Penggagas Organisasi Budi Utomo Adalah

Diposting pada

Penggagas Organisasi Budi Utomo Adalah – Apa itu Budi Utomo? Pengertian Budi Utomo atau Van Ophuuijsen adalah suatu organisasi pemuda yang dibentuk oleh Soetomo dan mahasiswa dari STOVIA (School tot Opleiding Van Inlandsche Artsen). Sifat dari organisasi tersebut adalah ekonomi, sosial, dan budaya, tetapi tidak bersifat politik.

Organisasi Budi Utomo ini dijadikan awal pergerakan Nasional yang bertujuan untuk menggapai kemerdekaan Indonesia. Meskipun organisasi Budi Utomo ini pada awalnya hanya ditujukan untuk golongan berpendidikan yang terdapat di Pulau Jawa. Lantas penggagas organisasi budi utomo adalah siapa? Organisasi Budi Utomo memiliki tanggal pendirian yang dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Berdirinya Budi Utomo tersebut tidak terlepas dari peran besar para tokoh dalam organisasi Nasional.

Wahidin Sudirohusodo pada tahun 1907 berkunjung ke STOVIA dan bertemu dengan para mahasiswa disekolah tersebut. Wahidin Sudirohusodo di kala itu juga mengutarakan gagasannya kepada para mahasiswa terkait pembentukan organisasi yang bertujuan untuk mengangkat derajat bangsa Indonesia. Disisi lain Wahidin Sudirohusodo juga ingin mendirikan organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan serta dapat membantu biaya masyarakat pribumi untuk sekolah serta mempunyai prestasi. Nah sehubungan dengan itu saya akan menjelaskan tentang penggagas organisasi budi utomo adalah siapa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Penggagas Organisasi Budi Utomo Adalah

Pada dasarnya Wahidin Sudirohusodo memiliki gagasan yang menarik perhatian para mahasiswa di STOVIA, khususnya Soeradji Tirtonegoro, Soetomo, dan Gunawan Mangunkusumo. Setelah itu Soetomo dan Soreadji melakukan pertemuan dengan para mahasiswa untuk membahas tentang gagasan Wahidin terkait organisasi tersebut. Meskipun berlangsungnya pertemuan ini tidak resmi karena hanya berada di ruang Anatomi STOVIA, namun menghasilkan pembentukan organisasi bernama Perkumpulan Budi Utomo.

Baca Juga  Negara Indonesia Pernah Menerapkan Bentuk Negara Serikat Yaitu Pada
penggagas organisasi budi utomo adalah
Toloh Penting dalam Organisasi Budi Utomo

Pada tanggal 20 Mei 1908, organisasi Budi Utomo didirikan di Jakarta. Organisasi Budi Utomo tersebut dijadikan awal dari bergeraknya era Nasionalisme Indonesia yang disebut dengan pergerakan Nasional. Adapun tokoh tokoh yang mendirikan organisasi Budi Utomo adalah Gondo Soewarno, Raden Angka Prodjosoedirdjo, Raden Mas Goembrek, Muhammad Soelaiman, M. Soewarno, Goenawan Mangunkusumo, dan Mochammad Sale.

Seperti yang kita tahu bahwa organisasi Budi Utomo didirikan oleh Dr. Soetomo. Namun sebelumnya organisasi ini digagas oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo. Kedua tokoh ini berperan penting dalam pembentukan organisasi Budi Utomo sebagai awal pergerakan Nasional. Setelah memahami apa itu Budi Utomo, maka coba kerjakan soal di bawah ini:

Penggagas organisasi budi utomo adalah . . .

Jawaban.
Penggagas organisasi budi utomo adalah Dr. Wahidin Sudirohusodo.

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa Dr. Wahidin Sudirohusodo adalah tokoh penggagas organisasi Budi Utomo, sedangkan Dr. Soetomo adalah tokoh pendiri organisasi Budi Utomo. Budi Utomo merupakan awal mula terbentuknya pergerakan Nasional di Indonesia.