Pengertian Bilangan Asli, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Bilangan Asli, Jenis, dan Contohnya – Dalam pelajaran Matematika dasar pasti kita tahu bahwa terdapat pembahasan mengenai materi bilangan. Materi ini memang dijadikan sebagai dasar pembelajaran Matematika sebelum memahami hal hal lainnya dalam ilmu tersebut, seperti materi pembelajaran aritmatika, geometri dan materi Matematika lainnya. Bilangan Matematika pada umumnya terdiri dari beberapa macam. Salah satunya ialah bilangan asli. Apa yang dimaksud bilangan asli itu? Apa saja contoh bilangan asli? Contoh himpunan asli dapat kita temukan dengan ciri khasnya tersendiri. Biasanya untuk membedakannya dengan bilangan Matematika lainnya, maka dapat menggunakan ciri ciri bilangan asli yang terdapat di dalamnya.

Pengertian Bilangan Asli Beserta Contohnya Terlengkap

Dalam materi bilangan asli terdapat pembahasan mengenai pengertian bilangan asli, contoh bilangan asli dan contoh himpunan bilangan asli. Bilangan asli pada dasarnya dapat didefinisikan sebagai sebuah bilangan yang nilainya tidak nol dan bernilai positif. Untuk itu bentuk bilangan asli semuanya bukan bilangan nol dan memiliki tanda positif. Bilangan ini memiliki anggota yang berupa 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya. Dimulainya bilangan asli dapat bermula dari angka 1 sampai angka lainnya yang bernilai paling besar. Materi bilangan asli merupakan materi dasar yang mudah dipahami sehingga anda pasti tidak akan kesulitan dalam memahami bilangan ini.

Pengertian Bilangan Asli, Jenis, dan Contohnya

Setiap jenis bilangan Matematika pasti memiliki sejarah penemuannya sendiri. Seperti halnya bilangan asli tersebut yang juga memiliki sejarah penemuan yang berbeda dengan bilangan lainnya. Awal penemuan bilangan asli pada dasarnya dilakukan saat sebuah benda akan dihitung oleh seseorang. Perhitungan benda tersebut pasti bermula dari angka 1 sehingga tidak mungkin dimulai dari angka 0. Hal ini dikarenakan wujud benda tidak mungkin memiliki nilai 0. Dari sinilah pembentukan bilangan asli bermula. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian bilangan asli beserta contoh bilangan asli. Setiap contoh himpunan bilangan asli akan saya jabarkan satu per satu.

Dalam Abstraksi biasanya terdapat sistem bilangan yang digunakan sebagai sebuah langkah besar kemajuan yang pertama dalam melambangkan angka. Saat bilangan ditemukan kemudian dilakukan pencatatan secara besar besaran, terutama penemuan bilangan asli. Pada zaman dahulu sistem berbasis posisi berhasil dikembangkan oleh orang Babilonia. Sistem ini menggunakan angka 1 dan 10 dalam proses pendiskripsian suatu posisi. Menakjubkan, ya?

Baca juga : Pengertian Bilangan Cacah, Operasi, dan Contoh Soal

Setelah mengalami berbagai perkembangan, kemudian bilangan asli memiliki konsep angka seperti sekarang ini. Konsep himpunan bilangan asli tersebut tidak mengandung angka nol didalamnya. Selain itu anggota di dalam bilangan asli juga memuat tanda positif. Kedua hal ini dapat dijadikan sebagai ciri ciri bilangan asli untuk membedakannya dengan jenis bilangan Matematika lainnya. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai pengertian bilangan asli dan contoh bilangan asli. Berikut penjelasan selengkapnya:

Pengertian Bilangan Asli

Bilangan asli dapat diartikan sebagai bilangan Matematika yang bukan nol dan termasuk bilangan bulat positif. Bilangan asli tersebut merupakan bilangan positif yang diawali dengan angka 1 dan seterusnya. Untuk itu didalamnya tidak mengandung angka nol (0). Untuk membedakannya dengan jenis bilangan Matematika biasanya hanya cukup melihat bentuk sususnan angka didalamnya saja.

