Larutan yang Mempunyai pH Lebih Besar Dari 7 Adalah

Diposting pada

Larutan yang Mempunyai pH Lebih Besar Dari 7 Adalah – Ketika di bangku sekolah tentunya kita mengenal materi tentang pH larutan. pH larutan yang dimaksud berhubungan dengan larutan asam maupun larutan basa. Pengertian pH secara harfiah adalah salah satu pangkat ion yang berasal dari hidrogen sehingga namanya merupakan singkatan dari Power of Hydrogen. Pertama kali Sorensen (1868-1939) mengusulkan kata ini agar tidak menggunakan angka yang sangat kecil.

pH tersebut secara istilah dapat diartikan sebagai kebasaan atau derajat keasaman sebuah larutan sehinga dapat digunakan untuk menyatakan logaritma negatif ion H menggunakan bilangan pokok 10. Jika jumlah pH nya tujuh, basa lebih besar dibandingkan tujuh, dan asamnya lebih kecil dibandingkan tujuh maka dapat dinyatakan sebagai larutan netral. pH yang terdapat dalam perairan yang tidak tercemar biasanya dapat dikontrol dengan ion CO2. Lalu larutan yang mempunyai ph lebih besar dari 7 adalah apa?

larutan yang mempunyai ph lebih besar dari 7 adalah
Grafik Nilai pH

Dalam perairan yang tidak tercemar terdapat CO2 yang mengontrol pH. Namun berkurangnya konsentrasi CO2 dapat terjadi jika terdapat buangan industri, pelapukan mineral, hujan asam, maupun drainase pertambangan. Kita dapat mengukur pH ideal di lokasi pengambilan sampel ataupun langsung dilaksanakan di lapangan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang larutan yang mempunyai ph lebih besar dari 7 adalah apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Larutan yang Mempunyai pH Lebih Besar Dari 7 Adalah

Sebuah larutan dapat dicari nilai pH nya menggunakan indikator asam basa ataupun pH meter. pH meter adalah alat untuk mengukur serangkaian elektronik yang mengandung elektrode kaca. Jika kita memasukkan elektrode ke larutan, maka beda potensialnya akan muncul karena dalam larutan tersebut mengandung ion H+. Besaran beda potensial tersebut menunjukkan angka pH larutannya.

Pejelasan mengenai asam dan basa tersebut dapat anda pelajari lebih lanjut pada artikel sebelumnya. Untuk menentukn asam basa ini, kita dapat menggunakan indikator tertentu. Indikator asam basa adalah sebuah zat dengan warna tertentu menggunakan takaran pH tertentu pula. Contohnya bromtimol biru (BTB). Jika warna BTB kuning, maka letaknya ada di lingkungan asam. Kemudian jika warnanya menjadi biru maka terdapat dalam lingkungan basa, sedangkan untuk warna hijau menandakan dalam lingkungan netral. Lantas larutan yang mempunyai ph lebih besar dari 7 adalah apa?

Baca Juga  Proses Pengumpulan Data Dalam Sejarah Disebut

Seperti yang kita tahu bahwa sebuah larutan asam atau basa dapat diketahui derajat keasamannya menggunakan nilai pH maupun pOH larutan tersebut. Derajat keasaman larutan ini disesuaikan dengan jumlah konsentrasi ion H+ dari larutan itu. Jika konsentrasi ion H+ semakin besar, maka semakin kecil pH nya sehingga asam larutannya semakin besar. Nilai pH sendiri setara dengan negatif logaritma konsnetrasi ion H+, sedangkan pOH setara dengan negatif logaritma konsnetrasi ion OH-. Jika pH nya besar, maka sifat larutannya akan menjadi basa.

Materi pH larutan ini tentunya sudah kita pelajari ketika di bangku sekolah. Materi ini tidak hanya menjadi bahan pengajaran saja, tetapi juga menjadi bahan soal soal ujian seperti di bawah ini:

Larutan yang mempunyai pH lebih besar dari 7 adalah . . .
A. Amoniak
B. Asam klorida
C. Gula
D. Asam nitrat
E. Alkohol

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Amoniak.

Seperti yang kita tahu bahwa larutan yang mempunyai ph lebih besar dari 7 adalah larutan basa. Amoniak adalah salah satu contoh larutan basa, dimana rumus kimia Amoniak sendiri NH₃ yang menandakan basa lemah. Maka dari itu pH amoniak lebih besar dari 7. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.