Pengertian Distribusi Frekuensi, Jenis Jenis dan Cara Menyusunnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Distribusi Frekuensi, Jenis Jenis dan Cara Menyusunnya Lengkap – Dalam ilmu Statistika Matematika kita akan berjumpa dengan materi distribusi frekuensi. Materi ini berisi cara membuat tabel distribusi frekuensi yang benar. Apa yang dimaksud distribusi frekuensi itu? Apa saja jenis jenis distribusi frekuensi? Apa saja bagian bagian distribusi frekuensi? Bagaimana cara menyusun distribusi frekuensi? Distribusi frekuensi adalah daftar nilai data yang dilengkapi dengan nilai frekuensi yang tepat, baik nilainya telah dikelompokkan maupun individual. Data dikelompokkan sedemikian rupa agar dapat melihat dengan segera terkait ciri ciri data yang penting tersebut.

Pengertian Distribusi Frekuensi, Jenis Jenis dan Cara Menyusunnya Lengkap
Distribusi Frekuensi Dalam Statistika

Pada umumnya daftar frekuensi digunakan untuk menggambarkan ciri khas terkait bagaimana data data yang beragam. Mengetahui data data yang bersifat beragam ini memang sangat penting, karena sifat keragaman datanya harus diperhatikan dalam menguji statistik berikutnya. Kemudian dari sinilah penarikan kesimpulan dianggap tidak sah sebagaimana mestinya karena tidak memperhatikan sifat dari keragaman datanya. Dengan kata lain anda harus memahami terlebih dahulu mengenai pengertian distribusi frekuensi, jenis jenis distribusi frekuensi, bagian bagian distribusi frekuensi dan cara menyusun distribusi frekuensi. 

Pengertian Distribusi Frekuensi, Jenis Jenis dan Cara Menyusunnya Lengkap

Sebuah penelitian dapat memperoleh data secara acak. Kemudian nantinya data akan diubah menjadi data berkelompok. Pengertian data berkelompok ialah penyusunan data menjadi kelas kelas tertentu. Data berkelompok ini termuat dalam daftar yang dinamakan dengan tabel frekuensi atau distribusi frekuensi. Menurut pendapat Hasan, distribusi frekuensi dapat diartikan sebagai data yang disusun berdasarkan kategori atau kelas tertentu di suatu daftar.

Baca juga : Rangkuman Soal Aplikasi Turunan Beserta Pembahasan Singkatnya

Tabel distribusi frekuensi dapat diartikan sebagai sebuah ringkasan atau uraian untuk menjelaskan penyebaran data dalam bentuk tabel kelompok data di beberapa kelas. Selain itu distribusi frekuensi juga dapat diartikan sebagai sebuah metode penyusunan data dalam kelas interval agar dapat dianalisis, disimpulkan dan dipahami dengan mudah, baik sifatnya utuh (diskit) ataupun tidak utuh (kontinu). Distribusi frekuensi menurut Hasan dapat diartikan sebagai sebuah data yang disusun menjadi suatu daftar menurut kategori atau kelas interval tertentu.

Statistika memang menjadi salah satu momok yang menakutkan di mata siswa sejak dulu. Banyak materi yang memerlukan pemahaman rumus kompleks. Selain menjelaskan pengertian distribusi frekuensi di atas. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam jenis jenis distribusi frekuensi, bagian bagian, dan cara menyusun distribusi frekuensi secara lengkap.

Bagian Bagian Distribusi Frekuensi

Selain pengertian distribusi frekuensi di atas, adapula bagian bagian dari tabel distribusi frekuensi. Tabel frekuensi memang memiliki beberapa bagian penting didalamnya. Adapun bagian bagian distribusi frekuensi yaitu sebagai berikut:

  • Class (kelas) ialah nilai variabel atau daya yang dikelompokkan berdasarkan data acak.
  • Class limits (batas kelas) ialah nilai antar kelas yang dibatasi. Setiap kelas memang memiliki batas semu atau batas kelas dikarenakan terdapat lubang tempat angka tertentu diantara kelas satu dengan kelas lainnya. Batas kelas data dapat dibagi menjadi dua yaitu upper class limits (batas kelas atas) dan lower class limits (batas kelas bawah).
  • Batas nyata kelas (tepi kelas) ialah batas kelas diantara kelas satu dengan kelas lainnya yang tidak mempunyai lubang tempat angka. Tepi kelas dapat dibagi menjadi dua yaitu tepi kelas bawah dan tepi kelas atas.
  • Tanda kelas (titik tengah kelas) ialah nilai atau angka data yang letaknya berada di tengah kelas. Data dalam kelas dapat diwakili nilainya menggunakan titik tengah kelas ini. Untuk mencarinya dapat menggunakan rumus seperti di bawah ini:
    Titik Tengah Kelas = ½ (batas atas kelas + batas bawah kelas)
  • Interval kelas ialah kelas satu dengan kelas lainnya yang dipisahkan oleh selang.
  • Luas kelas atau panjang interval kelas ialah jarak tepi kelas bawah dengan tepi kelas atas. 
  • Frekuensi kelas ialah jumlah data acak yang tergolong dalam kelas tertentu.

