Perbandingan Tegangan Terhadap Regangan Disebut

Diposting pada

Perbandingan Tegangan Terhadap Regangan Disebut – Di sekeliling kita tentunya banyak sekali objek benda yang dapat ditemukan dengan mudah. Akan tetapi jenis dan sifat elastisitas setiap objek benda tersebut berbeda beda. Hal seperti ini dalam ilmu Fisika disebut juga dengan modulus elastisitas atau modulus young. Apa yang dimaksud modulus elastisitas itu?

Modulus elastisitas ini tentunya berhubungan dengan materi elastisitas Fisika yang telah saya bahas dalam artikel sebelumnya. Pengertian elastisitas adalah kemampuan sebuah benda untuk kembali ke kondisi awal dengan segera setelah diberikan gaya luar pada benda hilang. Maka dari itu kita dapat mengetahui pengertian modulus elastisitas adalah angka yang berguna untuk mengukur ketahanan bahan atau objek yang mengalami deformasi elastis saat benda tersebut menerapkan gaya tertentu. Lalu perbandingan tegangan terhadap regangan disebut apa?

perbandingan tegangan terhadap regangan disebut
Elastisitas Benda

Pada dasarnya modulus elastisitas dapat dibagi menjadi beberapa jenis menurut jenis regangannya seperti modulus bulk, modulus young, dan modulus geser. Pengertian modulus young adalah besaran yang berguna untuk mengukur ketahanan material yang mengalami perubahan bentuk ketika material tersebut menerapkan gaya tertentu. Ukuran kekakuan material ini dapat dinyatakan dengan modulus young tersebut sehingga modulus young material yang semakin besar akan menyebabkan benda tersebut semakin tidak elastis. Maka dari itu benda akan kesulitan untuk berubah. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang perbandingan tegangan terhadap regangan disebut apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Perbandingan Tegangan Terhadap Regangan Disebut

Seperti yang kita tahu bahwa modulus elastisitas merupakan angka yang berguna untuk menentukan ketahanan objek atau bahan sesuai dengan konsep ilmu pengetahuan yang tersedia. Bahkan modulus elastisitas ini dapat diartikan sebagai perbandingan antara tekanan yang diberikan dengan perubahan bentuk pada setiap satuan panjang karena adanya pemberian tekanan.

Baca Juga  Berikut Merupakan Unsur Intrinsik Novel Kecuali

Dari sini tentunya anda sudah paham mengenai perbandingan tegangan terhadap regangan disebut apa. Kita dapat merumuskan modulus elastisitas dengan tegangan seperti renggangan, dimana tegangan merupakan gaya yang membuat deformasi dibagi dengan daerah yang menerapkan gaya. Sedangkan regangan merupakan rasio berubahnya beberapa parameter panjang.

Setelah memahami apa itu modulus elastisitas, coba kerjakan soal di bawah ini:

Perbandingan tegangan terhadap regangan disebut . . .
A. Regangan
B. Tegangan
C. Modulus plastisitas
D. Elastisitas
E. Modulus elastisitas

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan E. Modulus elastisitas

Seperti yang kita tahu bahwa perbandingan tegangan terhadap regangan disebut modulus elastisitas. Jenis modulus ini merupakan perbandingan antara tekanan yang diberikan dengan perubahan bentuk pada setiap satuan panjang karena adanya pemberian tekanan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih berkunjung di blog ini.