Proses Pengumpulan Data Dalam Sejarah Disebut

Diposting pada

Proses Pengumpulan Data Dalam Sejarah Disebut – Apa itu penelitian sejarah? Pengertian penelitian sejarah adalah sebuah metodologi penelitian yang dilakukan oleh para ahli, dosen, atau mahasiswa secara akademis untuk mengumpulkan data. Pelaksanaan penelitian sejarah tersebut memang bertujuan untuk melakukan evaluasi dan mengumpulkan data secara sistematis agar memperoleh penjelasan, pemahaman, maupun gambaran mengenai peristiwa tertentu.

Lalu proses pengumpulan data dalam sejarah disebut apa? Penelitian sejarah dalam prosesnya memang harus didasarkan pada fakta yang terjadi sehingga tidak ada bentuk kontrol variabel atau manipulasi data sedikitpun. Contohnya penelitian eksperimental dan sejenisnya. Proses penelitian sejarah sendiri adalah metodologi penelitian dalam terjadinya kontruksi dari waktu ke waktu.

proses pengumpulan data dalam sejarah disebut
Proses Penelitian Sejarah

Penelitian sejarah dapat dinamakan dengan riset sejarah karena didalamnya terdapat metode penelitian untuk meneliti peristiwa di masa lampau atau masa lalu. Maka dari itu kita dapat melakukan riset dalam penelitian sejarah untuk memperoleh penafsiran, pembelajaran, dan pemahaman peristiwa di masa lalu. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang proses pengumpulan data dalam sejarah disebut apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Proses Pengumpulan Data Dalam Sejarah Disebut

Seperti yang kita tahu bahwa tujuan penelitian sejarah adalah untuk menggapai wawasan dan menyimpulkan bagaimana dan pelaku kejadian di masa lalu. Langkah langkah penelitian sejarah tersebut dapat anda pelajari lebih lanjut pada artikel sebelumnya. Dalam penelitian sejarah terdapat berbagai kejadian, pokok pembahasan, atau tema yang akan diteliti. Contohnya bagaimana sejarah penjajahan di Tanah Air, bagaimana sejarah kerajaan Indonesia, dan lain lain.

Lantas proses pengumpulan data dalam sejarah disebut apa? Tujuan utama penelitian sejarah adalah mendapatkan pengetahuan, makna, informasi, dan pemahaman peristiwa di masa lampau. Selain tujuan, adapula tahapan tahapan penelitian sejarah tersebut yaitu:

Baca Juga  Bagaimana Peran Indonesia Terhadap Pertukaran Budaya ASEAN
  1. Penentuan topik
  2. Heuristik
  3. Verifikasi
  4. Interpretasi
  5. Historiografi

Setelah memahami apa itu penelitian sejara, coba anda kerjakan soal di bawah ini:

Proses pengumpulan data dalam sejarah disebut . . .
A. Verifikasi
B. Penelitian sejarah
C. Heuristik
D. Periodisasi sejarah
E. Historiografi

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Heuristik.

Dari jawaban ini dapat disimpulkan bahwa proses pengumpulan data dalam sejarah disebut heuristik. Pengertian heuristik sendiri adalah proses pengumpulan sumber atau informasi untuk melaksanakan penelitian sejarah. Heuristik tersebut dinamakan dengan tahapan pengumpulan berbagai informasi yang berasal dari sumber sumber tertentu.