Penyerangan Fatahillah ke Sunda Kelapa Bertujuan

Diposting pada

Penyerangan Fatahillah ke Sunda Kelapa Bertujuan – Sejak abad ke 5, pelabuhan Sunda Kelapa pada dasarnya memang sudah ada karena merupakan salah satu pelabuhan yang dimiliki oleh kerajaan Tarumanegara. Pelabuhan ini kemudian beralih menjadi milik kerajaan Sunda (Padjajaran) pada abad ke 12. Pelabuhan tersebut menjadi salah satu pelabuhan di Pulau Jawa yang cukup penting sejak Sunda Kelapa berpindah tangan ke kerajaan Sunda, mengingat lokasinya juga cukup strategis.

Sunda Kelapa ini menjadi tempat untuk para pedagang Nusantara dan pedagang asing yang datang dari Portugis, China, Inggris, Arab, dan India. Bahkan Portugis juga menjalin hubungan dengan Kerajaan Sunda. Kemudian Portugis memperoleh izin untuk mendirikan kantor dagang di sekitaran pelabuhan tersebut. Lantas penyerangan fatahillah ke sunda kelapa bertujuan untuk apa?

penyerangan fatahillah kesunda kelapa bertujuan
Kemenangan Fatahillah

Kerajaan Sunda yang berhubungan baik dengan Portugis ini dianggap sebagai ancaman untuk kerajaan Demak. Hal ini dikarenakan sudah sejak tahun 1511, Demak berseteru dengan Portugis ketika Malaka berhasil ditaklukkan oleh Portugis. Dikala itu Pati Unus diutus oleh Raden Fattah untuk menyerang Portugis pada tahun 1512 meskipun gagal dan ditahun berikutnya juga gagal. Penyerangan ini disebabkan karena adanya monopoli perdagangan yang diterapkan oleh Portugis. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang penyerangan fatahillah ke sunda kelapa bertujuan untuk apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Penyerangan Fatahillah ke Sunda Kelapa Bertujuan

Pada tanggal 22 Juni 1527, pasukan gabungan Demak – Cirebon berhasil merebut Sunda Kelapa dengan pimpinan Fatahillah. Fatahillah setelah itu dijadikan sebagai Gubernur Sunda Kelapa. Kemudian Sunda Kelapa diubah namanya menjadi Jayakarta.

Lantas penyerangan fatahillah ke sunda kelapa bertujuan untuk apa? Fatahillah kemudian menikah dengan Ratu Ayu puteri dari Sunan Gunung Jati setelah terjadinya kemenangan tersebut. Fatahillah pun kemudian menciptakan sifat perdagangan dan perekonomian yang memiliki unsur Islam atau Syariah Islamiah.

Baca Juga  Banyak Sisi Pada Bangun Limas Segi Empat Adalah

Fatahillah juga berusaha untuk menegakkan Islam, baik dalam melakukan diplomasi dengan raja Islam maupun usahanya dalam pemerintahan agar dirinya dianggap sebagai negarawan mahir dan seorang ulama. Bahkan Fatahillah menjadi salah satu Wali Songo (Wali Sembilan) karena kesungguhannya dalam mengamalkan agama Islam dan ketekunannya memperjuangkan Islam. Setelah mengetahui alasan Fatahillah menyerang Sunda Kelapa tersebut, coba kerjakan soal berikut:

Penyerangan Fatahillah ke Sunda Kelapa bertujuan . . .
A. Menyebarkan pengaruh Islam
B. Menghalangi kerja sama Pajajaran dengan Belanda
C. Meperluas kekuasaan wilayah
D. Menghalangi kerja sama bangsa Portugis dengan Pajajaran
E. Menghalangi kerja sama Pajajaran dengan Inggris

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan D. Menghalangi kerja sama bangsa Portugis dengan Pajajaran.

Seperti yang kita tahu bahwa penyerangan fatahillah ke sunda kelapa bertujuan untuk menghalangi kerja sama bangsa Portugis dengan Pajajaran. Kemudian Fatahillah juga menyebarkan agama Islam setelah berhasil menduduki Sunda Kelapa yang diubah namanya menjadi Jayakarta. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.