Catatan Riwayat Hidup yang Ditulis Oleh Diri Tokoh Sendiri Disebut

Diposting pada

Catatan Riwayat Hidup yang Ditulis Oleh Diri Tokoh Sendiri Disebut – Apa itu teks autobiografi? Pengertian teks autobiografi adalah catatan riwayat hidup yang penulisannya dilakukan oleh tokoh itu sendiri. Teks ini memiliki sifat yang subjektif sehingga mengandung pandangan hidup dari tokoh itu sendiri. Teks autobiografi disusun dengan tujuan untuk memaparkan riwayat hidup penulis kepada khalayak umum. Biasanya autobiografi tersebut dapat dimanfaatkan dalam pekerjaan ataupun bidang pendidikan.

Lantas catatan riwayat hidup yang ditulis oleh diri tokoh sendiri disebut apa? Jenis teks ini tentunya berbeda dengan teks biografi. Penjelasan mengenai teks biografi tersebut dapat anda pelajari selengkapnya pada artikel sebelumnya. Meskipun biografi dan autobiografi sama sama termasuk catatan riwayat hidup, namun teks biografi berbeda dengan teks autobiografi. Yang membedakan disini hanyalah penulisnya saja. Teks biografi ditulis oleh orang lain sedangkan autobiografi ditulis oleh orang yang bersangkutan. Pengambilan teks autobiografi tersebut dapat berasal dari tulisan pribadi ketika masih hidup, tetapi masih belum terpublikasi.

Catatan Riwayat Hidup yang Ditulis Oleh Diri Tokoh Sendiri Disebut
Pembuatan Autobiografi

Autobiografi tersebut memang berasal dari buku harian, jurnal, surat, kenang kenangan, ataupun memoar. Bentuk karya autobiografi tersebut memiliki bentuk yang formal. Contohnya pembentukan ingatan kembali tentang kehidupan. Autobiografi tentunya memiliki beberapa struktur di dalamnya seperti menentukan judul, latar belakang pendidikan tokoh, latar belakang keluarga, latar belakang pekerjaan tokoh, dan hasil karya atau prestasi. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang catatan riwayat hidup yang ditulis oleh diri tokoh sendiri disebut apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Catatan Riwayat Hidup yang Ditulis Oleh Diri Tokoh Sendiri Disebut

Seperti yang kita tahu bahwa tidak semua orang mempunyai masa lalu yang tergolong indah. Adapula pengalaman seseorang yang buruk atau tidak menyenangkan sehingga dapat menghantuinya. Untuk mengatasi hal tersebut, orang ini dapat melaksanakan suatu refleksi. Salah satu contoh bentuk refleksi tersebut ialah autobiografi.

Baca Juga  60 Contoh Kalimat Tunggal Beserta Penjelasannya

Lalu catatan riwayat hidup yang ditulis oleh diri tokoh sendiri disebut apa? Pada umumnya teks autobiografi termasuk jenis teks yang berisi cerita hidup seseorang yang penulisnya dilakukan oleh tokohnya sendiri. Tetapi teks ini juga dapat ditulis oleh orang lain dengan catatan diketahui dan dituturkan oleh tokohnya sendiri.

Autobiografi memang dapat disusun secara kronologis, mulai dari anak anak, masa kuda, dewasa, hingga akhir hayatnya. Dalam autobiografi tersebut terdapat penggunaan kata ganti orang pertama karena digunakan untuk menunjukkan diri sendiri. Materi autobiografi tersebut pada umumnya tidak hanya menjadi bahan pengajaran saja, tetapi juga menjadi bahan soal soal ujian seperti berikut:

Catatan riwayat hidup yang ditulis oleh diri tokoh sendiri disebut . . .
A. Keografi
B. Biografi
C. Autobiografi
D. Bibliografi

Jawaban dari pertanyaan diatas adalah pilihan C. Autobiografi.

Seperti yang kita tahu bahwa catatan riwayat hidup yang ditulis oleh diri tokoh sendiri disebut autobiografi. Dari pilihan di atas adapula istilah biografi adalah catatan hidup seseorang yang dibuat oleh orang lain. Kemudian untuk bibliografi adalah sebuah artikel atau buku majalah mengenai subjek tertentu yang berfungi untuk mendaftar seluruh buku yang ditulis menggunakan bahasa tertentu dan diterbitkan di negara tertentu.