Tuliskan Contoh Peran Indonesia Sebagai Produsen di ASEAN

Diposting pada

Tuliskan Contoh Peran Indonesia Sebagai Produsen di ASEAN – Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia menjadi pendiri organisasi perserikatan negara negara di Asia Tenggara dan tergabung dalam ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations. Negara Indonesia menjadi negara pendiri ASEAN dengan peranannya dalam bidang ekonomi. Salah satu peran ekonomi bangsa Indonesia dalam ASEAN tersebut adalah sebagai produsen ASEAN.

Lantas coba tuliskan contoh peran indonesia sebagai produsen di ASEAN? Nama nama pendiri ASEAN tersebut telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Menurut catatan Kementrian Perdagangan tahun 2021 lalu, bangsa Indonesia berperan penting dalam ekspor global di kawasan ASEAN sebesar 23,2%. Berdirinya ASEAN ini tentunya memiliki tujuan dan maksud tertentu.

Tuliskan Contoh Peran Indonesia Sebagai Produsen di ASEAN
Peran Indonesia di ASEAN

Tujuan berdirinya ASEAN adalah untuk meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional yang dilakukan dengan saling menghormati hukum dan keadilan di masing masing negara Asia Tenggara serta mematuhi prinsip piagam PBB sehingga tidak menyebabkan penyalahgunaan wewenang. ASEAN tersebut memang dibentuk dengan tujuan bersama sehingga timbul kerjasama yang menguntungkan masing masing negara anggota. Seperti halnya bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang politik dan ekonomi. Nah kali ini saya akan memberikan jawaban mengenai tuliskan contoh peran indonesia sebagai produsen di ASEAN tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tuliskan Contoh Peran Indonesia Sebagai Produsen di ASEAN

Apa itu ASEAN? Pengertian ASEAN adalah suatu kerjasama regional yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 oleh beberapa negara di kawasan Asia Tenggara. Negara Indonesia menjadi salah satu negara anggota yang bekerja sama dengan organisasi ASEAN dan bahkan menjadi pendiri dari organisasi tersebut. Indonesia melakukan kerjasama dengan ASEAN dalam bidang ekonomi.

Kerja sama ekonomi yang dilakukan tersebut bertujuan untuk meningkatkan aktivitas perdagangan Internasional antar negara anggota ASEAN di kawasan Asia Tenggara. Negara Indonesia dalam perdagangan Internasional di ASEAN tesebut berperan sebagai produsen, konsumen, dan distributor. Lalu coba tuliskan contoh peran indonesia sebagai produsen di ASEAN? Di bawah ini terdapat beberapa peran Indonesia di ASEAN dalam kegiatan ekonomi yaitu sebagai berikut:

  1. Produsen yaitu sebagai penyedia barang yang nantinya diimpor ke negara negara anggota ASEAN.
  2. Konsumen yaitu untuk memperoleh jasa atau barang yang tidak ada di Indonesia dengan melaksanakan kegiatan impor dari negara anggota ASEAN.
  3. Distributor yaitu untuk menyalurkan barang dari Indonesia menuju masing masing negara anggota ASEAN.
Baca Juga  Peristiwa yang Tidak Layak Dijadikan Berita Adalah

Dari sini tentunya anda mengetahui gambaran jika diminta untuk tuliskan contoh peran indonesia sebagai produsen di ASEAN tersebut. Negara Indonesia juga memiliki beberapa komoditas ekspor menuju negara negara ASEAN seperti di bawah ini:

  1. Kelapa sawit. Indonesia adalah negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia. Maka dari itu komoditas ekspor utama yang terdapat di Indonesia adalah kelapa sawit. Kelapa sawit diekspor ke negara negara ASEAN dan negara lainnya.
  2. Karet. Indonesia adalah negara penghasil karet terbesar kedua di dunia. Sedangkan Thailand adalah negara penghasil karet terbesar pertama di dunia. Karet ini menjadi salah satu bahan kebutuhan industri di ASEAN yang akan diekspor dari Indonesia ke negara negara ASEAN.
  3. Kopi. Indonesia adalah negara penghasil kopi terbesar nomor tiga di dunia. Kopi tersebut diekspor ke semua negara di dunia.

Setelah memahami peran Indonesia pada organisasi ASEAN dalam bidang ekonomi di atas, coba kerjakan soal di bawah ini:

Tuliskan contoh peran indonesia sebagai produsen di ASEAN?

Jawaban.
Di ASEAN, bangsa Indonesia memiliki peran sebagai produsen seperti berikut:

  • Negara penghasil kelapa sawit paling besar.
  • Melakukan kerjasama dengan ASEAN Industri Cooperation dalam industri pupuk yang ada di Aceh.
  • Sebagai negara penghasil lumbung padi yang ada di ASEAN.

Seperti yang kita tahu bahwa peran Indonesia sebagai produsen dalam ASEAN adalah untuk menyediakan barang yang diperlukan masing masing negara anggota ASEAN. Dengan kata lain, Indonesia berperan sebagai produsen untuk eksportir menuju negara anggota ASEAN. Dari sini kita dapat menjawab soal terkait pertanyaan tuliskan contoh peran indonesia sebagai produsen di ASEAN tersebut.

Negara Indonesia memiliki beberapa komoditas ekspor untuk negara anggota ASEAN seperti minyak bumi, suku cadang mesin, emas, kopi, kelapa sawit, gas metana, karet, kakao, dan produk tekstil. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.