Delegasi Indonesia Dalam Perundingan Linggarjati Dipimpin Oleh

Diposting pada

Delegasi Indonesia Dalam Perundingan Linggarjati Dipimpin Oleh – Seperti yang kita tahu bahwa pada tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya setelah merasakan penjajahan sekian lama. Namun tidaklah mudah untuk melakukan berbagai tindakan diawal kemerdekaannya karena pihak asing banyak memberikan ancaman. Salah satunya adalah konflik Indonesia dengan Belanda yang diselesaikan dengan memasukkan AFNEI yang diboncengi oleh NICA dalam peristiwa 10 November. Bahkan penanggung jawab dalam penyelesaian konflik militer dan politik di Asia dilakukan oleh pemerintah Inggris.

Lalu delegasi indonesia dalam perundingan linggarjati dipimpin oleh siapa? Pada tanggal 14 – 15 April 1946, bangsa Belanda melakukan perundingan dengan Indonesia di Hooge Veluwe. Perundingan tersebut gagal karena Belanda diminta oleh Indonesia untuk mengakui kedaulatan atas Madura, Jawa, dan Sumatera. Tetapi Pengakuan yang dilakukan oleh Belanda terhadap Indonesia hanyalah Madura dan Jawa saja. Kemudian pemerintah Inggris pada akhir Agustus 1946 mengirimkan Lord Killearn ke Indonesia agar dapat menyelesaikan perundingan Belanda dan Indonesia.

delegasi indonesia dalam perundingan linggarjati dipimpin oleh
Pelaksanaan Perundingan Linggarjati

Perundingan Belanda dan Indonesia dibuka pada tanggal 7 Oktober 1946 di Konsulat Jenderal Inggris di Jakarta dengan pimpinan Lord Killearn. Hasil perundingan tersebut adalah persetujuan atas gencatan senjata yang terjadi pada tanggal 14 Oktober. Setelah itu pada tanggal 11 November 1946 dilanjutkan dengan Perundingan Linggarjati. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang delegasi indonesia dalam perundingan linggarjati dipimpin oleh siapa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Delegasi Indonesia Dalam Perundingan Linggarjati Dipimpin Oleh

Pada tahun 1946, Belanda memilih koalisi pemerintahan yang baru dengan mendirikan Komisi Jenderal yang tujuannya melakukan negosiasi dengan Indonesia. Komisi ini dipimpin oleh Wim Schermerhorn. Belanda diwakili oleh Hubertus van Mook dan Wim Schermerhorn. Sedangkan Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir dan Inggris diwakili oleh Lord Killearn sebagai mediator perundingan.

Baca Juga  Jumlah Rusuk Kubus Sebanyak

Apa itu perundingan linggarjati? Pengertian perundingan linggarjati adalah sebuah perundingan yang terjadi antara Belanda dengan Indonesia di Linggarjati Jawa Barat. Hasil dari perundingan tersebut adalah persetujuan status kemerdekaan bangsa Indonesia. Pelaksanaan perundingan linggarjati terjadi pada tanggal 11 – 15 November 1946 dan secara sah ditandatangani oleh kedua negara pada tanggal 25 Maret 1947. Lalu delegasi indonesia dalam perundingan linggarjati dipimpin oleh siapa?

Pada awalnya digelar suatu rangkaian perundingan di Belanda dan di Jakarta sebelum pelaksanaan perjanjian Linggarjati. Tetapi kedua pihak belum menemukan titik temu tentang status Indonesia yang menjadi negara merdeka. Pada akhirnya perundingan ini menyebabkan pro dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan perundingan ini menjadi bukti kelemahan dari pemerintahan Indonesia dalam menegakkan kedaulatan negara. Setelah memahami apa itu perundingan linggarjati, coba kerjakan soal di bawah ini:

Delegasi Indonesia dalam perundingan Linggarjati dipimpin oleh . . .
A. Sutan syahrir
B. Ir. Soekarno
C. Drs. Moh. Hatta
D. Amir syarifuddin

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Sutan syahrir.

Seperti yang kita tahu bahwa delegasi indonesia dalam perundingan linggarjati dipimpin oleh Sutan syahrir selaku Perdana Menteri. Kemudian delegasi Belanda dipimpin oleh Willem Schermerhorn beserta anggotanya yaitu Feike de Boer, Max van Poll, dan Van Mook. Selain itu adapula pihak mediator pertemuan yaitu Inggris yang dipimpin oleh Lord Killearn.