Rumus Volume Kubus, Luas Permukaan, dan Contoh Soalnya

Diposting pada

Rumus Volume Kubus, Luas Permukaan, dan Contoh Soalnya – Dalam Matematika tentunya kita mengenal adanya bangun datar. Selain bangun datar adapula bangun ruang yang memiliki unsur panjang, lebar, dan tinggi di dalamnya. Maka dari itu bangun ruang dinamakan dengan bangun tiga dimensi. Bangun tiga dimensi tersebut secara umum dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah bangun kubus. Dalam kehidupan sehari hari tentunya kita sering menjumpai bentuk kubus dalam benda seperti lemari, kotak, kursi dan lain lain.

Kubus tersebut pada umumnya memiliki rumus di dalamnya. Apakah anda tahu bagaimana rumus kubus itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal kubus? Materi kubus ini pernah diajarkan ketika dibangku sekolah. Dalam materi tersebut terdapat beberapa hal yang dibahas seperti rumus volume kubus, rumus luas permukaan kubus, contoh soal volume kubus dan contoh soal luas permukaan kubus.

Lantas apa itu kubus? Pengertian kubus adalah bangun ruang yang berasal dari beberapa bangun persegi. Kubus ini memiliki enam sisi yang bentuknya bujur sangkar. Maka dari itu kubus dapat dinamakan dengan bidang enam beraturan. Berdasarkan titik sudutnya, nama kubus ini diberikan karena bidang alasnya berurutan dengan bidang atasnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus volume kubus, rumus luas permukaan kubus, contoh soal volume kubus dan contoh soal luas permukaan kubus. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Volume Kubus, Luas Permukaan, dan Contoh Soalnya

Kubus menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah ruang yang dibatasi oleh enam bidang berbentuk segi empat. Kubus ini disusun oleh enam bidang datar yang berbentuk persegi dan saling kongruen. Istilah kongruen dalam Matematika geometri dapat diartikan sebagai sebuah kondisi dua bangun datar atau lebih yang memiliki ukuran dan bentuk yang sama. Lantas apakah anda tahu rumus kubus itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal kubus?

Sebelum mempelajari tentang rumus volume kubus, rumus luas permukaan kubus, contoh soal volume kubus, dan contoh soal luas permukaan kubus. Anda harus memahami sifat sifat kubus terlebih dahulu. Bangun ruang kubus memiliki beberapa sifat seperti di bawah ini:

  • Memiliki 6 sisi berbentuk persegi dengan besar yang sama.
  • Memiliki 12 rusuk yang panjangnya sama.
  • Memiliki 8 titik sudut.
  • Memiliki 12 diagonal bidang.
  • Memiliki 4 diagonal ruang
rumus volume kubus, luas permukaan, dan contoh soalnya

Setelah menjelaskan tentang pengertian kubus dan sifat sifat kubus di atas. Selanjutnya saya akan membagikan rumus kubus dan contoh soal kubus, baik rumus volume kubus, rumus luas permukaan volume, contoh soal volume kubus, dan contoh soal luas permukaan kubus. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Contoh Soal Bangun Datar Jenjang SD Beserta Pembahasannya

Rumus Volume Kubus

Kubus pada umumnya memiliki volume atau isi di dalamnya. Dalam volume tersebut terdapat unsur panjang, lebar, dan tinggi. Namun kubus memiliki rusuk dan panjang sisi yang sama. Maka dari itu untuk menghitung volumenya, kita dapat menggunakan rumus kubus di bawah ini:

Baca Juga  Cara Menentukan Persamaan Kuadrat Dengan Pemfaktoran Lengkap

Volume = s x s x s atau V = s³

Contoh Soal Volume Kubus

Setelah mengetahui rumus volume kubus di atas, selanjutnya saya akan membagikan contoh soal kubus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya yaitu:

1. Diketahui panjang rusuk kubus adalah 4 cm. Tentukan volume kubus tersebut?

Jawaban.
s = 4 cm
Volume kubus = s x s x s = 4 x 4 x 4 = 64 cm³.
Jadi volume kubus tersebut adalah 64 cm³.

2. Tentukan volume kubus yang panjang rusuknya 12 cm?

Jawaban.
s = 12 cm
Volume kubus = s x s x s = 12 x 12 x 12 = 1.728 cm³.
Jadi volume kubus tersebut adalah 1.728 cm³.

Baca juga : Contoh Soal Translasi (Pergeseran) Beserta Pembahasannya

Rumus Luas Permukaan Kubus

Setelah memahami rumus volume kubus dan contoh soal volume kubus di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang rumus kubus untuk menghitung luas permukaannya. Luas permukaan kubus merupakan jumlah permukaan yang mempunyai satuan pada jarak kuadrat. Luas permukaan kubus dapat dihitung menggunakan rumus di bawah ini:

Luas permukaan = 6 x Luas Persegi atau Lp = 6 x s²

Contoh Soal Luas Permukaan Kubus

Setelah mengetahui rumus luas permukaan kubus di atas, selanjutnya saya akan membagikan contoh soal kubus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya yaitu:

1. Diketahui sisi kubus memiliki panjang 12 cm. Tentukan luas permukaan kubus tersebut?

Jawaban.
s = 12 cm
Luas permukaan = 6 x s x s = 6 x 12 x 12 = 864 cm²
Jadi luas permukaan kubus tersebut 864 cm².

2. Tentukan luas permukaan kubus yang panjang sisinya 20 cm?

Jawaban.
s = 20 cm
Luas permukaan = 6 x s x s = 6 x 20 x 20 = 2.400 cm²
Jadi luas permukaan kubus tersebut 2.400 cm².

Kumpulan Rumus Kubus

Setelah menjelaskan tentang rumus volume kubus, rumus luas permukaan kubus, contoh soal volume kubus, dan contoh soal luas permukaan kubus di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa rumus kubus lainnya. Berikut rumus rumusnya yaitu:

  • Volume kubus = s³
  • Luas permukaan kubus = 6 x s²
  • Sisi kubus = 3√V, jika diketahui volumenya
  • Sisi kubus = √L/6, jika diketahui luas permukaannya
  • Diagonal sisi kubus = s√2
  • Diagonal ruang kubus = s√3
  • Luas bidang diagonal kubus = s x s√2

Sekian penjelasan mengenai rumus volume kubus, rumus luas permukaan kubus, contoh soal volume kubus dan contoh soal luas permukaan kubus. Rumus kubus tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan soal soal yang tersedia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi rumus dan contoh soal kubus di atas.