Ciri Kehidupan Manusia Praaksara Masa Paleolitikum Ditunjukkan Pada Nomor

Diposting pada

Ciri Kehidupan Manusia Praaksara Masa Paleolitikum Ditunjukkan Pada Nomor – Periodesasi zaman prasejarah menurut artefak yang ditinggalkan dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu zaman Paleolitikum, Neolitikum, Perunggu, Mesolitikum, dan Megalithikum. Salah satu zaman praaksara yang akan saya bahas ini berkaitan dengan masa Paleolitikum. Di zaman ini terdapat kehidupan masyarakat yang berorientasi pada meramu dan berburu makanan di tingkat awal.

Materi ini juga berhubungan dengan pertanyaan yang sering muncul seperti ciri kehidupan manusia praaksara masa paleolitikum ditunjukkan pada nomor berapa. Menurut perkiraan, zaman Paleolitikum sudah ada sejak 600.000 tahun lalu. Zaman Paleolitikum tersebut disebut juga dengan Zaman Batu Tua. Pada periode ini biasanya manusia purba menggunakan alat yang berasal dari batu kasar yang belum dihaluskan seperti chopper atau kapak genggam. Kapak tersebut digunakan untuk membunuh binatang buruan dan memotong kayu.

Ciri Kehidupan Manusia Praaksara Masa Paleolitikum Ditunjukkan Pada Nomor
Zaman Paleolitikum

Pada zaman Paleolitikum tersebut terdapat kehidupan masyarakat yang sangat sederhana. Manusia purba dikala itu masih bergantung pada kondisi alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kehidupan mereka sehari hari dapat dipenuhi dengan cara mengumpulkan bahan makanan dari alam ataupun berburu, dimana dapat disebut juga dengan cara food gathering. Nah pada pembahasan kali ini saya akan menjawab salah satu pertanyaan seperti ciri kehidupan manusia praaksara masa paleolitikum ditunjukkan pada nomor berapa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Ciri Kehidupan Manusia Praaksara Masa Paleolitikum Ditunjukkan Pada Nomor

Pada dasarnya kehidupan pada zaman Paleolitikum tersebut berpindah pindah menuju tempat yang masih subur jika tempat sebelumnya sudah habis bahan makanannya. Selain itu adapula ciri ciri zaman Paleolitikum yang perlu anda tahu yaitu diantaranya:

  1. Menggunakan alat yang berasal dari batu yang masih kasar.
  2. Kehidupan manusia purbanya masih nomaden atau mengembara.
  3. Kehidupan manusia purba dikala itu dilakukan dengan cara meramu dan berburu.
  4. Manusianya hidup di kelompok yang kecil.
  5. Pada masa ini ditemukan kebudayaan Pacitan dan kebudayaan Ngandong.
Baca Juga  Perumusan Teks Proklamasi Dilakukan di Rumah Seorang Perwira Jepang Bernama

Dari sini tentunya anda sudah mengetahui jawaban dari pertanyaan ciri kehidupan manusia praaksara masa paleolitikum ditunjukkan pada nomor berapa. Sebenarnya peninggalan zaman praaksara tersebut cukup banyak, salah satunya adalah peninggalan zaman Paleolitikum tersebut. Secara umum zaman Paleolitikum menghasilkan kebudayaan Ngandong dan kebudayaan Pacitan. Hal ini dikarenakan dua wilayah tersebut banyak ditemukan peninggalan peninggalan pada masa tersebut.

Setelah mengetahui bagaimana kehidupan zaman Paleolitikum tersebut, coba kerjakan salah satu soal di bawah ini:

Perhatikan informasi di bawah ini:
1. Menghasilkan sampah dapur.
2. Menemukan cara pembuatan api.
3. Manusia purba jenis Meganthropus.
4. Benda hasil kebudayaannya dinamakan dengan kebudayaan Ngandong.
5. Benda hasil kebudayaannya berupa alat bantu yang masih kasar.
Ciri kehidupan manusia praaksara masa Paleolitikum ditunjukkan pada nomor . . .

A. 3, 4, dan 5
B. 2, 4, dan 5
C. 1, 2, dan 3
D. 1, 3, dan 4
E. 2, 3, dan 4

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. 3, 4, dan 5.

Dari jawaban di atas dapat disimpulkan bahwa ciri kehidupan manusia praaksara masa paleolitikum ditunjukkan pada nomor 3, 4, dan 5. Maka dari itu zaman Paleolitikum memiliki beberapa ciri ciri seperti manusia purbanya berjenis Meganthropus, benda hasil kebudayaannya dinamakan dengan kebudayaan Ngandong, dan benda hasil kebudayaannya berupa alat bantu yang masih kasar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.