Perubahan Kenampakan Bulan dari Waktu ke Waktu Disebut

Diposting pada

Perubahan Kenampakan Bulan dari Waktu ke Waktu Disebut – Apa itu bulan? Pengertian bulan adalah benda langit yang dapat kita lihat dari Bumi ketika malam hari. Kemudian bulan ini juga dikenal sebagai satelit alami Bumi. Ketika malam hari, kita dapat melihat Bulan dengan mata telanjang maka bulan tersebut dapat terlihat dengan berbagai bentuk. Perubahan bentuk bulan inilah yang akan saya bahas dalam artikel ini.

Lantas perubahan kenampakan bulan dari waktu ke waktu disebut apa? Bentuk bulan sendiri tidak hanya bulat sempurna, tetapi bentuknya juga aneh karena berasal dari proses rotasi sejak diciptakan 4,4 miliar tahun yang lalu. Meski begitu sejak zaman dulu bulan dikenal memiliki bentuk yang bulat, terutama ketika bulan memiliki fase bulan purnama.

perubahan kenampakan bulan dari waktu ke waktu disebut
Fase Bulan

Seperti yang kita tahu bahwa bulan tersebut memiliki bentuk yang berubah ubah. Perubahan bentuk bulan ini dinamakan dengan fase bulan. Perubahan ini terjadi karena beberapa bagian bulan memperoleh sinar matahari yang secara teratur selalu berubah. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang perubahan kenampakan bulan dari waktu ke waktu disebut apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Perubahan Kenampakan Bulan dari Waktu ke Waktu Disebut

Seperti yang kita tahu bahwa ketika bulan bergerak, maka bagian bulan yang memperoleh sinar matahari akan terlihat dari bumi. Biasanya terlihat sangat kecil sehingga bentuknya bulan sabit. Fase ini disebut dengan hilal awal bulan. Lalu bagaimana fase bulan itu? Bulan memiliki beberapa fase seperti bulan baru – bulan sabit awal – kuartal pertama – cembung awal – bulan purnama – cembung akhir – kuartal ketiga – bulan sabit akhir.

Baca Juga  Kerajaan Ternate dan Tidore Sering Disinggahi Para Pedagang Karena

Dari penjelasan ini tentunya kita sudah mengetahui bahwa perubahan kenampakan bulan dari waktu ke waktu disebut apa. Ketika bulan telah mengalami ke delapan fase di atas, maka fase bulan akan kembali lagi ke tahap fase 1 yaitu bulan baru sehingga bulan akan terlihat gelap lagi di langit. Selain fase bulan, adapula beberapa macam gerhana bulan yang perlu anda pelajari.

Setelah memahami apa itu fase bulan tentunya anda dapat menjawab soal seperti di bawah ini:

Perubahan kenampakan bulan dari waktu ke waktu disebut . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah fase bulan.

Seperti yang kita tahu bahwa perubahan kenampakan bulan dari waktu ke waktu disebut fase bulan. Fase bulan sendiri merupakan perubahan dari bentuk bulan yang dapat dilihat dari permukaan bumi. Bentuk bulan yang berubah tersebut dikarenakan adanya pantulan sinar matahari yang terkena permukaan bulan sehingga setiap fasenya berbeda beda. Masing masing fase bulan memiliki waktu sekitar seminggu atau 7 hari sehingga berlangsungnya semua fase bulan terjadi selama 28 hari.