Tujuan Jepang Membentuk Organisasi PUTERA Adalah

Diposting pada

Tujuan Jepang Membentuk Organisasi PUTERA Adalah – Jepang pada awal kedatangannya menjelaskan bahwa Jepang akan memenangkan peperangan melawan Sekutu. Maka dari itu Jepang memberikan janji kepada bangsa Indonesia untuk membebaskannya dari penjajahan Belanda. Pada akhirnya Jepang membentuk beberapa organisasi yang bertempat di Indonesia. Salah satunya adalah organisasi Pusat Tenaga Rakyat atau PUTERA. Tujuan organisasi Putera dibentuk adalah menggerakkan rakyat agar dapat membantu Jepang dalam bidang militernya.

Perjuangan yang dilakukan pada saat itu ternyata bertentangan dengan harapan Jepang. Pada akhirnya organisasi Putera menjadi alat untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Lantas tujuan Jepang membentuk organisasi PUTERA adalah apa? Para pejuang dikala itu berupaya untuk membangkitkan semangat semua rakyat Indonesia melalui Putera. Selain Putera, masih ada pembentukan beberapa organisasi pergerakan Nasional pada masa pendudukan Jepang.

Tujuan Jepang Membentuk Organisasi PUTERA Adalah
Organisasi PUTERA

Organisasi Putera pertama kali didirikan pada tanggal 9 Maret 1943 dengan pimpinan Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan K. H. Mas Mansyur. Keempat tokoh tersebut terkenal dengan nama “Empat Serangkai”. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tujuan Jepang membentuk organisasi PUTERA adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tujuan Jepang Membentuk Organisasi PUTERA Adalah

Seperti yang kita tahu bahwa pada masa pendudukan Jepang terdapat beberapa organisasi yang dibentuk dengan tujuan tertentu. Seperti halnya organisasi Putera ini yang memiliki tujuan tertentu dalam proses pembentukannya. Tujuan organisasi Putera sendiri adalah:

  1. Menggerakkan tenaga rakyat supaya dapat membantu aksi militer Jepang.
  2. Menghimpun kekuatan rakyat kembali setelah sebelumnya dihancurkan oleh Belanda sehingga rakyat Indonesia bisa membantu Jepang dalam Perang Dunia II atau perang Asia Pasifik.
  3. Membujuk kaum intelektual dan Nasionalis supaya menyumbangkan pikiran dan tenaganya pada pemerintah Jepang.
Baca Juga  Banyak Sisi Pada Bangun Limas Segi Empat Adalah

Dari penjelasan di atas tentunya anda sudah paham mengenai tujuan Jepang membentuk organisasi PUTERA adalah apa saja. Pada awalnya Jepang mendirikan organisasi Putera bertujuan untuk menarik simpati masyarakat Indonesia. Tetapi Putera malah berguna untuk memelihara perjuangan para pemimpin Indonesia dalam proses memerdekakan bangsa Indonesia. Dengan kata lain organisasi Putera menjadi kedok supaya Jepang tidak dapat mengekang aktivitas kaum Nasionalis Indonesia.

Namun pada tahun 1944, Jepang membubarkan organisasi Puetra karena melihat perkembangan organisasi ini yang berdampak banyak pada semangat kebangsaaan pemuda Indonesia. Dengan kata lain dampak positif yang diberikan oleh organisasi Putera lebih banyak kepada bangsa Indonesia dibandingkan Jepang. Setelah memahami apa itu organisasi Putera, coba kerjakan soal berikut ini:

Tujuan Jepang membentuk organisasi PUTERA adalah . . .
A. Mendidik para pemuda Indonesia
B. Mengajarkan para pemuda tentang kemiliteran
C. Membujuk golongan intelektual dan sekuler untuk membantu dalam perang menghadapi Sekutu
D. Menyejahterakan rakyat jajahan
E. Mengembangkan kesadaran politik para pemuda

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Membujuk golongan intelektual dan sekuler untuk membantu dalam perang menghadapi Sekutu.

Berdasarkan jawaban di atas dapat kita simpulkan bahwa salah satu tujuan Jepang membentuk organisasi PUTERA adalah membujuk golongan intelektual dan sekuler untuk membantu dalam perang menghadapi Sekutu. Pengertian organisasi PUTERA (Pusat Tenaga Rakyat) adalah organisasi yang dibentuk oleh Jepang dengan pimpinan Ir. Soekarno, M. Hatta, Ki Hajar Dewantoro, dan K.H. Mas Mansyur atau disebut dengan “Empat Serangkai”. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.