Peristiwa Rengasdengklok Memberikan Manfaat Yaitu

Diposting pada

Peristiwa Rengasdengklok Memberikan Manfaat Yaitu – Seperti yang kita tahu bahwa peristiwa Rengasdengklok dilatar belakangi oleh adanya perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda mengenai pelaksanaan proklamasi. Peristiwa rengasdengklok tersebut berhubungan dengan kekalahan Jepang setelah dibom atom oleh Sekutu pada masa Perang Dunia II. Di kala itu golongan muda bergabung dengan Angkatan Muda Indonesia yang dibawahi oleh Chaerul Saleh.

Setelah berita kekalahan Jepang diketahui oleh bangsa Indonesia, kemudian anggota anggota golongan mengadakan pertemuan untuk membahas pelaksanaan proklamasi kemerdekaan. Golongan muda mengutarakan pendapat bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa, termasuk juga untuk bangsa Indonesia. Hingga muncullah peristiwa rengasdengklok ini. Latar belakang peristiwa rengasdengklok tersebut dapat anda pelajari selengkapnya pada artikel sebelumnya. Lalu peristiwa rengasdengklok memberikan manfaat yaitu apa saja?

peristiwa rengasdengklok memberikan manfaat yaitu
Peristiwa Rengasdengklok

Saat berita kekalahan Jepang mulai tersebar, saat itu pula Soekarno dan Moh. Hatta kembali dari Dalat untuk memenuhi undangan dari Marsekal Muda Terauchi, meskipun keduanya belum mengetahui kabar tersebut. Setelah itu Soekarno dan Moh. Hatta didesak oleh para pemuda untuk melaksanakan proklamasi kemerdekaan Indonesia tanpa melalui organisasi bentukan Jepang. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang peristiwa rengasdengklok memberikan manfaat yaitu apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Peristiwa Rengasdengklok Memberikan Manfaat Yaitu

Seperti yang kita tahu bahwa golongan muda cenderung mendesak Soekarno dan Muh. Hatta untuk memproklamasikan kemerdekaan dari bangsa Indonesia dengan secepatnya. Namun dikala itu Soekarno dan Muh. Hatta memimpin golongan tua dan lebih memilih untuk memperhatikan perkembangan selanjutnya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan proklamasi kemerdekaan harus dilakukan dengan melalui rapat PPKI dan teroganisasi pada tanggal 18 Agustus 1945 sesuai dengan kesepakatan dalam pertemuan Saigon.

Akhirnya Soekarno dan Hatta diamankan oleh golongan muda ke Rengasdengklok Jawa Barat. Hal ini bertujuan agar mereka jauh dari pengaruh Jepang. Lantas peristiwa rengasdengklok memberikan manfaat yaitu apa saja? Kedua tokoh tadi dipaksa oleh golongan muda untuk memproklamasikan kemerdekan dengan segera tanpa harus menunggu campur tangan dari Jepang. Tetapi Soekarno dan Hatta tetap kekeh dengan pendiriannya setelah apa yang diupayakan oleh golongan muda.

Baca Juga  Kegiatan Perkebunan yang Dilakukan di Daerah Dataran Rendah Adalah Perkebunan

Di kala itu keberadaan Soekarno yang tidak ada di Jakarta tersebut diketahui oleh Achmad Soebardjo. Achmad Soebardjo mengetahui bahwa golongan mudalah yang menculik Soekarno dan berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut. Akhirnya golongan muda dan golongan tua melakukan negosiasi untuk memperoleh kesepakatan terjadinya pelaksanaan proklamasi kemerdekaan di Jakarta. Hasil kesepakatan dalam peristiwa rengasdengklok tesebut telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.

Soekarno dan Muh. Hatta kembali dipulangkan ke Jakarta lagi dengan catatan bahwa Achmad Soebarjo akan mengumandangkan proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan segera tanpa campur tangan Jepang. Kesepakatan yang terjadi ini menghasilkan sejarah peristiwa Rengasdengklok hingga terlaksananya peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia yang berlangsung pada tanggal 17 Agustus 1945. Setelah memahami apa itu peristiwa rengasdengklok tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Peristiwa rengasdengklok memberikan manfaat yaitu . . .
A. Soekarno – Hatta menjadi aman
B. Disepakatinya pelaksanaan proklamasi kemerdekaan
C. Proklamasi kemerdekaan dengan izin jepang
D. Dibuatnya naskah proklamasi kemerdekaan

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Disepakatinya pelaksanaan proklamasi kemerdekaan.

Seperti yang kita tahu bahwa peristiwa rengasdengklok merupakan peristiwa yang telah melekat dalam sejarah bangsa Indonesia. Peristiwa ini memiliki makna mendalam dalam penyelenggaraan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Maka dari itu tidak heran jika peristiwa rengasdengklok memberikan manfaat yaitu disepakatinya pelaksanaan proklamasi kemerdekaan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.