Garam Dapur Termasuk Senyawa Karena

Diposting pada

Garam Dapur Termasuk Senyawa Karena – Apa itu senyawa? Pengertian senyawa kimia adalah zat kimia murni yang berasal dari dua atau beberapa unsur yang bisa dipecah kembali menggunakan reaksi kimia menjadi unsur pembentuknya. Contoh senyawa kimia tersebut yaitu senyawaa hidrogen monoksida yang berasal dari dua atom hidrogen untuk masing masing atom oksigennya.

Pengertian senyawa tersebut telah saya jelaskan lebih lanjut pada artikel sebelumnya. Dalam kehidupan sehari hari tentunya kita menjumpai banyak senyawa. Salah satunya adalah senyawa garam. Lantas garam dapur termasuk senyawa karena apa? Apa itu senyawa garam? Pengertian senyawa garam adalah senyawa yang berasal dari reaksi asam dan basa yang dinetralkan. Seperti yang kita tahu bahwa pembentukan senyawa garam sendiri memang dari unsur berbentuk ion.

Garam Dapur Termasuk Senyawa Karena
Senyawa Garam

Ion kation (bermuatan positif) yang digabungkan dengan ion anion (bermuatan negatif) yang dinetralkan pada dasarnya akan menghasilkan senyawa garam. Maka dari itu senyawa garam tersebut tidak hanya sekedar Natrium Klorida (NaCl) atau garam dapur saja, tetapi juga termasuk senyawa ionik dari kation dan anion. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang alasan garam dapur termasuk senyawa karena apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Garam Dapur Termasuk Senyawa Karena

Bagaimana sifat sifat senyawa itu? Secara umum senyawa garam menurut kelarutannya dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu garam yang mudah larut dan garam yang sukar larut. Pengertian senyawa garam mudah larut adalah senyawa garam yang bereaksi dengan garam jika ion ionnya terdisosiasi. Maka dari itu garam yang padat akan larut ke dalam air dengan mudah.

Senyawa garam yang mudah larut ini terdiri dari unsur asetat, alkali, nitrat, dan ammonium. Maka dari itu senyawa garam yang mudah larut mengandung semua garam dari kalium dan natrium. Kemudian adapula senyawa garam yang sukar larut yang tidak terdisosiasi atau sedikit terdisosiasi dalam air. Asal garam yang sukar larut ini biasanya dari hidroksida, karbonat, fosfat, perak, sulfide logam transisi, dan kromat. Lantas garam dapur termasuk senyawa karena apa?

Baca Juga  Tuliskan Contoh Peran Indonesia Sebagai Produsen di ASEAN

Pada artikel sebelumnya saya telah membagikan beberapa contoh senyawa. Materi senyawa ini tidak hanya menjadi bahan pengajaran saja, tetapi juga menjadi salah satu bentuk soal seperti berikut:

Garam dapur termasuk senyawa karena . . .

Jawaban.
Garam dapur termasuk senyawa karena berasal dari unsur Na dan Cl hasil dari reaksi kimia. Garam tersebut merupakan senyawa yang dibentuk atau diuraikan lagi melalui reaksi kimia. Pembentukan garam atau NaCl memang berasal dari unsur Na dan Cl.

Garam dalam ilmu kimia adalah senyawa ionik yang asalnya dari anion (ion negatif) dan kation (ion positif) sehingga dapat menghasilkan senyawa netral atau tidak bermuatan. Selain itu, garam juga dibentuk dari hasil reaksi basa dan asam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.