Sebuah Teks Biografi Dikatakan Faktual Jika Berdasarkan

Diposting pada

Sebuah Teks Biografi Dikatakan Faktual Jika Berdasarkan – Apa itu teks biografi? Pengertian teks biografi adalah sebuah tulisan yang berisi ulasan tentang cerita hidup atau kehidupan seseorang selama ia masih hidup. Biasanya teks biografi ini hanya berisi kenyataan kenyataan yang terjadi dalam kehidupan orang tersebut serta peran penting seseorang itu terhadap lingkungannya.

Pengertian biografi tersebut telah saya jelaskan lengkap pada artikel sebelumnya. Pada umumnya penulisan teks biografi dilakukan karena banyak yang antusias dengan cerita kehidupan para tokoh yang menjadi panutannya. Maka dari itu tidak heran jika teks biografi menampilkan orang orang sukses, tokoh tokoh terkenal, maupun orang yang berperan besar dalam kehidupan orang banyak. Lalu sebuah teks biografi dikatakan faktual jika berdasarkan apa?

Dengan adanya teks biografi ini diharapkan wawasan kita dapat lebih luas dan memperoleh teladan dari para tokoh tersebut. Pembuatan teks biografi ini tentunya memerlukan ururan struktur di dalamnya. Urutan struktur teks biografi ini diperlukan agar teks tersebut dapat dijelaskan secara kronologis dan jelas. Teks biografi juga mengandung isi tentang pengalaman seseorang yang sengaja diceritakan agar para pembaca tidak mengulangi hal yang dilaksanakan oleh tokoh tersebut. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang sebuah teks biografi dikatakan faktual jika berdasarkan apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sebuah Teks Biografi Dikatakan Faktual Jika Berdasarkan

Seperti yang kita tahu bahwa teks biografi bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pembaca mengenai sisi sisi dari para tokoh. Sesuai dengan namanya, jenis teks ini memang memiliki isi tentang kisah sebuah tokoh dalam mengarungi kehidupannya. Bahkan dalam teks tersebut juga menceritakan kelebihan kelebihan tokoh dan berbagai permasalahan yang dialaminya selama ia hidup.

Baca Juga  Kumpulan Contoh Saran Makalah Yang Baik dan Benar (Terlengkap)

Isi dari teks biografi adalah sejarah hidup seseorang mulai dari ia lahir sampai sekarang ni. Bahkan tokoh yang terdapat dalam biografi tersebut sampai meninggal dunia. Biasanya pembuatan teks biografi ini memang mencakup orang orang sukses, tokoh terkenal, ataupun orang yang inspiratif dan terkenal di masyarakat. Misalnya biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia. Lantas sebuah teks biografi dikatakan faktual jika berdasarkan apa?

sebuah teks biografi dikatakan faktual jika berdasarkan
Contoh Biografi Ir. Soekarno

Selain teks biografi, adapula teks autobiografi yaitu teks yang isinya kisah hidup seseorang yang penulisannya dilakukan oleh dirinya sendiri. Perbedaan biografi dan autobiografi berada pada penulisnya. Jika orang lain menulis teks biografi, maka tokoh/orang bersangkutanlah yang menulis autobiografi. Setelah memahami apa itu biografi, maka kerjakan soal di bawah ini:

Sebuah teks biografi dikatakan faktual jika berdasarkan . . .
A. Keutuhan teks bacaan
B. Pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi tersebut
C. Pengalaman penulis
D. Keinginan penulis dalam menuangkan ide

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi tersebut.

Berdasarkan pertanyaan di atas terdapat kara faktual yang maksudnya adalah berdasarkan kenyataan atau mengandung kebenaran. Maka dari itu sebuah teks biografi dikatakan faktual jika berdasarkan pengalaman hidup seseorang sehingga bukan berasal dari pengalaman penulisnya.