Berikut Ini Adalah Tujuan AFTA Kecuali

Diposting pada

Berikut Ini Adalah Tujuan AFTA Kecuali – Apa itu AFTA? Pengertian AFTA adalah bentuk kerjasama ekonomi dan perdagangan yang terjadi di wilayah ASEAN berupa kesepakatan untuk menghasilkan situasi perdagangan yang adil dan seimbang dengan cara penurunan tarif barang perdagangan tanpa hambatan non tarif dan tanpa hambatan tarif (bea masuk 0 – 5%) untuk negara anggota ASEAN.

Lalu berikut ini adalah tujuan AFTA kecuali? AFTA pada awalnya merupakan wujud kesepakatan antar negara anggota ASEAN yang digunakan untuk menciptakan sebuah kawasan bebas perdagangan agar daya saing ekonomi di kawasan regional ASEAN dapat ditingkatkan sehingga ASEAN dapat menjadi basis produksi dunia.

berikut ini adalah tujuan afta kecuali
Tujuan AFTA

Pada tanggal 28 Januari 1992 terjadi kesepakatan AFTA yang berlangsung di Singapura. Pada awalnya AFTA disepakati oleh enam negara seperti Indonesia, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia. Pada tahun 1995 negara Vietnam mulai bergabung dengan AFTA, tahun 1997 negara Myanmar dan Laos bergabung dengan AFTA, serta tahun 1999 negara Kamboja juga bergabung dengan AFTA. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan jawaban terkait pertanyaan berikut ini adalah tujuan AFTA kecuali apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Berikut Ini Adalah Tujuan AFTA Kecuali

Seperti yang kita tahu bahwa pendirian AFTA oleh ASEAN dilatar belakangi oleh beberapa hal seperti di bawah ini:

  1. Setelah terjadi perubahan militer dan politik di kawasan ASEAN mulai muncul masalah ekonomi.
  2. Menjadikan Singapura sebagai contoh negara yang memiliki sistem perdagangan yang baik, walaupun sumber daya alamnya memiliki tingkatan yang rendah.
  3. Kawasan regional ASEAN akan menarik investor yang dapat meningkatkan permodalan di dalam negeri.
  4. Meningkatkan kerja sama dalam bidang ekonomi diantara negara negara ASEAN.
Baca Juga  Setelah Memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia Harus Berhadapan Dengan

Lalu berikut ini adalah tujuan AFTA kecuali apa? AFTA termasuk bentuk kerja sama yang bertujuan untuk memperoleh kepentingan bersama. Adapun tujuan AFTA yang utama yaitu meliputi:

  1. Membangun kawasan bebas perdagangan agar daya saing ekonomi di kawasan regional meningkat sehingga negara negara bagian ASEAN dapat menjadi basis produksi dunia.
  2. Membuat perdagangan antar negara anggota ASEAN atau intra ASEAN Trade menjadi meningkat.
  3. Menarik investasi asing langsung yang lebih banyak atau Foreign Direct Investment.

Setelah memahami apa itu AFTA dan bagaimana latar belakangnya, kemudian coba kerjakan salah satu soal di bawah ini:

Berikut ini adalah tujuan AFTA kecuali . . .
A. Meningkatkan perdagangan antar negara anggota ASEAN
B. Meningkatkan kerja sama di bidang sosial dan budaya
C. Menjadikan kawasan ASEAN sebagai tempat produksi kompetitif sehingga ASEAN mempunyai daya saing yang tinggi di kawasan pasar global
D. Meningkatkan ketertarikan investasi dari luar negeri atau foreign direct

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Meningkatkan kerja sama di bidang sosial dan budaya.

Berdasarkan jawaban di atas dapat disimpulkan bawah berikut ini adalah tujuan AFTA kecuali meningkatkan kerja sama di bidang sosial dan budaya. AFTA sendiri tentunya memiliki beberapa tujuan utama setelah kesepakatan tersebut dilakukan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.