Hasil Perlawanan Pattimura

Diposting pada

Hasil Perlawanan Pattimura – Seperti yang kita tahu bahwa perang pattimura adalah terjadinya peristiwa sejarah yang terdapat di Maluku untuk melawan serikat dagang milik Belanda atau VOC. Di wilayah Maluku sendiri terdapat banyak rempah rempah sehingga para pedagang banyak yang datang dari India, Eropa, Cina, hingga Arab. Karena hal inilah VOC datang dan Maluku resmi dikuasai oleh Belanda hingga rakyat menjadi sengsara.

Lalu apa hasil perlawanan pattimura itu? Di Maluku pada dasarnya terdapat perlawanan Kapitan Pattimura atau komando Thomas Matulessy yang memimpin rakyat di daerah tersebut. Bahkan perlawanan ini dapat disebut juga dengan perlawanan Pattimura. Berlangsungnya perang ini terjadi di berbagai tempat. Salah satunya disebut juga dengan Perang Saparua.

hasil perlawanan pattimura
Kapitan Pattimura

Perang Pattimura pada dasarnya berdampak pada perebutan Benteng Duurstede yang dilakukan oleh rakyat Maluku. Perang Pattimura ini bahkan berhasil mengobarkan semangat perjuangan dan menyatukan rakyat Maluku mengenai penindasan dari pemerintah kolonial Belanda. Dari sini kita tahu bahwa pasca berakhirnya Perang Pattimura, Belanda semakin sewenang wenang dan kedudukan Belanda semakin kuat hingga mengakibatkan kesengsaraan rakyat. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan hasil perlawanan pattimura. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Hasil Perlawanan Pattimura

Seperti yang kita tahu bahwa akibat peperangan ini membuat Kapitan Pattimura ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia sebagai Pahlawan Nasional. Kapitan Pattimura tersebut berupaya untuk membawa kemakmuran lagi untuk rakyat Maluku dan bersikap gagah berani dalam menuntut keadilan sampai akhir hayat.

Kapitan Pattimura adalah pahlawan yang berjasa dalam mempertahankan Maluku dari penjajahan Belanda. Di kala itu Pattimura dihukum gantung pada tanggal 16 Desember 1817 di alun alun Kota Ambon. Kemudian perang gerilya dilanjutkan oleh Christina Martha Tiahahu hingga akhirnya tertangkap. Lantas apa hasil perlawanan pattimura?

Baca Juga  Hubungan Antara Hukum Internasional dan Hukum Nasional Terlengkap

Christina Martha Tiahahu tidak dihukum mati dan hanya dibuang ke Jawa bersama 39 orang lainnya sebagai pekerja rodi. Menurut kisahnya, Christina Martha Tiahahu tidak mau makan di dalam kapal dan bahkan tidak mau buka mulut. Akhirnya ia jatuh sakit dan meninggal pada tanggal 2 Januari 1818. Kemudian jenazahnya dibuang ke laut yang terdapat diantara Pulau Tiga dengan Pulau Buru. Hal ini menyebabkan perlawanan Pattimura menjadi berakhir.

Inilah sedikit penjelasan mengenai perlawanan Pattimura. Coba kerjakan soal di bawah ini:

Hasil perlawanan pattimura adalah . . .

Jawaban.
Hasil perlawanan pattimura adalah Pattimura yang dihukum gantung di alun – alun kota Ambon serta pembuangan Christina Martha Tiahahu ke Jawa untuk dijadikan pekerja rodi.

Seperti yang kita tahu bahwa perang Pattimura adalah perlawanan rakyat Maluku dalam mengusir penjajah. Terjadinya perang Pattimura ini berlangsung di tahun 1817. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.