Jelaskan Bentuk Muka Bumi Indonesia

Diposting pada

Jelaskan Bentuk Muka Bumi Indonesia – Di Indonesia terdapat bentuk muka bumi yang membentuk relief beraneka macam, baik dalam tingkat kedalaman maupun ketinggian. Keragaman alam adalah keuntungan masyarakat Indonesia yang digunakan untuk memperoleh sumber daya alam yang tersedia. Tidak heran jika masyarakat Indonesia memiliki aktivitas yang beraneka ragam.

Lantas coba jelaskan bentuk muka bumi Indonesia? Bentuk muka bumi Indonesia memiliki kondisi yang tidak rata karena adanya gaya eksogen dan gaya endogen. Gaya endogen adalah tenaga dari dalam permukaan bumi yang mengakibatkan adanya vulkanisme, patahan dan lipatan. Sedangkan gaya eksogen adalah tenaga dari luar permukaan bumi yang berbentuk badai, angin, dan sinar matahari sehingga dapat menyebabkan erosi maupun pelapukan.

jelaskan bentuk muka bumi indonesia
Bentuk Muka Bumi

Seperti yang kita tahu bahwa selama ribuan tahun telah terjadi gaya eksogen dan endogen yang menyebabkan pembentukan dataran tinggi, lembah, dataran rendah, dan gunung. Maka dari itu tidak heran jika bentuk muka bumi Indonesia cukup beragam. Nah kali ini saya akan menjawab pertanyaan jelaskan bentuk muka bumi Indonesia. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Jelaskan Bentuk Muka Bumi Indonesia

Keragaman bentuk muka bumi Indonesia adalah salah satu bentuk keadaan alam yang bermanfaat untuk masyarakat. Terjadinya hal ini disebabkan karena adanya berbagai jenis perkebunan dan pertanian yang subur dalam iklim Indonesia serta adaptasi hewan yang baik. Hewan dan tumbuhan ini dapat dimanfaatkan untuk semua penduduk Indonesia, baik untuk bahan konsumsi maupun kepentingan lainnya.

Pada dasarnya bentuk permukaan bumi tersebut beraneka ragam seperti pegunungan, cekungan, daratan, lereng, bukit bergelombang, dan sebagainya. Kemudian adapula proses geologis yang terjadi hingga menyebabkan permukaan bumi berbentuk dasar laut dan relief daratan. Dari penjelasan ini coba jelaskan bentuk muka bumi Indonesia?

Baca Juga  Bangun Ruang Yang Tidak Memiliki Titik Sudut Adalah

Materi bentuk muka bumi tersebut pada dasarnya telah kita pelajari ketika dibangku sekolah. Materi ini cukup mudah dipelajari. Selain materi tersebut, anda juga dapat mempelajari bukti bumi itu bulat yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Setelah memahami jenis jenis bentuk muka bumi Indonesia tersebut, coba kerjakan contoh soal di bawah ini:

Jelaskan bentuk muka bumi Indonesia?

Jawaban.
Bentuk muka bumi Indonesia pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

  1. Dataran pantai
  2. Rawa
  3. Pegunungan
  4. Lembah
  5. Dataran rendah
  6. Gunung
  7. Bukit
  8. Dataran tinggi

Kondisi bentuk muka bumi dapat dinamakan dengan kondisi fisiografis. Fisiografis merupakan cabang ilmu geografis yang membahas tentang sebuah daerah menurut segi fisiknya. Kondisi fisiografis negara Indonesia dapat meliputi dataran tinggi, gunung, pantai, danau, dataran rendah, bukit, dan sebagainya. Inilah jawaban mengenai pertanyaan jelaskan bentuk muka bumi Indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.