Puisi Yang Mengungkapkan Perasaan Duka Disebut

Diposting pada

Puisi Yang Mengungkapkan Perasaan Duka Disebut – Seseorang tentunya pernah mengalami kesedihan karena kehilangan seseorang dalam kehidupan. Biasanya para penyair yang tidak mampu memendam semua bentuk perasaan yang menyelimuti pikiran dan hatinya akan diekspresikan dalam bentuk kreativitas tinggi. Maka dari itu banyak penyair yang menciptakan karya tertentu. Misalnya saja puisi.

Suatu karya tentunya mempunyai bentuk ekspresi di dalamnya, baik berhubungan dengan perasaan berkabung, kesedihan, dan rasa emosional tentang cinta yang tinggi seperti dalam karya bertemakan elegi. Elegi ini tidak sama dengan puisi balada atau epic yang terbentuk pada abad pertengahan, dimana di dalamnya terdapat orang ketiga yang digunakan untuk menekankan pada tokoh mitologi maupun cerita rakyat. Dari sini kita tahu bahwa puisi yang mengungkapkan perasaan duka disebut apa.

Puisi Yang Mengungkapkan Perasaan Duka Disebut
Puisi Elegi

Hadirnya elegi dapat berwujud puisi yang menggunakan orang pertama dan sangat emosional, dimana lebih berfokus pada pengalaman pribadi. Penulisan elegi tersebut menggunakan bahasa puisi yang eksplisit sebagai bagian perjuangan dari penyair dalam menjalani kehidupan. Lantas apa yang dimaksud elegi itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang puisi yang mengungkapkan perasaan duka disebut apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Puisi Yang Mengungkapkan Perasaan Duka Disebut

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang pengertian puisi lengkap dengan jenis jenisnya. Salah satu jenis puisi tersebut adalah elegi. Apa itu elegi? Pengertian elegi adalah sebuah karya sastra yang berbentuk puisi dimana isinya tentang ungkapan pikiran suram seseorang serta tidak diharuskan untuk menyerupai bentuk tertentu, baik dalam hal struktur, ukuran, ataupun rima.

Seperti yang kita tahu bahwa penulisan elegi biasanya mempunyai suasana yang melankolis dan digunakan untuk memuji orang yang telah meninggal. Menurut bahasa Yunani, kata elegi berasal dari kata “elegia” yang berarti bersedih hati atau meratapi. Sedangkan berdasarkan sastra Romawi dan Yunani terdapat penulisan puisi elegi dalam bentuk elegiac meter yang bermakna garis pentameter dan heksameter yang tidak beraturan. Dari sini tentunya kita tahu bahwa puisi yang mengungkapkan perasaan duka disebut apa.

Baca Juga  Pengertian Hipotesis, Fungsi, Jenis dan Contohnya Terlengkap

Pokok bahasan yang terisi dalam elegi pada umumnya berhubungan dengan kerugian dan pengobatan yang beraturan hingga kemudian diartikulasikan menjadi syair elegi yang memiliki tema cinta. Elegi ini biasanya dihubungkan dengan dirge. Arti dirge sendiri adalah lagu yang memaparkan peristiwa kematian atau peristiwa sedih seseorang yang dibawakan dalam bentuk tidak formal. Contoh dirge ini dapat ditemukan dalam karya Williiam Collins berjudul Full Fathom Five Thy Father Lies dan A Song from Shakespeare’s Cymbeline.

Dari penjelasan ini dapat kita ketahui bahwa puisi yang mengungkapkan perasaan duka disebut apa. Pada umumnya dalam suatu elegi terdapat beberapa tahap kesedihan seperti:

  1. Penghiburan atas adanya kehilangan.
  2. Kesedihan.
  3. Pujian untuk orang yang telah meninggal.

Apabila membahas tentang materi elegi ini tentunya kita akan menemukan salah satu soal dalam bentuk seperti di bawah ini:

Puisi yang mengungkapkan perasaan duka disebut . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah elegi.

Dari penjelasan di atas dapat kita ketahui bahwa puisi yang mengungkapkan perasaan duka disebut elegi. Elegi tersebut merupakan sebuah karya sastra yang berbentuk puisi dimana isinya tentang ungkapan pikiran suram seseorang serta tidak diharuskan untuk menyerupai bentuk tertentu, baik dalam hal struktur, ukuran, ataupun rima. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.