Contoh Passive Voice Semua Tenses dan Rumusnya

Diposting pada

Contoh Passive Voice Semua Tenses dan Rumusnya – Kalimat passive voice mungkin terdengar asing tapi sebenarnya sering kita pakai dalam percakapan. Biasanya, passive voice dipakai untuk menyatakan aksi dengan fokus subjek berperan sebagai si penerima. Sedangkan peran objek berpindah menjadi si pelaku yang notabenya berpindah berada di depan kalimat.

Contoh Passive voice bahasa inggris
Apa itu passive voice

Mayoritas orang sering salah saat diminta menyebutkan contoh kalimat passive voice karena berbagai alasan. Salah satunya yakni rumus yang dianggap terlalu membingungkan karena harus mengubah bentuk verb. Padahal, rumus passive voice menurut saya tidaklah terlalu kompleks. Kuncinya adalah menghafal konsep lalu menyesuaikannya dengan tenses kalimat yang dipakai.

Apakah kalian salah satunya? bila iya maka tak perlu risau. Karena materi yang sedikit banyak membahas passive voice tertulis di berbagai media belajar. Selain penjelasan guru dan buku pedoman, kamu bisa mengakses internet untuk mematangkan pemahaman. Agar mempersingkat waktu belajar saya pun merangkum rumus kalimat passive voice dan contohnya khusus untuk kalian.

Contoh Passive Voice Semua Tenses dan Rumusnya

Bahasa inggris termasuk salah satu mata pelajaran yang kompleks dan dianggap momok oleh kebanyakan siswa. Banyak yang mengeluh kesulitan ketika diminta berbicara, menulis, ataupun mengalisa kalimat bahas inggris. Padahal sebagai siswa kita dituntut harus menghafal beragam materi seperti modals, 12 tenses, teks, dan lain sebagainya.

Ketika duduk di bangku SMA biasanya kita akan menjumpai apa yang dinamakan passive voice. Istilah itu merujuk pada merubahan pola kalimat yang lebih berfokus pada objeknya. Karena berpotensi menyebabkan kebingungan maka guru pun sering membahasnya ketika pelajaran berlangsung. Selain bermodal teori, siswa juga dapat memperkaya pengetahuan dengan membaca materinya dari buku pedoman.

Pada dasarnya, kalian tak perlu repot mencari contoh passive voice di internet. Mengapa demikian? sebab kita bisa membuatnya sendiri dengan bermodalkan kalimat biasa. Untuk membantu memahami materi lebih lanjut maka saya sudah persiapkan segudang penjelasan terkait pengertian passive voice, rumus passive voice, serta contoh kalimatnya.

Apa Itu Passive Voice

Passive voice adalah istilah yang merujuk pada kalimat yang memberi penekanan pada objek. Pengertian ini bertolak belakang dengan active voice yang notabenya lebih menekankan subjek kalimat. Passive voice biasanya dipakai saat subjeknya kurang jelas atau benda mati.

Karena berfokus pada objek dan subjek kalimat. Maka kalian perlu memperhatikan penggunaan V3 serta pronoun yang dipakai. Jika kalian masih penasaran seperti apa contoh kalimat passive voice? tidak perlu buru-buru. Sebelum melihat contoh passive voice ada baiknya kalian simak rumusnya terlebih dulu.

Rumus Passive Voice

Sebenarnya cara mengetahui penggunaan kalimat passive voice sangatlah mudah. Logikanya, kalian hanya perlu memposisikan objek menjadi subjek dan sebaliknya. Agar terdengar lebih grammatical maka ditambahkan pula kata by yang menyatakan pronomina.

