Cara Menghitung Luas Bangun Datar Segi Banyak Beserta Contoh Soal

Diposting pada

Cara Menghitung Luas Bangun Datar Segi Banyak Beserta Contoh Soal – Bangun datar merupakan sebutan untuk bangun dua dimensi seperti belah ketupat, trapesium, segitiga, persegi, lingkaran, persegi panjang, layang layang, dan jajar genjang. Materi bangun datar ini dapat memuat materi bangun datar segi banyak dan materi gabungan bangun datar. Kedua hal ini memiliki cara pengerjaan yang berbeda beda. Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal luas bangun datar segi banyak itu? Bagaimana cara menghitung bangun datar segi banyak? Cara menghitung luas segi banyak dapat dilakukan dengan mudah menggunakan rumus luas segi banyak. Rumus luas bangun datar segi banyak tersebut menggunakan rumus bangun datar pada umumnya.

Apakah anda tahu bagaimana cara menghitung luas bangun datar segi banyak itu? Contoh soal luas bangun datar segi banyak ini dapat menjadi bahan pembelajaran untuk menghadapi ujian. Hal ini dikarenakan materi bangun datar segi banyak digunakan sebagai salah satu bahan ujian Sekolah dan Ujian Nasional yang diujikan. Sebelum mempelajari tentang cara menghitung luas segi banyak tentunya anda harus memahami tentang cara mencari luas bangun datar pada setiap bentuknya. Luas segi banyak yang dimaksud disini ialah luas bangun datar yang harus ditentukan, sehingga bentuknya tidak lagi lingkaran, segitiga ataupun segi empat. 

Bangun datar segi banyak ini bentuknya lingkaran di salah satu bagiannya maupun memiliki empat sudut atau lebih. Untuk itulah bangun datar ini dinamakan dengan bangun datar segi banyak. Cara menghitung luas segi banyak yang paling mudah dan sederhana ialah dengan memecah atau membagi bangun segi banyak tersebut menjadi beberapa bagian yang bentuknya lingkaran, segitiga ataupun segi empat. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menghitung luas bangun datar segi banyak beserta contoh soal luas bangun datar segi banyak. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Menghitung Luas Bangun Datar Segi Banyak Beserta Contoh Soal

Seperti yang telah kita ketahui bahwa bangun datar secara umum dapat berbentuk lingkaran, segitiga maupun segi empat. Lingkaran yang dimaksud mengacau pada bentuk yang memiliki ukuran seperdelapan lingkaran, seperempat lingkaran maupun seper berapapun sesuai dengan luas bangun yang akan dicari. Kemudian untuk bentuk segititiga tersebut dapat berupa segitiga sembarang, segitiga sama sisi, segitiga siku siku dan segitiga sama kaki. Sedangkan untuk bentuk segi empat dapat berupa bangun persegi panjang, jajar genjang, trapesium, persegi, layang layang dan belah ketupat. 

Baca juga : Cara Mencari Nilai Kelipatan Suatu Bilangan Beserta Contoh Soal

Pengertian segi banyak ialah dua bangun datar atau lebih yang secara sederhana digabungkan hingga membentuk satu bangun. Cara menghitung luas segi banyak ini dapat dilakukan dengan cara mencari luas bangun bangun penyusunnya dan hasil luas tadi saling dijumlahkan. Rumus luas bangun datar segi banyak pada umumnya berasal dari rumus luas masing masing bangun datar secara umum. Dengan begitu anda harus memahami masing masing rumus bangun datar yang tersedia. Maka dari itu cara menghitung luas bangun datar segi banyak dapat dilakukan dengan menjumlahkan luas dari bangun datar yang menyusunnya.

Selain cara menghitung luas segi banyak tersebut, adapula cara menghitung keliling bangun datar segi banyak. Cara menghitung keliling segi banyak dapat dilakukan dengan menjumlahkan sisi sisi yang terdapat di bagian luar bangun tersebut. Untuk itu kita tidak perlu menghitung sisi sisi yang saling berhimpitan pada segi banyak ini. Di bawah ini terdapat penjelasan cara menghitung segi banyak dan contoh soal luas bangun datar segi banyak yaitu sebagai berikut:

Langkah Langkah Menghitung Luas Segi Banyak

Luas bangun segi banyak sebenarnya sudah sering dibahas ketika berada di bangku sekolah menengah. Memang tidak ada rumus pasti untuk menghitungnya karena setiap bentuk memiliki rumus berbeda. Masalahnya, tak semua siswa mampu menghafal rumus luas bangun datar segi banyak tersebut. Maka dari itu, sebelum saya memberikan contoh soal alangkah baiknya kita belajar terlebih dulu langkah-langkah menghitung.

