Tugas Utama Daendels di Indonesia Adalah

Diposting pada

Tugas Utama Daendels di Indonesia Adalah – Siapa itu Daendels? Herman Willem Daendels adalah politikus Belanda yang menjabat sebagai Gubernur Jenderal Hindia Belanda ke 36 pada tahun 1808 sampai 1811. Ketika Herman Willem Daendels menjabat, ia bertugas untuk mempertahankan Pulau Jawa yang memperoleh ancaman dari Inggris. Daendels menggunakan sistem diktator untuk memerintah Indonesia saat menjalankan tugasnya sehingga rakyat menjadi sengsara akibat kebijakan tersebut.

Herman Willem Daendels lahir pada tanggal 21 Oktober 1762 di Belanda. Daendels adalah putra dari Josina Christina Tulleken dan Burchard Johan Daendels. Menurut perjalanan hidupnya, Daendels diminta untuk berbakti kembali di tentara Belanda karena dipanggil oleh Louis Napoleon pada tahun 1806. Setelah itu Daendels diberikan tugas untuk mempertahankan Provinsi Groningen dan Friesland dari serangan Prusia. Lantas tugas utama daendels di Indonesia adalah apa?

Tugas Utama Daendels di Indonesia Adalah
Herman Willem Daendels

Daendels dikala itu dikenal sebagai patriot Belanda yang memiliki semangat Revolusi Perancis sehingga dapat mencuri perhatian Kaisar Napoleon Bonaparte. Daendels menggantikan Albertus Wiese sebagai Gubernur Jenderal Hindia Belanda atas saran Kaisar Napoleon Bonaparte pada tanggal 28 Januari 1807. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tugas utama daendels di Indonesia adalah apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tugas Utama Daendels di Indonesia Adalah

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang sejarah penjajahan Belanda di Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa tugas Daendels di Indonesia adalah mempertahankan Pulau Jawa dari adanya serangan Inggris. Disisi lain Daendels juga berperan dalam memperbaiki administrasi pemerintahan, memperbaiki kehidupan sosial ekonomi, dan memperkuat pertahanan di Nusantara, terutama di Jawa.

Dari sini tentunya kita sudah paham mengenai tugas utama daendels di Indonesia adalah untuk apa. Di kala itu terdapat satu satunya daerah koloni Belanda Perancis yang belum jatuh ke tangan Inggris dan tetap bertahan yaitu wilayah Jawa. Pada tahun 1800 atau sebelum Daendels datang, Inggris telah melakukan blokade Batavia dan berhasil membuat galangan kapal Belanda di Pulau Onrust hancur hingga tidak dapat digunakan lagi.

Baca Juga  Pelaksanaan Politik Luar Negeri Mencerminkan

Dari penjelasan di atas tentunya kita tahu garis besar tugas Daendels tersebut. Setelah memahami siapa itu Daendels, coba kerjakan soal di bawah ini:

Tugas utama daendels di Indonesia adalah . . .
A. Membangun jalan raya dari Anyer hingga Panarukan
B. Menggali sumber pajak yang besar dari tanah jajahan.
C. Mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris
D. Membentuk tentara dengan beranggotakan bangsa Indonesia
E. Mengembangkan sistem pertanian yang baik di Pulau Jawa.

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris.

Seperti yang kita tahu bahwa tugas utama daendels di Indonesia adalah mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris. Selain itu Daendels juga memiliki tugas lainnya seperti:

  1. Mempertahankan Pulau Jawa supaya tidak jatuh ke tangan pemerintah Inggris.
  2. Menata dan mengatur kembali pemerintah kolonial Belanda yang ada di Indonesia.
  3. Menyelesaikan masalah keuangan dalam pemerintah Belanda yang terdapat di Indonesia.