Faktor Dari 60 Adalah

Diposting pada

Faktor Dari 60 Adalah – Materi faktor bilangan pada dasarnya termasuk dalam materi Matematika yang harus dikuasai. Materi ini berhubungan dengan cara menentukan FPB, KPK, ataupun faktorisasi prima. Maka dari itu materi faktor bilangan ini sangat penting untuk dipahami. Faktor bilangan tersebut tentunya berkaitan dengan sistem pembagian dan perkalian, dimana rumus yang digunakan cukup sederhana. Meskipun pengerjaannya sederhana, tetapi anda juga harus tetap teliti dalam mengerjakannya agar hasil jawabannya benar.

Apa itu faktor bilangan? Pengertian faktor bilangan adalah bagian atau unsur bilangan yang memuat perkalian di dalamnya. Cara menentukan faktor bilangan tersebut telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Faktor bilangan ini menjadi penentu untuk menentukan Kelipatan Persekutuan Kecil (KPK) maupun Faktor Persekutuan Besar (FPB). Lantas coba tentukan faktor dari 60 adalah berapa?

Seperti yang kita tahu bahwa faktor bilangan dapat diartikan sebagai bilangan yang berisi hasil bagi bilangan asli dengan bilangan lainnya. Contohnya bilangan 10 yang dibagi dengan bilangan 5 ataupun 2, maka 2 dan 5 ini termasuk faktor di dalamnya. Seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian sebelumnya bahwa faktor bilangan tersebut merupakan hasil pembagian dari bilangan asli dengan bilangan yang lain. Nah kali ini saya akan membagikan jawaban mengenai pertanyaan faktor dari 60 adalah berapa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Faktor Dari 60 Adalah

Faktor bilangan dapat ditentukan jika bilangannya termasuk dalam bilangan asli. Jika bentuk bilagannya desimal atau pecahan, maka faktornya tidak dapat dicari. Hal ini tergolong mutlak karena cara menentukan faktor bilangan tersebut memang memiliki ketentuan tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak contoh cara menentukan faktor dari 42 yang terdapat pada artikel sebelumnya.

Baca Juga  Apa Saja Tujuan Yang Mungkin Diungkapkan Dalam Surat Pribadi

Coba tentukan faktor dari 60 adalah berapa? Faktor memang merupakan biilangan yang bisa digunakan untuk membagi bilangan yang lain sampai habis. Contohnya saja faktor dari 20 adalah 1, 2, 4, 5, 10, dan 20. Bilangan 20 tersebut dapat dicari faktornya menggunakan cara perkalian dua bilangan seperti di bawah ini:
1 x 20 = 20
2 x 10 = 20
4 x 5 = 20

Dari hasil perkalian di atas dapat kita ketahui bahwa faktor bilangan 20 adalah 1, 2, 4, 5, 10, dan 20. Dalam faktor bilangan di atas kita dapat menentukan faktor prima dari bilangan 20 yaitu 1, 2, dan 5. Faktor prima ini berisi bilangan bilangan prima di dalamnya. Berdasarkan cara tersebut, kita dapat menentukan faktor bilangan lainnya menggunakan cara seperti di atas. Lantas coba kerjakan soal di bawah ini:

Faktor dari 60 adalah . . .

Jawaban.
Cara menentukan faktor bilangan di atas dapat dilakukan dengan cara berikut:
1 x 60 = 60
2 x 30 = 60
3 x 20 = 60
4 x 15 = 60
5 x 12 = 60
6 x 10 = 60
Jadi faktor dari 60 adalah 1, 2, 3, 4, 5, 6, 10, 12, 15, 20, 30, dan 60.

faktor dari 60 adalah
Hasil Pembagian Bilangan 60

Bagaimana cara menyelesaikan faktor bilangan di atas, mudah bukan? Faktor bilangan memang dapat diartikan sebagai hasil pembagikan dari satu bilangan dengan bilangan lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.