Baca juga : Cara Menghitung Besar Sudut Bangun Datar dan Contoh Soalnya

Jenis Jenis Distribusi Frekuensi

Setelah menjelaskan tentang pengertian distribusi frekuensi, selanjutnya saya akan membahas tentang macam macam distribusi frekuensi. Tabel distribusi frekuensi dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

Menurut Jenisnya
Jenis distribusi frekuensi yang pertama didasarkan pada jenisnya. Adapun macam macam distribusi frekuensi menurut jenisnya yaitu meliputi:

  • Distribusi frekuensi numerik ialah sebuah deret hitung yang dapat berdiri sendiri.
  • Distribusi frekuensi kategorial ialah pengelompokan dalam data.

Menurut Nyata Tidaknya Frekuensi
Jenis tabel distribusi frekuensi selanjutnya didasarkan pada nyata tidaknya frekuensi. Distribusi frekuensi menurut nyata tidaknya frekuensi dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti:

  • Distribusi frekuensi absolut ialah banyaknya bilangan yang menggambarkan jumlah data dalam kelompok tertentu.
  • Distribusi frekuensi relatif ialah banyaknya persentase yang menggambarkan jumlah data dalam kelompok tertentu.

Menurut Kesatuannya
Selain pembahasan tentang pengertian distribusi frekuensi dan bagian bagian distribusi frekuensi di atas. Adapula jenis jenis distribusi frekuensi menurut kesatuannya yaitu meliputi:

  • Distribusi frekuensi satuan ialah frekuensi jumlah data dalam kelompok tertentu.
  • Distribusi frekuensi kumulatif ialah banyaknya frekuensi dalam sekelompok nilai tertentu, baik berasal dari kelompok sebelumnya hingga kelompok yang dituju.

Baca juga : Contoh Soal SPLDV Pecahan Beserta Jawabannya Lengkap

Jenis jenis distribusi frekuensi tidak hanya berdasarkan jenisnya, nyata tidaknya frekuensi ataupun kesatuannya. Namun adapula macam macam distribusi frekuensi menurut Hasan yaitu meliputi:

  • Distribusi frekuensi biasa
  • Distribusi frekuensi relatif
  • Distribusi frekuensi kumulatif

Cara Menyusun Distribusi Frekuensi

Setelah membahas tentang pengertian distribusi frekuensi, bagian bagian distribusi frekuensi dan jenis jenis distribusi frekuensi di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara menyusun distribusi frekuensi. Penyusunan distribusi frekuensi dapat dilakukan menggunakan cara cara di bawah ini yaitu:

  • Mengurutkan data menurut besar nilainya terlebih dahulu sesuai dengan data didalamnya.
  • Kemudian range (jangkauan) datanya ditentukan. Rumus jangkauan data yang digunakan yaitu Jangkauan = data paling besar – daya paling kecil.
  • Lalu jumlah kelas (k) ditentukan menggunakan rumus sturgess yaitu K = 1 + 3.3 log n; k. Dimana k merupakan banyak kelas dan n merupakan banyak data.
  • Setelah itu panjang interval kelasnya ditentukan menggunakan rumus khusus yaitu panjang interval kelas (i) = jumlah kelas (k)/jangkauan (R).
  • Langkah berikutnya mencari batas bawah pada kelas pertamanya.
  • Kemudian frekuensi kelas ditulis dalam kolom tally atau turun berdasarkan jumlah datanya.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian distribusi frekuensi, jenis jenis distribusi frekuensi, bagian bagian distribusi frekuensi dan cara menyusun distribusi frekuensi lengkap. Tabel distribusi frekuensi dapat diartikan sebagai sebuah data yang disusun menjadi suatu daftar menurut kategori atau kelas interval tertentu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi distribusi frekuensi di atas.

Baca Juga  Cara Cepat Menghitung Pengurangan Kuadrat Beserta Contoh Soal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.