Urutan Struktur Teks Biografi Yang Benar Adalah

Diposting pada

Urutan Struktur Teks Biografi Yang Benar Adalah – Seperti yang kita tahu bahwa teks yang isinya mengenai cerita atau kisah seseorang selama hidup dikenal dengan nama teks biografi karena di dalamnya banyak nilai nilai yang dapat diteladani. Pada dasarnya pengertian teks biografi adalah teks cerita mengenai seseorang yang telah ditulis oleh orang lain sehingga para pembacaya dapat memperoleh nilai teladan dari teks tersebut. Teks biografi sendiri berisi kehidupan tokoh mulai dari keberhasilan yang diperoleh sampai perjuangan yang dilakukan.

Dalam teks biografi memang terdapat nilai nilai teladan yang dapat kita peroleh, tetapi adapula latar belakang tokoh yang juga dijelaskan di dalamnya. Contohnya saja biografi Ki Hajar Dewantara dengan berbagai peristiwa dalam hidupnya. Teks biografi ini biasanya berguna untuk memberikan teladan dan contoh yang baik bagi pembaca. Tujuan teks biografi adalah mengetahui pemikiran, tindakan, dan mengenalkan tokoh kepada para pembaca saat menghadapi berbagai masalah dalam hidupnya. Lantas urutan struktur teks biografi yang benar adalah apa?

urutan struktur teks biografi yang benar adalah

Pengertian teks biografi lengkap telah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya. Selain teks biografi, adapula teks autobiografi yang hampir sama dengan biografi karena berisi cerita tentang kisah hidup seseorang. Teks biografi dan teks autobiografi juga memiliki perbedaan yang letaknya ada di bagian penulisannya. Teks biografi sendiri merupakan teks yang isinya kisah hidup seseorang, dimana orang lainlah yang menulisnya. Sedangkan teks autobiografi merupakan kisah atau cerita hidup seseorang, dimana tokohnya sendiri yang menulisnya. Lalu urutan struktur teks biografi yang benar adalah apa saja?

Urutan Struktur Teks Biografi Yang Benar Adalah

Teks biografi tentunya memiliki beberapa ciri ciri di dalamnya karena digunakan sebagai pembeda dengan jenis teks lainnya. Adapun ciri cirinya yaitu memiliki isi tentang kisah atau perjalanan hidup seseorang/tokoh, memiliki pola yang sifatnya kronologis, dan pengembangan dari paragraf naratif. Bagaimana cara mengetahui keteladanan tokoh dalam teks biografi? Cara menentukan keteladanan dan keistimewaan tokoh teks biografi tersebut dapat anda pelajari dalam artikel sebelumnya.

Baca Juga  Materi Puisi: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Unsur dan Contoh Puisi

Seperti yang kita tahu bahwa urutan struktur teks biografi yang benar adalah orientasi, masalah atau peristiwa penting, dan reorientasi. Dalam teks biografi terdapat bagian isi yang disesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan penulis. Maka dari itu di dalamnya bisa jadi kisah sukses, berbagai jenis pengalaman, ataupun sejarah hidup.

Jenis tulisan ini secara umum berisi tentang tokoh tokoh yang telah mempunyai peran besar dalam kehidupan banyak orang, tokoh sukses, ataupun tokoh terkenal. Informasi yang disampaikan dalam biografi diharapkan dapat menjadi sebuah teladan bagi para pembaca. Mengingat berbagai tokoh ini biasanya mempunyai sisi positif yang dapat menjadi motivasi pembacanya dalam menjalani kehidupan. Materi teks biografi tersebut dapat anda temukan dalam soal soal Bahasa Indonesia seperti di bawah ini:

Urutan struktur teks biografi yang benar adalah . . .
A. Abstrak – pembuka – isi – penutup
B. Pembuka – isi – penutup – koda
C. Abstraksi – orientasi – krisis – reaksi – koda
D. Pembuka – orientasi – penutup
E. Orientasi – masalah dan peristiwa penting – reorientasi

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan E. Orientasi – masalah dan peristiwa penting – reorientasi.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa urutan struktur teks biografi yang benar adalah orientasi, masalah dan peristiwa penting, serta reorientasi. Untuk bagian struktur akhir (reorientasi) dapat disertakan ataupun tidak sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan setiap penulis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.