Unsur Utama Yang Ada Dalam Poster Adalah

Diposting pada

Unsur Utama Yang Ada Dalam Poster Adalah – Siapa yang tidak kenal dengan adanya poster. Apa itu poster? Pengertian poster adalah sebuah iklan atau pengumuman yang berbentuk tulisan atau gambar tentang ajakan dan himbauan melalukan sesuatu. Penempelan poster tersebut pada umumnya berada di tempat yang strategis atau di dinding yang dilalui oleh banyak orang serta mudah juga untuk di baca.

Pengertian poster tersebut telah saya jelaskan lengkap pada artikel sebelumnya. Poster memang termasuk media yang digunakan untuk memberitahukan ide, gagasan, atau hal penting lainnya kepada masyarakat luas. Poster ini bahkan tergolong dalam karya seni yang dihasilkan dari desain grafis, dimana di dalamnya terdapat gambar, teks, atau keduanya yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi atau pesan kepada khalayak umum. Lantas unsur utama yang ada dalam poster adalah apa saja?

Unsur Utama Yang Ada Dalam Poster Adalah
Contoh Poster

Penempelan poster yang diletakkan di dinding biasanya memiliki permukaan datar. Dalam poster tersebut terdapat gambar dan warna yang mencolok serta mengandung kalimat berbentuk slogan. Namun poster pada zaman sekarang tidak hanya berbentuk cetak saja, melainkan berbentuk digital pula. Apa fungsi poster itu? Poster berfungsi untuk menarik minat para pembaca mengenai informasi tertentu. Maka dari itu pembuatan poster memang harus semenarik mungkin. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang unsur utama yang ada dalam poster adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Unsur Utama Yang Ada Dalam Poster Adalah

Poster tentunya berbeda dengan reklame. Pengertian reklame tersebut telah saya jelaskan lengkap pada artikel sebelumnya. Seperti yang kita tahu bahwa poster merupakan karya seni tulisan dan gambar yang memiliki isi berbentuk ajakan atau informasi tertentu. Pembuatan poster tersebut bertujuan untuk memberikan informasi seperti laporan hasil penelitian, kegiatan, sampai layanan tertentu. Poster ini bahkan didesain semenarik mungkin agar mudah untuk dilihat meskipun waktunya singkat.

Lalu unsur utama yang ada dalam poster adalah apa saja? Di bawah ini terdapat beberapa unsur poster yaitu sebagai berikut:

Baca Juga  Teks Tanggapan Kritis, Pengertian Contoh Dan Struktur Teks Tanggapan Kritis
  1. Gambar adalah bentuk tertentu yang disesuaikan dengan tujuan dan maksud pembuatan poster. Contohnya poster tentang aman berkendara menggunakan motor sehingga biasanya mengandung gambar motor ataupun helm.
  2. Klausa, kalimat, atau kata yang digunakan untuk menyampaikan pesan secara terang terangan dan langsung atau eksplisit. Kalimat atau kata ini dapat berbentuk penjelasan atau ajakan singkat.
  3. Warna yang digunakan untuk menambah kekuatan pesan dan memperindah poster. Warna yang digunakan dalam poster biasanya disesuaikan dengan tema dan lebih mencolok di bagian pesan utamanya. Contohnya poster bahaya narkoba yang menggunakan warna tulisan merah menyala .
  4. Ukuran yang didasarkan pada lokasi pemasangan posternya. Di jalan raya pasti kita menemukan adanya poster berukuran 2 x 1 meter dan untuk poster di dinding sekolah berukuran A3 saja.

Unsur utama yang ada dalam poster adalah apa saja? Dalam membuat poster tentunya kita harus memperhatikan unsur unsur di dalamnya. Unsur utama yang ada dalam poster adalah kata dan gambar karena keduanya digunakan untuk menyampaikan kedua pesan ini secara langsung. Setiap unsur poster tentunya saling berkaitan karena hal ini karena merupakan hasil dari pembuatan di dalamnya. Hasil poster tersebut harus mudah dingat.

Jika membahas tentang materi poster ini tentunya kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti berikut:

Unsur utama yang ada dalam poster adalah . . .
A. Gambar dan kata
B. Kata dan warna
C. Gambar dan warna
D. Garis dan warna

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Gambar dan kata.

Seperti yang kita tahu bahwa unsur utama yang ada dalam poster adalah gambar dan kata. Kemudian adapula unsur lainnya yang berupa garis dan warna sehingga dapat disertakan dalam poster ataupun tidak. Namun gambar dan kata harus ada agar pesan yang terdapat di dalamnya bisa disampaikan kepada khalayak umum.