Jelaskan Latar Belakang Berdirinya APEC

Diposting pada

Jelaskan Latar Belakang Berdirinya APEC – Apa itu APEC? Pengertian APEC (Asia Pasific Economic Cooperation) adalah suatu forum Internasional yang memiliki anggota negara di lingkar Samudra Pasifik sebagai wadah kerja sama negara tersebut dalam bidang bisnis dan ekonomi. Keberadaan organisasi APEC ini dapat mendukung beberapa negara di Asia Pasifik untuk maju, terutama dalam bidang ekonomi serta dapat menggabungkan integrasi antar negara anggota.

Lantas coba jelaskan latar belakang berdirinya APEC itu? Seperti yang kita tahu bahwa APEC lahir karena adanya pertemuan multilateral para pemimpin tahun 1989 di Canberra, Australia. Perdana Menteri Australia Bob Hawke di kala itu mengutarakan gagasannya untuk membentuk suatu forum tertentu yang dinamakan dengan organisasi APEC.

jelaskan latar belakang berdirinya apec
Berdirinya APEC

Di kala itu para pemimpin melaksanakan perundingan dan sepakat untuk mendeklarasikan terbentuknya Asia Pacific Economic Cooperation atau APEC. Berdirinya APEC dilatar belakangi oleh adanya misi tertentu untuk membuat kawasan perdagangan bebas yang terdapat di wilayah Asia Pasifik. Berdirinya APEC ini memiliki misi awal untuk mengurangi hambatan dalam pelaksanaan investigasi global. Nah kali ini saya akan membahas tentang pertanyaan jelaskan latar belakang berdirinya APEC tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Jelaskan Latar Belakang Berdirinya APEC

Seperti yang kita tahu bahwa faktor pendorong terbentuknya APEC di kala itu adalah rasa khawatir akan adanya kegagalan dalam perundingan putaran Uruguay dan perubahan ekonomi serta politik secara besar besaran di wilayah Eropa Timur maupun Uni Soviet. Para anggota APEC melakukan pertemuan pertama kali di Blake Island, Seattle, Amerika Serikat untuk menggagas visi dari peran APEC dalam memajukan perekonomian dunia.

Lalu coba jelaskan latar belakang berdirinya APEC itu? Pada dasarnya organisasi APEC memiliki jumlah anggota sebanyak 21 negara secara resmi. Adapun beberapa negara yang tergabung dalam anggota APEC yaitu diantaranya:

Baca Juga  Tangga Nada Diatonik Terdiri Dari
  1. Brunei Darussalam
  2. China
  3. Hong Kong
  4. Meksiko
  5. Australia
  6. Chile
  7. Indonesia
  8. Kanada
  9. Rusia
  10. Thailand
  11. Peru
  12. Papua Nugini
  13. Jepang
  14. Selandia Baru
  15. Malaysia
  16. Filipina
  17. Vietnam
  18. Taiwan
  19. Amerika Serikat
  20. Singapura
  21. Korea Selatan

Setelah memahami apa itu APEC, tujuan APEC dan anggota APEC tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Jelaskan latar belakang berdirinya APEC?

Jawaban.
Berdirinya APEC dilatarbelakangi oleh kesuksesan ASEAN pada tahun 1980-an . ASEAN sukses untuk mendorong Perdana Menteri Australia Bob Hawke agar dapat memperluas kerja sama. Kemudian kebangkitan ekonomi di kawasan Asia Pasifik membuat negara di luar Eropa dituntut untuk membentuk adanya blok perdagangan.

Dari sini tentunya kita tahu jawaban dari pertanyaan jelaskan latar belakang berdirinya APEC. Kemudian adapula tujuan utama APEC adalah meningkatkan kesejahteraan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Asia Pasifik. Tujuan tersebut dapat diwujudkan dengan cara memfasilitasi dan mendorong perdagangan atau investasi yang lebih terbuka maupun bebas. Serta meningkatkan kerja sama antar anggota untuk mengembangkan kapasitas ekonominya.