Salah Satu Latar Belakang Berdirinya Gerakan Non Blok Adalah

Diposting pada

Salah Satu Latar Belakang Berdirinya Gerakan Non Blok Adalah – Seperti yang kita tahu bahwa gerakan non blok adalah sekumpulan negara yang memiliki sikap tidak memihak kelompok manapun. Gerakan Non Blok atau GNB merupakan organisasi Internasional yang beranggotakan 100 negara dan mengganggap dirinya tidak memiliki aliansi dengan kekuatan besar manapun. GNB pada awalnya termasuk dalam himpunan negara berkembang atau negara yang baru merdeka, dimana tidak memihak blok manapun diera perang dingin di kala itu.

Perdana Menteri India, Nehru pertama kali memperkenalkan kata “non blok” dalam pidatonya di Colombo Sri Lanka tahun 1954. Nehru berpidato tentang lima pilar yang berguna untuk pedoman membentuk relasi Sino India bernama Panchsheel atau lima pengendali. Kemudian prinsip ini berguna untuk basis Gerakan Non Blok (GNB). Lalu salah satu latar belakang berdirinya gerakan non blok adalah apa?

Salah Satu Latar Belakang Berdirinya Gerakan Non Blok Adalah
Gerakan Non Blok

Pada umumnya Nehru membagikan lima prinsip yang dianutnya seperti perjanjian non agresi, keuntungan dan kesetaraan bersama, menjaga perdamaian, tidak mengintervensi urusan dalam negeri di negara lain, serta saling menghormati kedaulatan dan integritas teritorial. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang salah satu latar belakang berdirinya gerakan non blok adalah apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Salah Satu Latar Belakang Berdirinya Gerakan Non Blok Adalah

Terjadinya gerakan Non Blok berlangsung dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955 di Bandung. Berlangsungnya KAA ini terjadi tanggal 18 – 24 April 1955 dan dihadiri oleh 29 pemerintah serta kepala negara di Benua Afrika dan Asia yang baru merdeka. KAA bertujuan untuk mendalami dan mengidentifikasi masalah di kala itu serta merumuskan kebijakan bersama antar negara baru di dunia Internasional.

Kemudian konferensi tersebut bersepakat tentang adanya “Dasasila Bandung” yang dirumuskan untuk menjadi prinsip dasar menyelenggarakan kerja sama dan hubungan antar bangsa. Proses pendirian GNB di kala itu semakin nyata dan banyak tokoh yang berperan penting dalam prosesnya. Tokoh yang dimaksud adalah Presiden Ghana Kwame Nkrumah, Presiden Indonesia Soekarno, Presiden Mesir Gamal Abdel Nasser, Presiden Yugoslavia Josip Broz Tito, dan Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru. Lantas salah satu latar belakang berdirinya gerakan non blok adalah apa?

Baca Juga  Lagu yang Bertempo Cepat Biasanya Bersifat

Tokoh tokoh yang berperan dalam GNB tersebut merupakan pendiri Gerakan Non Blok tersebut. Berdirinya GNB tersebut ketika Konferensi Tingkat Tinggi I (KTT I) diselenggarakan pada tanggal 1 – 6 September 1961 di Beograd, Yugoslavia. Tujuan gerakan non blok dari dalam adalah meningkatkan kehidupan masyarakat di negara anggotanya, baik dalam bidang sosial, politik, dan ekonomi. Sedangkan tujuan GNB dari luar adalah meredakan ketegangan dunia karena pertentangan antara Uni Soviet dan Amerika Serikat hingga memperoleh perdamaian dunia. Setelah memahami bagaimana berdirinya gerakan non blok tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Salah satu latar belakang berdirinya gerakan non blok adalah . . .
A. Keinginan untuk menjadi kekuatan dunia
B. Adanya gerakan zionisme
C. Keinginan menghimpun kekuatan yang besar
D. Terjadinya konflik atau pertentangan antara Blok Barat dan Blok Timur
E. Keinginan menyaingi kekuatan Blok Barat dan Blok Timur

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan D. Terjadinya konflik atau pertentangan antara Blok Barat dan Blok Timur.

Seperti yang kita tahu bahwa salah satu latar belakang berdirinya gerakan non blok adalah terjadinya konflik atau pertentangan antara Blok Barat dan Blok Timur. Hal ini dikarenakan para pemimpin negara negara dunia ketiga seperti Afrika dan Asia mulai khawatir akan muncul ketegangan di masa Perang Dingin yang terjadi antara Blok Barat dan Blok Timur.