Penyebab Indonesia Keluar dari Keanggotaan PBB Adalah

Diposting pada

Penyebab Indonesia Keluar dari Keanggotaan PBB Adalah – Apa itu PBB? Pengertian PBB atau Perserikatan Bangsa Bangsa adalah organisasi Internasional yang memiliki tujuan untuk menciptakan perdamaian dunia. Organisasi ini dapat disebut juga dengan nama UN atau United Nations. Berdirinya PBB tersebut terjadi di empat negara besar seperti Cina, Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Soviet. PBB memiliki markas besar yang berada di New York, Amerika Serikat.

Lantas penyebab Indonesia keluar dari keanggotaan PBB adalah apa saja? Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang struktur organisasi PBB. Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia menjadi anggota PBB secara resmi pada tanggal 27 September 1950. Indonesia dalam prosesnya memiliki peran untuk mengirim pasukan garuda ke Zaira, Lebanon, Mesir, Timur Tengah, Vietnam dan negara lainnya untuk menjaga perdamaian.

Penyebab Indonesia Keluar dari Keanggotaan PBB Adalah
Alasan Keluarnya Indonesia dari PBB

Kemudian Indonesia mengambil keputusan untuk keluar dari PBB pada tahun 1950. Pada awalnya Indonesia cukup terbantu oleh organisasi Internasional ini sebelum memutuskan keluar dari PBB. PBB dapat dijadikan sebagai perantara antara Belanda dan Indonesia dalam Konferensi Meja Bundar pada tahun 1949 di Kota Den Haag. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang penyebab Indonesia keluar dari keanggotaan PBB adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Penyebab Indonesia Keluar dari Keanggotaan PBB Adalah

Alasan mengapa Indonesia keluar dari PBB disampaikan oleh Kepala Perutusan Tetap RI kepada Sekertaris Jenderal PBB. Tetapi pihak PBB tidak merespon baik alasan keberatan tersebut. Kemudian Malaysia diterima menjadi anggota Dewan Keamanan PBB yang tidak tetap pada tanggal 7 Januari 1965. Keputusan tersebut mengakibatkan Indonesia tidak ingin menjadi anggota PBB lagi dan memutuskan keluar dari PBB.

Pada dasarnya ada beberapa penyebab Indonesia keluar dari keanggotaan PBB adalah seperti hal di atas. Tetapi sebenarnya masih ada alasan lain Indonesia keluar dari keanggotaan PBB. Keluarnya Indonesia ini tidak hanya sebagai anggota PBB saja, tetapi juga keluar dari badan PBB seperti FAO, UNESCO, dan UNICEF. Pernyataan keluarnya Indonesia dari PBB secara resmi disampaikan pada tanggal 20 Januari 1965 oleh Dr. Subandrio dalam Surat Menteri Luar Negeri. Lantas penyebab Indonesia keluar dari keanggotaan PBB adalah apa saja?

Baca Juga  Sistem Sewa Tanah Berlangsung Pada Masa Pemerintahan

Berdasarkan surat tersebut terdapat penegasan bahwa secara resmi Indonesia keluar dari PBB sejak tanggal 1 Januari 1965. Salah satu alasannya adalah karena Malaysia terpilih sebagai anggota tidak tetap dalam Dewan Keamanan PBB. Selain itu adapula alasan lain seperti PBB gagal dalam menghadapi federasi hingga Indonesia melakukan konfrontasi. Setelah menjelaskan sedikit mengenai alasan Indonesia keluar dari PBB di atas, coba kerjakan soal di bawah ini:

Penyebab Indonesia keluar dari keanggotaan PBB adalah . . .

Jawaban.
Indonesia keluar dari PBB dengan alasan karena Indonesia tidak menyetujui Malaysia dipilih menjadi anggota dewan keamanan PBB yang tidak tetap. Hal ini terjadi karena Malaysia dikala itu sedang berkontroversi dengan Indonesia mengenai pembentukan negara boneka Inggris yang dibentuk oleh Malaysia dan dianggap sebagai proyek nekolim untuk membuat keberadaan Imperialisme Inggris kokoh di Asia Tenggara sehingga sangat membahayakan Indonesia.

PBB sejak berdiri sampai sekarang memiliki peran aktif dalam meningkatkan dan memelihara keamanan dunia, perdamaian, serta memajukan kesejahteraan hidup bagi bangsa bangsa di dunia. Dari sini kita tahu bahwa penyebab Indonesia keluar dari keanggotaan PBB adalah sebagai berikut:

  1. Ketidaksetujuan atas terpilihnya Malaysia menjadi anggota Dewan Keamanan PBB yang tidak tetap.
  2. Berhubungan dengan markas PBB yang ada di Amerika Serikat.
  3. PBB dianggap lamban dalam mengatasi masalah.
  4. Tentang Kepala staf berkebangsaan Amerika yang memegang sekretariat dengan hasil mengakomodasi kebijakan untuk kepentingan Barat.

Sekian penjelasan mengenai penyebab Indonesia keluar dari keanggotaan PBB adalah apa saja. PBB memiliki alasan tertentu hingga memutuskan untuk keluar dari PBB. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.