Kelompok Kata Kerja Imperatif Adalah

Diposting pada

Kelompok Kata Kerja Imperatif Adalah – Contoh penggunaan kata kerja imperatif tentunya sering kita temukan dalam kehidupan sehari hari, baik kita sadari ataupun tidak. Apa itu kata kerja imperatif? Pengertian kata kerja imperatif menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah kata kerja yang memiliki sifat untuk memberikan komando atau memerintah. Maka dari itu tidak heran jika kata kerja ini sering dinyatakan sebagai kata kerja yang memerintah.

Contoh penggunaan kata kerja tersebut telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya yaitu mengenai kalimat imperatif. Kata kerja imperatif menurut bahasa dikenal sebagai kata kerja yang berguna untuk memberikan instruksi atau perintah kepada lawan bicara. Kegunaan kara kerja ini biasanya terdapat dalam kondisi tertentu seperti melarang sesuatu, menyerukan ajakan, ataupun meminta pertolongan. Lantas kelompok kata kerja imperatif adalah apa saja?

kelompok kata kerja imperatif adalah
Penggunaan Kata Kerja Imperatif

Seperti yang kita tahu bahwa kata kerja imperatif adalah bentuk kata yang artinya komando/perintah. Bentuk perintah dalam kata kerja tersebut berisi keharusan atau larangan mengenai sebuah perbuatan serta dapat diartikan sebagai perintah untuk melaksanakan sesuatu. Kata kerja imperatif ini tentunya memiliki beberapa ciri ciri di dalamnya. Ciri ciri kata kerja imperatif tersebut dapat digunakan untuk membedakannya dengan jenis kata kerja lainnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang kelompok kata kerja imperatif adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Kelompok Kata Kerja Imperatif Adalah

Apa saja fungsi kata kerja imperatif? Kata kerja imperatif menurut kegunaanya sehari hari tentunya mempunyai beberapa fungsi didalamnya seperti sebagai kata perintah dalam kalimat, sebagai bentuk ungkapan izin/pembiaran mengenai suatu perbuatan/hal/aktivitas tertentu, serta sebagai kata kerja yang sifatnya menyeru atau mengajak.

Baca Juga  10 Contoh Report Text Bahasa Inggris Terbaru dan Artinya

Kita dapat mengenali adanya kata kerja imperatif atau kalimat perintah berdasarkan tata bahasa dan penggunaan bentuknya. Selain itu ada beberapa ciri ciri yang dapat digunakan sebagai pembeda jenis kata kerja lainnya. Salah satu ciri kata kerja imperatif adalah pembentukannya dilakukan oleh kata kerja yang memiliki akhir -i, -kan, serta partikel -lah. Lantas kelompok kata kerja imperatif adalah apa saja?

Materi kata kerja imperatif ini memang dapat kita temukan dalam buku pendamping Bahasa Indonesia maupun di internet. Selain sebagai bahan pengajaran, materi ini juga menjadi bahan soal soal ujian. Salah satu bentuk soalnya yaitu:

Kelompok kata kerja imperatif adalah . . .
A. Tambahkan, panaskan, masukkan
B. Saringan, mencapai, berlangsung
C. Saringan, pemanasan, berhenti
D. Berlangsung, mencapai, menghilangkan

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Tambahkan, panaskan, masukkan.

Seperti yang kita tahu bahwa kata kerja imperatif dikenal sebagai kata kerja perintah. Biasanya akhiran kata kerja imperatif ini menggunakan partikel -i, -lah, dan -kan. Sekian penjelasan mengenai kelompok kata kerja imperatif adalah apa saja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.