Pengertian Lensa Cembung, Rumus dan Sifat Bayangan Lengkap

Diposting pada

Pengertian Lensa Cembung, Rumus dan Sifat Bayangan Lengkap – Lensa menjadi salah satu benda atau alat yang sangat berguna untuk kita. Lensa cembung banyak dipakai untuk pembuatan teropong, kacamata, kamera dan sebagainya. Materi yang sedikit banyak membahas pengertian, rumus lensa cembung, serta sifat sifatnya dapat kita jumpai di pelajaran fisika.

Secara umum lensa memang terbagi menjadi dua macam yakni lensa cembung dan lensa cekung. Masing-masing tentu memiliki ciri ciri yang berbeda baik dari segi bentuk, sifat, serta fungsinya. Terkadang inilah aspek yang tidak disadari oleh sebagian siswa. Sehingga saat diminta menyebutkan sifat bayangan lensa cembung mereka cenderung kesulitan.

Pengertian Lensa Cembung, Rumus dan Sifat Bayangan Lengkap
Jenis Jenis Lensa Cembung

Lensa cembung dapat diartikan sebagai salah satu jenis lensa yang dimanfaatkan oleh manusia dalam kehidupannya. Lensa cembung tersebut berguna untuk memperbesar efek bayangan pada suatu benda. Apakah anda tahu bagaimana sifat bayangan dari lensa cembung itu? Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian lensa cembung, rumus lensa cembung dan sifat bayangan lensa cembung. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Lensa Cembung, Rumus dan Sifat Bayangan Lengkap

Hampir setiap hari kita berinteraksi dengan apa itu lensa. Misalnya saja saat menyalakan senter, melihat pemandangan dari teropong, hingga memakai kacamata. Tanpa sadar ada lensa cembung ataupun cekung yang tersemat pada peralatan tersebut.

Materi yang mengajarkan rumus serta sifat bayangan lensa cembung sebenarnya bisa kita jumpai dengan mudah. Ketika duduk di bangku sekolah dasar guru bahkan sudah mulai memperkenalkannya. Seiring berjalannya waktu topik bahasan pun bertambah intens sampai merambat pada rumus lensa cembung itu sendiri.

Di lain sisi, kalian juga bisa mempelajari pengertian maupun rumus lensa cembung dari LKS. Mengapa materi tersebut penting? sebab jenis jenis lensa sering muncul sebagai butir soal ujian. Maka dari itu, dalam artikel kali ini saya juga akan coba membahasnya secara lengkap.

Pengertian lensa Cembung

Apa itu lensa cembung? sebagian orang mungkin masih sering mempertanyakannya. Meski jenis lensa ini sering kita temukan dalam aktivitas keseharian. Tapi ternyata masih ada yang belum mengetahui apa definisi lensa cembung.

Pengertian lensa cembung adalah jenis lensa yang mempunyai ketebalan dibagian tengahnya daripada dengan bagian tepinya. Biasanya lensa cembung berasal dari plastik atau kaca dan berbentuk lingkaran sehingga indeks bias yang dimiliki lensa ini lebih besar daripada indeks bias di udara. Lensa cembung dapat dibagi menjadi beberapa macam.

Baca juga : Rumus Menghitung Besaran Gelombang dan Contoh Soalnya

Adapun jenis jenis lensa cembung yaitu cembung datar, meniskus cembung, dan cembung ganda. Meski terbagi menjadi 3 kategori, namun sifat bayangan lensa cembung pada dasarnya hampir sama. Bahkan penggunaan rumus lensa cembungnya juga sama.

Sinar Istimewa Lensa Cembung

Sebelum menjelaskan tentang rumus lensa cembung dan sifat bayangan lensa cembung. Maka saya akan membagikan beberapa sinar istimewa lensa cembung terlebih dahulu. Di bawah ini terdapat beberapa bentuk sinar istimewa yang terjadi pada lensa cembung yaitu sebagai berikut:

Jenis Jenis Lensa Cembung
Sinar Istimewa Lensa Cembung

Berdasarkan gambar di atas, kita dapat menyimpulkan beberapa hal terkait sinar istimewa pada lensa cembung yaitu sebagai berikut:

  1. Pada gambar a terlihat jelas bahwa datangnya sinar menuju sumbu utama tersebut sejajar, kemudian melalui titik fokus (F1) akan dibiaskan ke belakang lensanya.
  2. Pada gambar b terlihat bahwa datangnya sinar berada di depan lensa titik fokus (F2) menuju sumbu utama yang dibiaskan sejajar.
  3. Pada gambar c terlihat bahwa datangnya sinar melalui pusat optik lensa (O), kemudian diteruskan tanpa adanya pembiasan.

