Berikut Ini Dua Negara yang Termasuk Anggota KTN Adalah

Diposting pada

Berikut Ini Dua Negara yang Termasuk Anggota KTN Adalah – Belanda dan Indonesia pada masa Agresi Militer Belanda I terus mengalami perseteruan. Hal ini dikarenakan Belanda belum menyerah untuk menguasai tanah air lagi. Permasalahan antara Belanda dengan Indonesia ini terus berlanjut hingga pihak pemerintah Indonesia sampai mengundang Herbert Vere Evatt sebagai Menteri Luar Negeri Australia demi membantu menyelesaikan masalah.

Australia dikala itu menjadi satu negara yang telah merdeka dan bahkan kuat di bidang militer. Evatt memiliki rencana untuk membawa masalah tersebut ke Dewan Keamanan PBB sebagai bentuk bantuan Australia kepada bangsa Indonesia. Evatt memiliki tindakan yang memperoleh dukungan dari Joseph Benedict Chifley selaku Perdana Menteri Australia. Lantas berikut ini dua negara yang termasuk anggota KTN adalah siapa saja?

berikut ini dua negara yang termasuk anggota KTN adalah
Komisi Tiga Negara

Pada tanggal 30 Juli 1947, Dewan Keamanan PBB menerima permasalahan Indonesia. Australia juga memberikan bantuan lain dalam bentuk pengusulan rancangan resolusi. Isi rancangan resolusi tersebut adalah meminta Indonesia dan Belanda menerima komisi arbitrasi tiga pihak sebagai usulan Australia kepada Dewan Keamanan PBB. Hal ini tentunya berkaitan dengan adanya KTN atau Komisi Tiga Negara. Nah kali ini saya akan menjawab pertanyaan terkait berikut ini dua negara yang termasuk anggota KTN adalah siapa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Berikut Ini Dua Negara yang Termasuk Anggota KTN Adalah

Seperti yang kita tahu bahwa Australia memberikan usulan kepada Dewan Keamanan PBB terkait komisi arbitrasi. Komisi ini mencakup tiga pihak yang asalnya dari satu pilihan Dewan Keamanan PBB dan satu lagi pilihan dari Indonesia. Tetapi Dewan Keamanan PBB menolak usulan tersebut. Kemudian pada tanggal 25 Agustus 1947, Amerika Serikat mengusulkan tawaran “jasa baik” kepada Belanda dan Indonesia. Tawaran ini berisi pembentukan komisi yang beranggotakan tiga dewan, dimana dua diantaranya dipilih oleh setiap pihak serta penentuan anggota ketiga berasal dari pilihan dua anggota.

Baca Juga  Bagaimana Proses Kedatangan Bangsa Proto Melayu ke Indonesia

Atas usulan ini berdirilah Komisi Kantor Baik (Good Offices Comittee) atau Komisi Tiga Negara. KTN dibentuk oleh PBB karena adanya Agresi Militer Belanda I. Apa itu Komisi Tiga Negara? Pengertian Komisi Tiga Negara adalah komisi kantor baik yang didirikan oleh PBB tanggal 26 Agustus 1947. Tujuan pembentukan KTN adalah menengahi konflik antara Belanda dan Indonesia yang terjadi saat Agresi Militer Belanda. Lantas berikut ini dua negara yang termasuk anggota KTN adalah siapa saja?

Seperti yang kita tahu bahwa KTN memiliki tiga negara anggota di dalamnya. Negara anggota tersebut dapat meliputi negara Belgia, Amerika Serikat, dan Australia. Ketika negara ini berperan penting dalam organisasi KTN tersebut. Setelah memahami apa itu KTN ini, coba kerjakan soal berikut:

Berikut ini dua negara yang termasuk anggota KTN adalah . . .
A. Belgia dan India
B. Belgia dan Mesir
C. Amerika Serikat dan Belgia
D. Amerika Serikat dan Perancis
E. Australia dan Perancis

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Amerika Serikat dan Belgia.

Seperti yang kita tahu bahwa jawaban dari pertanyaan berikut ini dua negara yang termasuk anggota KTN adalah Amerika Serikat dan Belgia. Komisi Tiga Negara tersebut memiliki beberapa anggota seperti di bawah ini:

  1. Australia dengan delegasi Richard C. Kirby yang dipilih oleh Indonesia.
  2. Amerika Serikat dengan delegasi Dr. Frank B. Graham yang dipilih oleh Indonesia dan Belanda.
  3. Belgia dengan delegasi Paul van Zeeland yang dipilih oleh Belanda.

Komisi Tiga Negara (KTN) menghasilkan perundingan Belanda dan Indonesia lagi. Belanda memberikan usulan supaya perundingan terjadi di tempat netral seperti USS Renville (kapal perang milik Amerika Serikat). Kapal tersebut didatangkan dari Jepang menuju Teluk Jakarta.