Respon PBB Terhadap Kemerdekaan Indonesia Diantaranya Adalah

Diposting pada

Respon PBB Terhadap Kemerdekaan Indonesia Diantaranya Adalah – Apa itu PBB? Pengertian Perserikatan Bangsa Bangsa adalah organisasi yang didirikan untuk mendorong kerjasama antar bangsa. Berdirinya PBB tersebut terjadi pada tanggal 24 Oktober 1945. PBB juga dikenal dengan nama United Nations (UN). Munculnya organisasi PBB tersebut berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia sehingga tidak hanya muncul setelah kemerdekaan saja.

Pada tanggal 17 Agustus 1945, negara Indonesia dapat memproklamasikan negaranya. Namun tidak serta merta memperoleh pengakuan dari tentara sekutu dan Belanda sebagai negara merdeka. Hal ini dikarenakan Belanda berusaha untuk menguasai Indonesia lagi dengan cara mengirimkan NICA yang memboncengi tentara Sekutu ke Indonesia. Lantas respon PBB terhadap kemerdekaan Indonesia diantaranya adalah bagaimana?

Respon PBB Terhadap Kemerdekaan Indonesia Diantaranya Adalah
Respon PBB

Dewan Keamaan PBB membentuk Committee of Goof Offices (Komisi Jasa Jasa Baik) atas usul Amerika Serikat sebagai bentuk respon proklamasi kemerdekaan Indonesia dan masalahnya dengan Belanda. Komisi yang terbentuk ini beranggotakan negara Australia, Belgia, dan Amerika Serikat. Ketiga negara anggota ini dikenal dengan nama KTN atau Komisi Tiga Negara di Indonesia. KTN memiliki peran aktif dalam menyelenggarakan Perjanjian Renville. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang respon PBB terhadap kemerdekaan Indonesia diantaranya adalah bagaimana. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Respon PBB Terhadap Kemerdekaan Indonesia Diantaranya Adalah

Seperti yang kita tahu bahwa PBB atau Perserikatan Bangsa Bangsa mengeluarlan beberapa resolusi yang digunakan untuk menghentikan konflik sebagai bentuk menyikapi perang kemerdekaan antara Belanda dengan pejuang Indonesia. Resolusi tersebut dikeluarkan tanggal 25 Agustus 1947 yaitu Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa – Bangsa nomor 31.

Lalu respon PBB terhadap kemerdekaan Indonesia diantaranya adalah bagaimana? Dalam merespon kemerdekaan Indonesia, PBB memang telah membentuk Komisi Tiga Negara yang beranggotakan negara Belgia (dipilih oleh Belanda), Amerika Serikat (dipilih oleh Belanda dan Indonesia), serta Australia (dipilih oleh Indonesia). Komisi Tiga Negara melakukan intermediasi dan pengamatan untuk dijadikan sebagai perjanjian Renville.

Baca Juga  Teks Hasil Pembicaraan Seseorang Ataupun Hasil Percakapan Disebut Teks

Negara negara PBB kemudian mengakui kemerdekaan Indonesia dan Indonesia dijadikan sebagai anggota PBB setelah Belanda mengakui kemerdekaan negara tersebut melalui Komisi Meja Bundar pada tanggal 3 Agustus – 2 November 1949 di Den Haag. Setelah mengetahui sedikit mengenai sikap PBB terhadap kemerdekaan bangsa Indonesia tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Respon PBB terhadap kemerdekaan Indonesia diantaranya adalah . . .

Jawaban.
Kemerdekaan Indonesia memperoleh respon dari PBB yaitu diantaranya:

  1. Membentuk Komisi Tiga Negara yang digunakan untuk menengahi konflik Indonesia dengan Belanda.
  2. Mengakui kemerdekaan Indonesia melalui Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa nomor 86 setelah Konferensi Meja Bundar.

Seperti yang kita tahu bahwa PBB bertujuan untuk menjaga keamanan dan perdamaian dunia, mendorong dan memajukan hubungan persaudaraan antar bangsa dengan penghormatan HAM, serta membangun dan membina kerjasama antar bangsa dalam bidang sosial, lingkungan, ekonomi, dan budaya.

Dari penjelasan di atas tentunya anda sudah paham mengenai respon PBB terhadap kemerdekaan Indonesia diantaranya adalah bagaimana. Seperti yang kita tahu bahwa PBB merupakan organisasi yang didirikan untuk mendorong kerjasama antar bangsa yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.