Negara yang Tidak Ikut Mendirikan Organisasi ASEAN Adalah

Diposting pada

Negara yang Tidak Ikut Mendirikan Organisasi ASEAN Adalah – Seperti yang kita tahu bahwa ASEAN merupakan organisasi Internasional yang memiliki beberapa negara anggota. Pengertian ASEAN sendiri adalah organisasi kawasan regional yang digunakan sebagai tempat kerjasama antar negara negara di Asia Negara. ASEAN merupakan singkatan dari Association of Southeast Asian Nations. Organisasi ASEAN didirikan di Bangkok Thailand pada tanggal 8 Agustus 1967.

Lalu negara yang tidak ikut mendirikan organisasi ASEAN adalah siapa saja? Pendiri organisasi ASEAN tersebut terdiri dari negara Malaysia, Singapura, Thailand, Indonesia, dan Filipina. Kelima negara ini menandatangani Deklarasi Bangkok sebagai tanda bahwa organisasi ASEAN telah didirikan. Maka dari itu setiap tanggal 8 Agustus ditandai dengan adanya hari ASEAN. Sekarang ini kantor Sekretariat ASEAN terletak di Jalan Sisingamangaraja No 70A, Jakarta Selatan Indonesia. Sekarang ini ASEAN mempunyai 10 negara anggota, dimana 5 diantaranya termasuk negara pendiri.

Negara yang Tidak Ikut Mendirikan Organisasi ASEAN Adalah
Negara Anggota ASEAN

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang sejarah berdirinya ASEAN. ASEAN merupakan organisasi Internasional yang didirikan oleh beberapa negara dengan tujuan tertentu. Salah satu negara pendirinya adalah Indonesia. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang negara yang tidak ikut mendirikan organisasi ASEAN adalah siapa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Negara yang Tidak Ikut Mendirikan Organisasi ASEAN Adalah

Sejak tanggal 8 Agustus 1967, negara Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand dan Malaysia sudah menjadi anggota ASEAN. Kemudian pada tanggal 8 Januari 1984, Brunei Darussalam masuk ke dalam anggota ASEAN dan tanggal 28 Juli 1995 dilanjutkan dengan negara Vietnam. Setelah itu pada tanggal 23 Juli 1997, negara Myanmar dan Laos masuk ke ASEAN secara bersamaan. Pada tanggal 30 April 1999 negara Kamboja juga menjadi anggota ASEAN.

Baca Juga  Masa Pemerintahan Orde Baru (Sejarah Lahirnya, Perkembangan Kekuasaan dan Kebijakan Pemerintah Orde Baru)

ASEAN adalah bentuk kerjasama regional dalam kawasan Asia Tenggara yang berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967. Indonesia ikut berperan serta dalam mendirikan ASEAN karena organisasi ini dianggap dapat membantu untuk mewujudkan pembangunan Nasional yang menjadi tujuan dan cita cita bangsa Indonesia. Maka dari itu Adam Malik sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia dikirim sebagai wakil Indonesia untuk menandatangani Deklarasi Bangkok atau naskah dasar pendirian ASEAN. Lantas negara yang tidak ikut mendirikan organisasi ASEAN adalah siapa saja?

Di bawah ini terdapat beberapa tujuan ASEAN dibentuk yaitu diantaranya:

  1. Mengembangkan dan memajukan kekuatan ekonomi yang tersedia di setiap negara anggota ASEAN.
  2. Mewujudkan pembangunan yang merata dan adil di semua negara anggota ASEAN.
  3. Melestarikan dan mengembangkan budaya Nasional yang ada disetiap negara anggota ASEAN.

Setelah memahami apa itu ASEAN, coba kerjakan contoh soal di bawah ini:

Negara yang tidak ikut mendirikan organisasi ASEAN adalah . . .
A. Laos
B. Malaysia
C. Indonesia
D. Singapura

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Laos.

Dari jawaban di atas dapat kita simpulkan bahwa negara yang tidak ikut mendirikan organisasi ASEAN adalah Laos. Selain itu adapula negara anggota lainnya yang tidak ikut berperan serta dalam mendirikan ASEAN seperti Brunei Darussalam, Kamboja, Vietnam dan Myanmar.