Bandingkan Ciri Khas Candi Jawa Tengah Dengan Jawa Timur Jelaskan

Diposting pada

Bandingkan Ciri Khas Candi Jawa Tengah Dengan Jawa Timur Jelaskan – Candi berasal dari nama Candika yaitu dari nama Durga sebagai Dewi Maut. Dewi Durga sendiri menurut mitologi Hindu merupakan Dewi Maut yang berkaitan dengan dewa kematian. Maka dari itu candi dapat diartikan sebagai suatu bangunan yang digunakan untuk memuliakan orang yang sudah meninggal. Terutama untuk orang terkemuka maupun para raja. Tetapi bukan berarti orang meninggal dikuburkan dalam candi, melainkan berbagai jenis benda bernama pripih yang telah bersatu dengan dewa penitisnya lagi sehingga dapat dianggap sebagai lambang zat jasmanis dari sang raja tersebut.

Di kala itu memang terdapat upacara ritual pembakaran mayat para raja untuk diubah menjadi abu. Kemudian abu tersebut dihanyutkan ke laut. Setelah itu baru didirikan bangun suci untuk menaruh pripih dan diletakkan dalam dasar bangunan sebagai serangkaian upacara penyempurnaan roh setelah menjadi dewa dan lepas dari alam kemanusian. Bangunan yang dibangun ini disebut dengan candi. Lalu coba anda bandingkan ciri khas candi jawa tengah dengan jawa timur jelaskan?

Bandingkan Ciri Khas Candi Jawa Tengah Dengan Jawa Timur Jelaskan
Perbedaan Candi Jawa Tengah dan Candi Jawa Timur

Menurut perkembangannya, pembangunan candi tidak hanya dilakukan oleh penganut agama Hindu saja, tetapi penganut Budha juga melakukannya. Perbedaan candi Hindu dan candi Budha tersebut telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Candi Budha digunakan sebagai tempat pemujaan dewa belaka dan dikaitkan dengan bangunan Stupa. Selain itu adapula jenis Candi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Nah kali ini saya akan membahas tentang bandingkan ciri khas candi jawa tengah dengan jawa timur jelaskan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Bandingkan Ciri Khas Candi Jawa Tengah Dengan Jawa Timur Jelaskan

Bangunan Candi memiliki unsur penting yang digunakan sebagai lambang alam semesta dengan 8 bagian seperti kaki melambangkan alam bawah tempat hidup manusia, tubuh candi melambangkan alam tempat manusia meninggal dan menemui Tuhannya dalam keadaan suci, serta atap / puncak candi melambangkan alam atas tempat para dewa. Bangunan candi menurut mitologi Hindu Budha adalah tiruan dari tempat para dewa berada.

Baca Juga  18+ Peninggalan Zaman Praaksara di Indonesia Beserta Gambar

Lantas bandingkan ciri khas candi jawa tengah dengan jawa timur jelaskan? Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan lengkap tentang perbedaan candi Jawa Tengah dan candi Jawa Timur. Secara umum bangunan candi memiliki beberapa pola, hiasan, atau ukiran yang disesuaikan dengan alam gunungnya seperti binatang ajaib, bidadari, bunga bunga teratai, hiasan daun daunan, dewa dewi, dan sebagainya. Hal hal tersebut dikenal sebagai Dyani-Bodisatwa, Dyani-Budha, dan manusi-buddha dalam agama Budha.

Dalam bangun candi tentunya kita mengenal adanya bentuk arca Budha yang sederhana, dimana setiap karakter utama didalamnya memiliki lambang sikap tangan (mudra) sebagai ajakan kemuliaan. Setelah mengetahui secara garis besar definisi candi tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Bandingkan ciri khas candi Jawa Tengah dengan Jawa Timur jelaskan?

Jawaban.

No.Candi Jawa TengahCandi Jawa Timur
1.Candi berbentuk tambun, dimana bagian atapnya berundak undak.Candi berbentuk ramping, dimana bagian atapnya adalah gabungan dari tingkatan
2.Relief timbul sedikit tinggi menggunakan hiasan lukisan dengan corak naturalis.Relief timbul sedikit menggunakan hiasan lukisan simbolis seperti wayang kulit.
3. Bentuk puncak candi adalah stupa atau ratna.Bentuk puncak candi adalah kubus.
4.Candi berasal dari batu andesit.Candi berasal dari batu bata.
5.Letak candi induk berada di tengah halaman.Letak candi induk berada di belakang halaman.
6. Candi menghadap ke timur.Candi menghadap ke barat.
Perbedaan Candi Jawa Tengah dan Jawa Timur

Sekian jawaban mengenai pertanyaan bandingkan ciri khas candi jawa tengah dengan jawa timur jelaskan tersebut. Kita dapat melihat contoh candi Jawa Tengah seperti candi Prambanan dan candi Borobudur. Sedangkan contoh candi Jawa Timur seperti Candi Jago. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.