Perumusan Teks Proklamasi Dilakukan di Rumah Seorang Perwira Jepang Bernama

Diposting pada

Perumusan Teks Proklamasi Dilakukan di Rumah Seorang Perwira Jepang Bernama – Seperti yang kita tahu bahwa perumusan teks Proklamasi terjadi di rumah Laksamana Maeda. Di kala itu Jepang memberikan sikap dukungan terhadap kemerdekaan Indonesia yang ditunjukkan oleh angkatan lautnya. Di kala itu juga terjadi pembagian wilayah Indonesia menjadi dua kekuasaan. Angkatan darat Jepang menguasai wilayah Kalimantan, Jawa, Bali, dan Sumatera. Sedangkan angkatan laut Jepang menguasai wilayah Indonesia Timur dan Sulawesi, dimana letak kantor perwakilannya di Jakarta.

Di kala itu Laksamana Maeda dijadikan sebagai perwira yang menghubungkan angkatan darat dengan angkatan laut (Jepang). Laksamana Maeda juga mendukung usaha Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Sejarah perumusan Teks Proklamasi tersebut dapat anda pelajari pada artikel sebelumnya. Dari sini tentunya anda sudah tahu bahwa perumusan teks proklamasi dilakukan di rumah seorang perwira jepang bernama siapa. Bahkan Laksamana Maeda juga mempunyai hubungan baik dengan Ahmad Soebardjo yaitu anggota PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia ) dan BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan).

perumusan teks proklamasi dilakukan di rumah seorang perwira jepang bernama
Rumah Laksamana Maeda

Hubungan Maeda dengan Ahmad Soebardjo yang cukup dekat ini mengakibatkan peristiwa Rengasdengklok dimana Soekarno dan Hatta dikala itu dibawa menuju kediaman perwira Jepang tersebut. Ahmad Soebardjo menganggap rumah Laksamana Maeda cukup aman untuk melakukan percepatan proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan segera. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang perumusan teks proklamasi dilakukan di rumah seorang perwira jepang bernama siapa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Perumusan Teks Proklamasi Dilakukan di Rumah Seorang Perwira Jepang Bernama

Rumah Laksamana Maeda sekarang ini dijadikan sebagai Museum Naskah Proklamasi untuk mengingatkan generasi muda akan sejarah bangsa Indonesia menggapai kemerdekaan agar terlepas dari belenggu penjajah. Para tokoh pendiri bangsa di kala itu melakukan perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Tetapi Laksamana Maeda menyingkir dari ruangan tersebut dan menuju lantai dua rumahnya.

Baca Juga  Kegiatan Konsumsi Dapat Dilakukan Oleh Tiga Pihak Antara Lain

Laksamana Maeda juga mempersilahkan Soekarno, Mohammad Hatta, dan tokoh tokoh lainnya untuk menggelar rapat persiapan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Pada akhirnya naskah teks proklamasi Indonesia ini disepakati dalam pertemuan di rumah Laksamana Maeda. Kemudian keesokan harinya pada tanggal 17 Agustus 1945, naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan. Dari sejarah ini tentunya kita tahu bahwa perumusan teks proklamasi dilakukan di rumah seorang perwira jepang bernama siapa.

Berdasarkan sejarah yang ada, perumusan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terjadi di rumah Laksamana Maeda. Kemudian pembacaan isi teks Proklamasi Kemerdekaan tersebut berlangsung didepan teras rumah Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00. Setelah mengetahui sedikit sejarah proklamasi kemerdekaan tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Perumusan Teks Proklamasi dilakukan di rumah seorang perwira Jepang bernama . . .
A. Nishimura
B. Laksamana Terauchi
C. Tadashi Maeda
D. Imamura

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilhan C. Tadashi Maeda.

Seperti yang kita tahu bahwa Soekarno – Hatta dibawa kembali ke Jakarta dengan selamat untuk menyusun naskah Proklamasi. Penyusunan tersebut dilakukan di rumah Laksamana Tadashi Maeda agar lebih aman. Laksamana Maeda merupakan perwira Militer Angkatan Laut Jepang yang memiliki hubungan baik dengan Ahmad Soebardjo. Tadashi Maeda bersimpati dan mendukung perjuangan Indonesia untuk meraih kemerdekaannya.

Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa perumusan teks proklamasi dilakukan di rumah seorang perwira jepang bernama Laksamana Tadashi Maeda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.