Pada penjelasan sebelumnya sudah saya terangkan bahwa rumus passive voice menyesuaikan tenses yang dipakai. Setidaknya, kalian harus menghafalkan 9 rumus. Untuk lebih jelasnya simaklah tabel di bawah:

TensesRumus Passive Voice
Simple Present TenseS + is/am/are + V3/Past Participle
Simple Past TenseS + was/were + V3/Past Particle
Simple Future TenseS + will be + V3/Past Particle
Simple Past Future TenseS + would be/should be + V3/Past Particle
Present Continuous TenseS + is/am/are being + V3/Past Particle
Past Continuous TenseS + was/were being + V3/Past Particle
Future Continuous TenseS + is/am/are going to be + V3/Past Particle
Present Perfect TenseS + has/have been + V3/Past Particle
Past Perfect TenseS + had been + V3/Past Particle
Future Perfect TenseS + will/shall + have + been + V3/Past Participle
Rumus Passive Voice

Secara garis besar semua jenis tenses bisa dipakai untuk membuat kalimat passive voice. Tapi masing-masing mempunyai rumus berbeda pada format penyusunannya. Hal itu bisa kalian lihat pada tabel di atas yang sedikit banyak memaparkan rumus passive voice bahasa inggris.

Contoh Kalimat Passive Voice

Dalam sesi ini saya sudah persiapkan contoh passive voice sederhana. Untuk menambah pengetahuan sekaligus mematangkan konsep saya juga akan memberikan tips khusus. Selain contohnya, kalian juga akan mempelajari cara mengubah kalimat biasa menjadi passive voice.

Karena rumus passive voice mengikuti tenses yang dipakai pada kalimat maka penjelasan di bawah agak panjang. Materi, rumus, sekaligus contoh kalimatnya sudah saya pisahkan sesuai jenis tenses. Tanpa menunggu lama simaklah contoh passive voice di bawah sampai selesai.

Simple Present Tense

Simple present tense biasanya dipakai untuk menyatakan waktu sekarang. Nah, apa jadinya bila kalimat aktif tersebut berubah menjadi pasif? kalian bisa melakukanya selama hafal rumusnya. Contoh passive voice pada kalimat simple present sebenarnya sangat mudah dijumpai.

Baca Juga  Contoh CV Bahasa Inggris Singkat Lengkap

Tapi mayoritas siswa kesulitan karena kurang paham cara mengubahnya. Rumus passive voice simple present tense adalah:

S + V1 + O O+ is/am/are + V3 + by + Obj-pronoun
She speak englishEnglish is spoken by her

Simple Past Tense

Simple past tense merujuk pada pola kalimat yang menyatakan masa lampau atau sudah terjadi. Cara mengubah kalimat aktif past tense menjadi pasif juga lumayan mudah. Untuk lebih jelasnya simaklah contoh kalimat passive voice simple past tense pada tabel berikut:

S + V2 + OO + was/were + V3 + by + Obj-pronoun
I ate pineapplePineapple was eaten by me

Simple Future Tense

Untuk melengkapi timeline maka kalian juga harus mempelajari contoh passive voice simple future tense. Pola kalimat ini dipakai untuk menyatakan masa yang akan datang. Kalau masih belum paham simaklah contoh kalimat pada tabel di bawah:

S + will/shall + V1 + OO + will/shall + be + V3 + by + Obj-pronoun
we will speak englishEnglish will be spoken by us

Present Continuous Tense

Present continuous adalah jenis tenses untuk menyatakan aksi yang terjadi di masa lalu namun masih berlangsung sampai sekarang atau pada kurun waktu tertentu. Untuk mengetahui contoh passive voice present continuous adalah:

S + is/am/are + V1 + ing + OO + is/am/are + being + V3 + by + Obj-pronoun
She is driving the carThe car being driven by her

Past Contiunuous Tense

Past continuous merujuk pada kalimat yang menyatakan tindakan yang terjadi di masa lampau namun masih berlangsung sampai masa kini. Misalnya 2 jam lalu saya mulai mengerjakan tugas dan masih berlanjut sampai sekarang karena belum selesai. Cara mengidentifikasi passive voice past continuous tense adalah dari penggunaan to be serta penambahan being.

