Bhinneka Tunggal Ika Mengandung Pengertian Bahwa

Diposting pada

Bhinneka Tunggal Ika Mengandung Pengertian Bahwa – Seperti yang kita tahu bahwa setiap negara memiliki semboyan masing masing. Seperti halnya negara Indonesia yang mempunyai semboyan yaitu Bhinneka Tunggal Ika, dimana ditulis dalam pita burung Garuda Pancasila. Semboyan negara Indonesia tersebut secara konstitusional diatur dalam UUD (Undang Undang Dasar) tahun 1945 pasal 36A berbunyi Lambang Negara adalah Garuda Pancasila dengan semboyan yakni Bhinneka Tunggal Ika.

Makna dan arti lambang Garuda Pancasila tersebut telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Lantas bhinneka tunggal ika mengandung pengertian bahwa bagaimana? Menurut jurnal karya I Nyoman Pursika yang berjudul Kajian Analitik Terhadap Semboyan Bhinneka Tunggal Ika, semboyan Bhinneka Tunggal Ika bermakna sejarah mengenai semboyan negara. Pengambilan kata Bhinneka Tunggal Ika tersebut dari kutipan kitab Sutasoma hasil dari karangan Mpu Tantular.

Bhinneka Tunggal Ika Mengandung Pengertian Bahwa
Semboyan Bangsa Indonesia

Menurut bahasa Jawa Kuno, semboyan negara Indonesia berasal dari kata “Bhinneka” dengan makna berbeda beda atau beraneka ragam, kata “Tunggal” bermakna satu, dan kata “Ika” bermakna itu. Arti Bhinneka Tunggal Ika secara harfiah adalah “Beraneka Satu Itu”. Maka dari itu semboyan ini memiliki makna walaupun berbeda beda tetapi bangsa Indonesia yang pada hakikatnya tetap satu kesatuan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bhinneka tunggal ika mengandung pengertian bahwa bagaimana. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Bhinneka Tunggal Ika Mengandung Pengertian Bahwa

Bangsa Indonesia menggunakan semboyan ini untuk menjelaskan gambaran mengenai persatuan dan kesatuan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Indonesia tersebut memang memiliki macam macam bahasa daerah, suku bangsa, budaya, ras, kepercayaan, dan agama. Bhinneka Tunggal Ika memiliki fungsi dasar yaitu landasan persatuan dan kesatuan.

Seperti yang kita tahu bahwa masing masing kelompok mempunyai keunggulan dan kekurangan masing masing. Semboyan negara ini memiliki peran untuk menanamkan dan membentuk masyarakat yang beragam sehingga tidak memicu adanya konflik. Bangsa Indonesia memang terkenal sebagai negara yang kaya dengan tradisi dan budaya di masing masing masyarakat sosialnya. Oleh karena itu negara Indonesia menganut semboyan Bhinneka Tunggal Ika ini. Lalu bhinneka tunggal ika mengandung pengertian bahwa bagaimana?

Baca Juga  Siapakah Peserta Kongres Pemuda

Bangsa Indonesia memang menerapkan semboyan tersebut dengan harapan agar terjadi persatuan dan kesatuan untuk semua rakyat. Persatuan dan kesatuan ini diterapkan dalam kehidupan bernegara dan berbangsa yang dimulai dari lingkup kecil seperti keluarga. Kemudian diperluas lagi dalam lingkup sekolah maupun lingkup sosial. Kemudian adapula makna kebhinnekaan dalam kehidupan sehari hari tersebut dapat anda pelajari lebih lanjut pada artikel sebelumnya. Dari penjelasan di atas, tentunya kita dapat menjawab salah satu soal seperti di bawah ini:

Bhinneka tunggal ika mengandung pengertian bahwa . . .
A. Sekalipun wilayahnya berpencar, namun tetap satu juga
B. Sekalipun berbeda bahasa, namun tetap satu suku juga
C. Sekalipun berbeda beda, namun tetap satu juga
D. Keanekaragaman budaya, namun tetap satu kesatuan

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Sekalipun berbeda beda, namun tetap satu juga.

Negara Indonesia memang tergolong bangsa besar sehingga kebudayaan dan perbedaan yang dimiliki cukup beragam, mulai dari satu perbedaan hingga perbedaan lainnya. Maka dari itu semboyan yang dimiliki adalah bhinneka tunggal ika mengandung pengertian bahwa berbeda beda tetapi tetap satu juga. Dengan semboyan ini diharapkan semua rakyat Indonesia saling bersatu meskipun berbeda ragamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.