . . .
A. Zat sisa metabolisme yang tidak dapat digunakan tubuh
B. Feses dari hasil pencernaan
C. Zat sisa yang masih bisa digunakan tubuh
D. Hormon dan enzim dalam tubuh

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Zat sisa metabolisme yang tidak dapat digunakan tubuh.

Seperti yang kita tahu bahwa tubuh manusia dapat menyerap racun, baik melalui makanan ataupun hal lain. Jika zat tersebut tetap dibiarkan dalam tubuh, maka akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Maka dari itu tubuh manusia akan melakukan proses ekskresi melalui organ kulit, ginjal, paru paru, maupun hati. Dari penjelasan ini dapat kita simpulkan bahwa sistem ekskresi manusia bertujuan untuk mengeluarkan zat sisa metabolisme yang tidak dapat digunakan tubuh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.