Tujuan Utama Pendirian VOC Adalah

Diposting pada

Tujuan Utama Pendirian VOC Adalah – Seperti yang kita tahu bahwa bangsa Eropa terutama Belanda pada awalnya memiliki tujuan utama yaitu melakukan jual beli ketika sedang melaksanakan perjalanan ke Asia termasuk Nusantara. Setelah itu misi dagang Belanda berkembang yaitu dengan membuat pemukiman atau kolonisasi di Nusantara agar lebih mudah perdagangannya. Perdagangan rempah rempah Nusantara pada awal abad ke 16 memang didominasi oleh Spanyol dan Portugis. Tetapi perdagangan ini tidak efisien karena tidak bisa mensuplai permintaan yang meningkat terus (khususnya lada) sampai meroket harganya.

Di kala itu pihak Spanyol dan Portugis dalam kondisi berperang dengan Belanda sehingga pihak Belanda mengalami kekhawatiran tertentu. Karena beberapa faktor, Belanda terdorong untuk masuk ke Nusantara agar dapat melakukan perdagangan rempah rempah. Lantas tujuan utama pendirian voc adalah apa saja? Cornelis de Houtman dan Jan Huyghen Van Linschoten menemukan jalur rahasia perjalanan Portugis menuju Banten pada tahun 1595 – 1597 yang dijadikan sebagai pelabuhan utama di Jawa.

Tujuan Utama Pendirian VOC Adalah
Tujuan Pendirian VOC

Cornelis de Houtman memimpin ekspedisi untuk menuju Banten, tetapi mereka terlibat dalam perseteruan penduduk lokal dengan Portugis. Perseteruan ini mengakibatkan beberapa awak kapalnya hilang. Akhirnya Belanda mendirikan VOC atau Veredigne Oost-Indische Compagnie secara resmi sebagai Perserikatan Dagang Hindia Timur di Amsterdam. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang tujuan utama pendirian voc adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tujuan Utama Pendirian VOC Adalah

Belanda kembali ke Nusantara pada tahun 1602 dan mendirikan kongsi dagang agar dapat bersaing dengan beberapa negara lain seperti Perancis, Portugis, Inggris, dan Spanyol. Kongsi dagang ini bertempat di Batavia. Pihak Belanda ingin mempertahankan monopoli dagang dengan cara menggunakan pemerasan, pembunuhan, dan kekerasan terhadap penduduk lokal. Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang hak hak VOC.

Baca Juga  Bhinneka Tunggal Ika Mengandung Pengertian Bahwa

VOC mendapatkan izin di Banten pada tahun 1603 agar dapat mendirikan kantor perwakilan. Setelah itu Pieter Both dijadikan sebagai Gubernur Jenderal VOC yang pertama pada tahun 1610. Pieter Both memilih Jayakarta (Jakarta) untuk dijadikan sebagai kantor administrasi VOC. Lalu tujuan utama pendirian voc adalah apa saja?

Di kala itu Frederik de Houtman menjabat sebagai Gubernur Jenderal di Ambon yang dipilih oleh VOC pada tahun 1605 – 1611. VOC tersebut dipimpin oleh dewan yang anggotanya 17 orang dengan nama “Dewan Tujuh Belas”. Setelah mengetahui apa itu VOC tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Tujuan utama pendirian VOC adalah . . .
A. Membantu pemerintah Belanda untuk menjual hasil industri
B. Berusaha mengisi kekosongan kas Belanda
C. Mempererat hubungan antar pedagang Belanda
D. Menyeragamkan komoditi dagang di Hindia Belanda
E. Menimbulkan bencana untuk musuh dan berguna dalam keamanan tanah air.

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Berusaha mengisi kekosongan kas Belanda.

Dari jawaban di atas dapat kita simpulkan bahwa tujuan utama pendirian voc adalah berusaha mengisi kekosongan kas Belanda. Hal ini dikarenakan Belanda membentuk serikat dagang yang bertugas untuk menghasilkan banyak uang agar kas negara bertambah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.