Nama Lain Dari Kapak Lonjong Berukuran Besar Adalah

Diposting pada

Nama Lain Dari Kapak Lonjong Berukuran Besar Adalah – Apa itu kapak lonjong? Pengertian kapak lonjong adalah hasil kebudayaan dari masyarakat praaksara pada zaman Neolitikum. Pengambilan nama kapak lonjong tersebut asalnya dari penampang alat batu yang bentuknya lonjong. Alat itu memiliki bentuk keseluruhan menyerupai bulat telur, dimana ujungnya lancip yang ditempakan dibagian tangkai.

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang peninggalan zaman Neolitikum. Lantas nama lain dari kapak lonjong berukuran besar adalah apa? Kapak lonjong ditemukan di Gua Niah Serawak oleh T Harrison pada lapisan tanah yang umurnya 8.000 tahun lalu. Tetapi di Indonesia, kapak lonjong ditemukan di beberapa daerah seperti Sangihe Talaud, Tanimbar, Sulawesi, Papua, Flores, Leti, dan Maluku. Sedangkan penemuan kapak lonjong di luar Indonesia berada di China, Jepang, India, Myanmar, Taiwan, Filipina, dan Manchuria.

Nama Lain Dari Kapak Lonjong Berukuran Besar Adalah
Kapak Lonjong

Rute persebaran kapak lonjong berdasarkan lokasi penemuannya dapat melalui bagian utara, lalu ke timur Indonesia dan bertahan di wilayah Papua dalam waktu lama bahkan hingga sekarang. Walaupun sebenarnya perkembangan kapak lonjong di Indonesia secara pasti belum diketahui dimulainya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang nama lain dari kapak lonjong berukuran besar adalah apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Nama Lain Dari Kapak Lonjong Berukuran Besar Adalah

Seperti yang kita tahu bahwa ciri ciri kapak lonjong sendiri adalah bentuk penampangnya yang lonjong, dimana bagian ujungnya diasah dari dua arah sampai tajam dan penempatan ujung yang agak lancip di bagian tangkai. Kapak lonjong pada umumnya berasal dari batu kali yang warnanya kehitaman menyerupai kapak batu di Papua yang sampai sekarang masih digunakan. Kemudian adapula kapak lonjong yang berasal dari nefrit berwarna hijau tua.

Baca Juga  Berikut Ini Adalah Tujuan AFTA Kecuali

Kapak lonjong dibuat dengan cara menyerpih segumpal kerakal atau batu, kemudian diupam sampai halus setelah meratakan permukaan batunya menggunakan teknik pemukulan beruntun. Kapak lonjong menurut ukurannya dapat dibagi menjadi dua yaitu kapak lonjong berukuran kecil dan kapak lonjong berukuran besar. Lantas nama lain dari kapak lonjong berukuran besar adalah apa? Nama lain kapak lonjong berukuran besar adalah Walzenbeil. Sedangkan nama kapak lonjong berukuran kecil adalah Kleinbeil.

Kapak lonjong secara umum berguna untuk alat bercocok tanam, terutama kapak lonjong berukuran besar atau Walzenbeil. Sedangkan fungsi Kleinbeil adalah pusaka atau wasiat yang mengandung mistis sehingga tidak berguna sebagai alat perkakas. Pada zaman Neolitikum terdapat proses bertahan hidup dengan cara beternak dan bercocok tanam. Salah satu peninggalan zaman Neolitikum adalah kapak persegi dan kapak lonjong. Kedua jenis kapak ini berguna untuk bercocok tanam.

Setelah mengetahui peninggalan zaman neolitikum tersebut, coba kerjakan salah satu soal seperti di bawah ini:

Nama lain dari kapak lonjong berukuran besar adalah . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah welzenbeil.

Kapak lonjong pada dasarnya memiliki bentuk yang lonjong dan ujung sedikit runcing dengan warna kehitaman. Menurut ukurannya, kapak lonjong dapat dibagi menjadi dua jenis seperti kapak lonjong berukuran besar dan kecil. Dari penjelasan ini dapat disimpulkan bahwa nama lain dari kapak lonjong berukuran besar adalah welzenbeil dan kapak lonjong berukuran kecil dinamakan kleinbeil.