Alasan Jepang Melakukan Politik Isolasi Adalah

Diposting pada

Alasan Jepang Melakukan Politik Isolasi Adalah – Pada tahun 1633 sampai 1654, Jepang menerapkan kebijakan Sakoku atau negara tertutup ketika dipimpin oleh Shogun Tokugawa Iemitsu. Apa itu kebijakan sakoku? Pengertian kebijakan sakoku adalah larangan untuk membatasi para pedagangan dari negara lain dengan sangat ketat dan melarang orang Jepang pergi ke luar negeri. Kebijakan Sakoku atau politik isolasi diberlakukan dengan tujuan untuk mengurangi pengaruh asing di Jepang, khususnya pengaruh Portugis.

Lantas alasan jepang melakukan politik isolasi adalah apa saja? Di kala itu Portugis membangun pengaruh besar dalam memperkenalkan agama Kristen Katolik dan senjata api di Jepang. Ketika Jepang diperintah oleh Shogun Tokugawa Iemitsu pada tahun 1633 telah menerapkan kebijakan Sakoku atau kebijakan politik isolasi.

Alasan Jepang Melakukan Politik Isolasi Adalah
Kebijakan Politik Isolasi

Datangnya Portugis ke Jepang tersebut terjadi pada masa Sengoku atau perang saudara di Jepang. Portugis yang datang ke Jepang ini memberikan pengaruih besar kepada Jepang seperti memperkenalkan senjata api di negara tersebut atau dinamakan dengan tanegashima. Dampak yang diberikan Portugis tersebut memang sangat mempengaruhi Jepang. Nah kali ini saya akan membahas tentang alasan jepang melakukan politik isolasi adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Alasan Jepang Melakukan Politik Isolasi Adalah

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang pengertian politik isolasi. Kebijakan sakoku atau politik isolasi adalah kebijakan Jepang untuk menutup diri dari pengaruh asing sehingga hampir semua kapal dilarang berlabuh. Selain itu kebijakan ini juga berisi keputusan untuk melarang orang Jepang agar tidak meninggalkan wilayah negara tersebut. Berlangsungnya kebijakan ini terjadi pada masa pemerintahan Shogun Tokugama.

Lantas alasan jepang melakukan politik isolasi adalah apa saja? Berlangsungnya politik isolasi ini terjadi pada tahun 1633 di Jepang. Kebijakan ini dapat dinamakan dengan kebijakan Sakoku Jepang. Tujuan utama politik isolasi dibrlakukan adalah untuk mengurangi pengaruh negara asing yang ada di Jepang. Pengaruh negara asing yang ingin dihindari adalah pengaruh negara Portugis.

Baca Juga  Sejarah, Latar Belakang dan Tujuan Berdirinya ASEAN

Pada awalnya Jepang melakukan hubungan dengan Portugis dengan tujuan meningkatkan perdagangan dan membuat Daimyo (gubernur) bagian selatan di jepang menjadi kaya. Daimyo sendiri terfolong dalam kelompok tozawa yakni daimyo yang memusuhi keluarga Tokugawa sebelumnya. Maka dari itu pemerintahan Tokugawa berusaha untuk membuat pengaruh Portugis berkurang sehingga kekuasaan para daimyo juga berkurang.

Setelah memahami apa itu kebijakan politik isolasi, coba kerjakan salah satu soal di bawah ini:

Alasan Jepang melakukan politik isolasi adalah . . .

Jawaban.
Politik isolasi diterapkan Jepang dengan alasan seperti di bawah ini:

  1. Jepang ingin memastikan tetap berjalannya masa pemerintahan kekaisaran Shogun.
  2. Jepang khawatir dengan konsep Kolonialisme di kala itu yang dibawa oleh bangsa Eroopa sehingga Jepang berupaya untuk mengusir pengaruh dari luar.
  3. Jepang tidak mengijinkan budaya asing masuk karema tidak ingin budaya negaranya menjadi pudar.

Inilah alasan jepang melakukan politik isolasi adalah apa saja. Jepang menerapkan kebijakan politik isolasi atau kebijakan sakoku agar pengaruh negara asing dapat dihilangkan dari Jepang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.