Rumus Lensa Cembung

Bagaimana cara menyelesaikan soal lensa cembung? sebagian siswa faktanya masih mengalami kesulitan. Menurut saya sendiri rumus lensa cembung tidaklah terlalu kompleks. Tapi kembali lagi rumus tersebut menuntut ketelitian serta kehati hatian agar jawaban akhir kalian benar.

Setelah membahas tentang pengertian lensa cembung, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang rumus pada lensa cembung. Berikut rumus hitungnya yaitu:

Pengertian Lensa Cembung, Rumus dan Sifat Bayangan Lengkap
Rumus Lensa Cembung

Keterangan:
f = Fokus lensa cembung
nu = Indeks bias udara atau air
R1= R2 = Kelengkungan lensa cembung

Selain rumus lensa cembung di atas, adapula rumus untuk menghitung jarak bayangan lensa cembung. Berikut rumus jarak bayangan lensa cembungnya:

Pengertian Lensa Cembung, Rumus dan Sifat Bayangan Lengkap
Rumus Menghitung Jarak Bayangan Lensa Cembung

Baca juga : Rumus Hitung Frekuensi dan Periode Getaran Benda Beserta Contohnya

Keterangan:
f = Fokus lensa cembung
s = jarak benda
s’ = jarak bayangan benda

Secara garis besar tentunya kita telah mengetahui pengertian lensa cembung dan rumus lensa cembung tersebut. Namun adapula pembentukan sifat bayangan lensa cembung yang sifatnya nyata, terbalik, dan diperbesar. Dalam lensa ini tidak hanya terdapat pembentukan bayangan saja, tetapi adapula perbesaran lensa cembung (M) yang dapat dihitung menggunakan rumus tertentu. Berikut rumus perbesaran lensa cembung yaitu meliputi:

Pengertian Lensa Cembung, Rumus dan Sifat Bayangan Lengkap
Rumus Perbesaran Lensa Cembung

Sifat Bayangan Lensa Cembung

Selain pengertian lensa cembung dan rumus lensa cembung di atas. Adapula sifat bayangan yang dibentuk oleh lensa cembung. Berikut sifat bayangan lensa cembungnya yaitu diantaranya:

Benda Berada di Antara O dan F

Pengertian Lensa Cembung, Rumus dan Sifat Bayangan Lengkap
Gambar Pembentukan Bayangan Lensa Cembung

Keterangan:
A’ dan B’ = Bayangan maya di depan lensa (bayangan di ruang nomor 4)
F1 = Fokus di belakang lensa
F2 = Fokus di depan lensa

Berdasarkan gambar di atas dapat diperoleh sifat bayangan lensa cembung yaitu maya, tegak, dan diperbesar.

Benda Berada di Antara F2 dengan 2F2

Pengertian Lensa Cembung, Rumus dan Sifat Bayangan Lengkap
Gambar Pembentukan Bayangan Lensa Cembung

Berdasarkan gambar di atas dapat diperoleh sifat bayangan lensa cembung yaitu nyata, terbalik, dan diperbesar.

Baca juga : Menghitung Energi Kinetik Pada Benda Jatuh Bebas

Benda Berada di Antara F2 hingga ~

Pengertian Lensa Cembung, Rumus dan Sifat Bayangan Lengkap
Gambar Pembentukan Bayangan Lensa Cembung

Berdasarkan gambar di atas dapat diperoleh sifat bayangan lensa cembung yaitu nyata, terbalik, dan diperkecil.

Sekian penjelasan mengenai pengertian lensa cembung, rumus lensa cembung dan sifat bayangan lensa cembung. Lensa cembung merupakan lensa yang mempunyai ketebalan dibagian tengahnya dibandingkan dengan bagian tepinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.