Secara garis besar kalian hanya akan menjumpai contoh kalimat passive voice satu ini hanya pada jenjang sekolah menengah atas saja. Untuk menambah referensi sekaligus wawasan simaklah pola kalimat aktif menjadi pasif di bawah:

S + was/were + V1 + ing + OO + was/were + being + V3 + By + Obj-pronoun
He was cleaning the roomThe room was being spoken by him

Future Continuous Tense

Jenis tenses bahasa inggris yang satu ini menurut saya agak unik. Mengapa demikian? karena sifatnya yang menyatakan aksi yang belum selesai dan terjadi di masa depan pada kurun waktu tertentu. Beberapa siswa sering salah pada saat menyebutkan contoh passive voice future continuous karena berbagai alasan.

Kunci utama untuk menguasai kalimat passive voice tersebut adalah dari penggunaan modals bahasa inggris yakni will/shall. Keduanya memang punya arti yang sama yakni “akan” tapi shall bersifat lebih formal. Maka dari itu, shall hanya dipakai untuk subjek I dan we saja. Kalau kebetulan kalian sedang mendapat tugas untuk mengubah kalimak aktif menjadi passive voice bertenses future continuous simaklah tabel berikut:

S + will/shall + be + V1+ ing+ O O + will/shall + being + V3 + by + Obj-pronoun
Rina will be speaking englishEnglish will be being spoken by Rina

Present Perfect Tense

Contoh passive voice present perfect tense menunjukan hubungan antara masa lalu dan masa kini. Secara garis besar, tenses satu ini hampir sama seperti past continuous karena mengadopsi hubungan antar timeline. Kendati demikian, kalimat passive voice present perfect lebih menyatakan hal yang sudah selesai dilakukan dan dampaknya masih terasa sampai sekarang.

Perbedaan itu terletak pada istilah perfect yang artinya sempurna atau selesai dan continuous yang notabenya masih berlanjut. Kita bisa mengidentifikasinya lewat penggunaan has/have pada kalimat aktifnya. Ketika mengubahnya menjadi passive voice maka akan ada penambahan been sebelum verb. Simaklah contoh kalimat passive voice pada tabel di bawah:

S + have/has + V3 + OO + have/has + been + V3 + by + Obj-pronoun
I have finished the homeworkThe homework have been finished by me

Past Perfect Tense

Past perfect biasa dipakai untuk menyatakan tindakan yang terjadi dan selesai di masa lampau. Ciri ciri utama dari penggunana tenses ini pada model kalimat aktif terletak pada penggunaan had sebelum verb. Apabila kita hendak mengubahnya jadi kalimat passive voice maka setelah had muncul tambahan been. Pada tabel di bawah saya sudah siapkan contoh passive voice past perfect tense:

S + had + V3 + OO + had + been + V3 + by + Obj-pronoun
i had eaten lasagnaLasagna had been eaten by me

Future Perfect Tense

Jujur saja, jenis tenses bahasa inggris satu ini menurut saya yang paling kompleks. Native speaker menggunakan future perfect untuk memprediksi hal atau aksi yang akan terselesaikan di masa depan. Karakteristik utama kalimat future perfect terletak pada penggunaan will/shall diikuti have.

Contoh passive voice future perfect sendiri memang sangat jarang dijumpai dalam konteks kehidupan sehari-hari. Tapi ada kalanya guru memberi tugas pada siswa untuk membuat kalimat passive voice tersebut sebagai pendalaman materi. Jika kita ingin mengubah kalimat aktif menjadi passive voice maka simaklah contoh berikut:

S+ will/shall + have + V3 + OO + will/shall + have + been + V3 + Obj-pronoun
Sheva will have done the exam The exam will have been done by sheva

Pada dasarnya, passive voice termasuk materi yang sangat mudah untuk dipahami bahkan untuk pemula sekalipun. Kuncinya hanya menempatkan subjek menjadi objek dan sebaliknya lalu ditambah kata by sebagai pronomina.

Kesulitan terbesar justru datang dari rumus passive voice yang harus menyesuaikan tenses yang dipakai. Saran saya, kalau kalian ingin menguasai materi di atas banyaklah berlatih serta menghafal konsepnya. Kalau ada yang kurang jelas dari penjelasan saya maka jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar.