Berdasarkan UUDS 1950 Salah Satu Tugas Presiden Adalah

Diposting pada

Berdasarkan UUDS 1950 Salah Satu Tugas Presiden Adalah – Apa itu UUDS 1950? Pengertian UUDS 1950 atau Undang Undang Sementara 1950 adalah suatu dasar atau konstitusi negara Indonesia yang digunakan pada masa demokrasi liberal. Berlakunya UUDS 1950 ini pada tanggal 17 Agustus 1950 – 5 Juli 1959. Hasil dari konstitusi tersebut diterbitkan oleh DPR RIS (Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Serikat) melalui peraturan perundang undangan yang berlangsung pada tanggal 14 Agustus 1950 di sidang pertama pada rapat ke 71.

Lantas berdasarkan UUDS 1950 salah satu tugas presiden adalah apa? Penggunaan dan kemunculan UUDS 1950 ini memiliki alasan yaitu ketidaksepahaman antara negara daerah binaan Belanda (negara federal himpunan dari Bijeenkomst voor Federal Overleg) dengan negara Republik Indonesia. Maka dari itu muncul pendapat dari daerah di luar RI yang menyatakan bahwa konstitusi tersebut diperlukan untuk disusun bersama dengan para wakil dari semua daerah Indonesia. Selain itu penyusunan UUDS 1950 juga membutuhkan waktu singkat karena kondisi yang mendesak pasca pergolakan dan kisruh di masa RIS (Republik Indonesia Serikat).

Berdasarkan UUDS 1950 Salah Satu Tugas Presiden Adalah
Penerapan UUDS 1950

Seperti yang kita tahu bahwa setelah UUDS 1950 tidak digunakan lagi, muncul Dekrit Presiden pada tanggal 5 Juli 1959. Namun apakah anda tahu apa latar belakang terbentuknya UUDS 1950 itu? UUDS 1950 dibentuk dengan latar belakang pembubaran RIS. Pembubaran RIS tersebut disebabkan karena rakyat melakukan demo besar besaran untuk menuntut Indonesia kembali menjadi NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Nah pada kesempatan kali ini saya akan menelaskan tentang berdasarkan UUDS 1950 salah satu tugas presiden adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Berdasarkan UUDS 1950 Salah Satu Tugas Presiden Adalah

UUDS 1950 diberikan nama sementara karena sifatnya memang hanya sementara. Penggunaan konstitusi ini menunggu Dewan Konstituante yang terpilih berdasarkan pemilihan umum untuk menyusun kontitusi yang baru. Hal tersebut sudah diatur dalam Undang Undang Nomor 7 Tahun 1950 mengenai Perubahan Konstitusi Sementara Republik Indonesia Serikat menjadi Undang Undang Dasar Sementara Republik Indonesia dalam rapat ke 71 DPR pada sidang pertama babak ketiga.

Baca Juga  Peristiwa Yang Menjadi Faktor Pembentuk Bangsa Indonesia Adalah

Lantas berdasarkan UUDS 1950 salah satu tugas presiden adalah apa? Ketika UUDS 1950 mulai diberlakukan, beberapa partai dari organisasi organisasi tertentu mengalami pergolakan. Bahkan keadaan politiknya menjadi tidak stabil yang membuat beberapa kabinet pemerintahan terkena dampaknya. Salah satunya adalah kabinet Natsir. Kabinet ini dibuat dengan program kerjanya sendiri, bahkan penyebab jatuhnya kabinet tersebut berbeda dengan kabinet kabinet lainnya.

Ketika UUDS 1950 mulai diberlakukan di Indonesia tentunya Presiden memiliki beberapa tugas dan wewenang di dalamnya. Tugas tersebut tentunya berhubungan dengan kesejahteraan rakyat. Jika anda sudah mengetahui beberapa tugas tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Berdasarkan UUDS 1950 salah satu tugas presiden adalah . . .
A. Membuat perjanjian dengan negara lain
B. Memilih anggota DPR dan MPR
C. Melaksanakan tugas tugas seremonial
D. Membentuk pemerintahan baru
E. Mengusulkan Undang Undang

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Melaksanakan tugas tugas seremonial.

Seperti yang kita tahu bahwa UUDS 1950 adalah konstitusi di Indonesia yang berlaku sejak tanggal 17 Agustus 1950 sampai pengeluaran Dekrit Presiden 5 Juli 1959. Berdasarkan UUDS 1950 salah satu tugas presiden adalah melakukan tugas tugas yang seremonial. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.