Contoh Bilangan Asli

Setelah menjelaskan tentang pengertian bilangan asli, selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh himpunan bilangan asli. Agar anda lebih memahami tentang materi bilangan asli tersebut, maka perhatikan beberapa contoh yang saya bagikan di bawah ini:

Bilangan Asli Secara Umum
Bilangan asli pada dasarnya dilambangkan dengan huruf “A”. Secara umum bilangan asli memiliki contoh seperti A = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, . . .}. Awal dimulainya bilangan asli ini bermula dari angka satu sampai nilainya tak terhingga.

Bilangan Asli Kurang dari 10
Contoh bilangan asli selanjutnya memiliki nilai yang kurang dari 10. Adapun bilangan asli kurang dari 10 yaitu A = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}. Contoh himpunan bilangan asli ini memiliki nilai yang kurang dari 10 sehingga nilainya berawal dari angka 1 hingga angka 9. Dari contoh ini terlihat bahwa anggota bilangannya tidak memuat bilangan negatif dan bilangan nol sesuai dengan pengertian bilangan asli di atas.

Baca juga : Pengertian Bilangan Real Beserta Contohnya

Bilangan Asli Kurang dari 20
Selanjutnya adapula bilangan asli yang nilainya kurang dari 20. Adapun bilangan asli kurang dari 20 yaitu A = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9,10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19}. Bilangan asli ini memiliki nilai yang kurang dari 20 sehingga nilainya berawal dari angka 1 hingga angka 19.

Bilangan Asli Kurang dari 8
Contoh himpunan bilangan asli selanjutnya memiliki nilai yang kurang dari 8. Adapun bilangan asli kurang dari 8 yaitu A = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}. Contoh dari bilangan asli ini memiliki nilai yang kurang dari 8 sehingga nilainya berawal dari angka 1 hingga angka 7.

Bilangan Asli Kurang dari 5
Contoh bilangan asli selanjutnya memiliki nilai yang kurang dari 5. Adapun bilangan asli kurang dari 5 yaitu A = {1, 2, 3, 4}. Contoh dari bilangan asli ini memiliki nilai yang kurang dari 5 sehingga nilainya berawal dari angka 1 hingga angka 4. Dari contoh ini terlihat bahwa anggota bilangannya tidak memuat bilangan negatif dan bilangan nol sesuai dengan pengertian bilangan asli di atas.

Bilangan Asli Antara 5 dan 10
Selanjutnya adapula bilangan asli yang nilainya antara 5 sampai 10. Adapun bilangan asli antara 5 dan 10 yaitu A = {6, 7, 8, 9}. Bilangan asli ini memiliki nilai antara angka 5 sampai dengan 10 sehingga nilainya berawal dari angka 6 hingga angka 9.

Bilangan Asli Antara 2 dan 3
Contoh himpunan bilangan asli selanjutnya memiliki nilai antara 2 dan 3. Adapun bilangan asli antara 2 dengan 3 yaitu A = { }. Contoh dari bilangan asli ini memiliki nilai yang tidak ada sehingga dapat diartikan bahwa himpunan kosong karena tidak memiliki anggota sama sekali.

Himpunan Asli Antara 1 dan 10 yang Bernilai Genap
Contoh bilangan asli selanjutnya memiliki nilai antara 1 dan 10 dengan nilai yang genap. Adapun bilangan asli antara 1 sampai 10 yang bernilai genap yaitu A = {2, 4, 6, 8}. Contoh dari bilangan asli ini memiliki nilai genap yang letaknya antara 1 sampai 10 sehingga nilainya hanya berupa angka angka genap saja. Dari contoh ini terlihat bahwa anggota bilangannya tidak memuat bilangan negatif dan bilangan nol sesuai dengan pengertian bilangan asli di atas.

Bilangan Asli Antara 1 dan 20 yang Habis Dibagi 2
Contoh bilangan asli selanjutnya memiliki nilai antara 1 dan 20 dengan nilai yang habis dibagi 2. Adapun bilangan asli antara 1 sampai 20 yang bernilai habis dibagi 2 yaitu A = {2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16, 18}. Contoh dari bilangan asli ini memiliki nilai habis di bagi 2 yang letaknya antara 1 sampai 20 saja.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian bilangan asli beserta contoh bilangan asli. Bilangan asli merupakan sebuah bilangan yang nilainya tidak nol dan bernilai positif. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi bilangan asli di atas.

Baca Juga  Rumus, Sifat dan Contoh Soal Deret Geometri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.