Cara menghitung luas bangun datar segi banyak memang cukup mudah yaitu dengan menggunakan rumus luas bangun datar segi banyak yang tersedia. Rumus luas segi banyak ini berasal dari rumus bangun datar yang menyusunnya. Untuk menghitung luas bangun segi banyak dapat dilakukan dengan beberapa langkah seperti di bawah ini:

  • Langkah pertama yaitu mengetahui bangun datar pembentuk segi banyak terlebih dahulu. Dengan mengetahui bangun datar apa saja yang tersedia, maka kita dapat mengetahui rumus luas bangun yang akan digunakan.
  • Selanjutnya memisahkan bangun datar menjadi bagian bagian tersendiri yang telah membentuk bangun segi banyak tersebut. Untuk itu luas setiap bangun datarnya dapar dicari dengan mudah.
  • Kemudian unsur setiap bangun datarnya dicari ukurannya, baik lebar, alas, panjang, tinggi sisi dan lain lain.
  • Langkah berikutnya yaitu setiap bangun datar dicari luasnya dan langkah terakhir mengurangi ataupun menjumlahkan luas luas tersebut sesuai dengan soalnya.

Baca juga : Contoh Soal Translasi (Pergeseran) Beserta Pembahasannya

Contoh Soal Bangun Segi Banyak

Setelah mengetahui cara menghitung luas segi banyak di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal terkait materi bangun datar segi banyak tersebut. Berikut contoh soal luas bangun datar segi banyak yaitu sebagai berikut:

1. Perhatikan gambar di bawah ini!

Cara Menghitung Luas Bangun Datar Segi Banyak Beserta Contoh Soal

Hitunglah luas bangun di atas?

Pembahasan.
Cara menghitung luas bangun datar segi banyak tersebut dapat dilakukan dengan memisahkan setiap bangun penyusunnya. Kita dapat memberikan tanda pada setiap bangun seperti di bawah ini:

Cara Menghitung Luas Bangun Datar Segi Banyak Beserta Contoh Soal

Luas bangun 1 = 10 x 6 = 60 cm² (6 berasal dari 4 + 2)
Luas bangun 2 = 5 x 6 = 30 cm² (6 berasal dari 12 – 6)
Luas bangun 3 = 4 x 2 = 8 cm²
Luas segi banyak = Luas 1 + Luas 2 + Luas 3
                                = 60 cm² + 30 cm² + 8 cm²
                                = 98 cm²
Jadi luas bangun tersebut ialah 98 cm².

2. Perhatikan bangun di bawah ini!

Cara Menghitung Luas Bangun Datar Segi Banyak Beserta Contoh Soal

Tentukan luas dan keliling bangun tersebut?

Pembahasan.
Contoh soal luas bangun datar segi banyak ini terdiri dari bangun segitiga dan persegi panjang. Adapun cara menghitung luas segi banyak tersebut yaitu:
Luas segitiga = 1/2 x a x t
                         = 1/2 x 24 x 16
                         = 192 cm²
Luas persegi panjang = p x l 
                                        = 24 x 12
                                        = 288 cm²
Luas segi banyak = Luas segitiga + Luas persegi panjang
                                 = 192 cm² + 288 cm²
                                 = 480 cm²

Untuk menghitung keliling bangun datar segi banyak dapat dilakukan dengan mencari sisi miring segitiga tersebut. Adapun caranya yaitu:
sisi miring² = 12² + 16²
                      = 144 + 256
                      = 400
  sisi miring = √400
                       = 20 cm
Keliling segi banyak = 24 + 12 + 20 + 20 + 12
                                      = 88 cm
Jadi luas dan keliling bangun tersebut ialah 480 cm² dan 88 cm.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghitung luas bangun datar segi banyak beserta contoh soal luas bangun datar segi banyak. Pengertian bangun datar segi banyak ialah dua bangun datar atau lebih yang secara sederhana digabungkan hingga membentuk satu bangun. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi bangun datar segi banyak di atas.

Baca Juga  Contoh Soal Kerucut Beserta Jawaban dan Pembahasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.