Hukum Bejana Berhubungan Tidak Berlaku Jika

Diposting pada

Hukum Bejana Berhubungan Tidak Berlaku Jika – Apakah anda pernah melihat dua bejana atau lebih memiliki bagian dasar yang saling berhubungan? Bejana yang dimaksud adalah bejana berhubungan. Apa itu bejana berhubungan? Pengertian bejana berhubungan adalah beberapa bejana yang saling dihubungkan bagian bawahnya serta dibiarkan terbuka bagian atasnya. Bejana berhubungan tersebut memiliki hukum tertentu di dalamnya.

Hukum bejana berhubungan memiliki bunyi yaitu “Jika dalam bejana terdapat zat cair sejenis dan kondisinya diam, maka letak permukaan zat cair tersebut akan selalu di satu bidang datar”. Lantas hukum bejana berhubungan tidak berlaku jika apa? Bejana berhubungan digunakan dalam kehidupan sehari hari seperti pada sistem pengairan PAM, pipa berbentuk U, waterpass, air mancur, maupun teko air (ceret).

hukum bejana berhubungan tidak berlaku jika
Contoh Bejana Berhubungan

Seperti yang kita tahu bahwa bejana berhubungan dalam Fisika merupakan beberapa bejana dengan bagian bawah saling berhubungan, tetapi dibiarkan terbuka untuk bagian atasnya. Hukum bejana berhubungan ini pernah diajarkan ketika di bangku sekolah. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang hukum bejana berhubungan tidak berlaku jika apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Hukum Bejana Berhubungan Tidak Berlaku Jika

Seperti yang kita tahu bahwa tidak berlakunya hukum bejana berhubungan disebabkan karena bejana tersebut diisi dengan zat cair yang berbeda beda, namun memenuhi hukum hidrostatika yang berlaku. Isi bejana berhubungan sendiri berbentuk cairan homogen yang saling berhubungan. Kemudian permukaan cairan tersebut memiliki tinggi yang sama tanpa dipengaruhi oleh volume dan ukuran setiap bejana.

Jika dalam bejana berhubungan ditambahkan cairan pada salah satu bejana, maka setiap bejana akan memiliki tinggi permukaan yang berubah dan kembali sama tinggi. Dari penjelasan ini tentunya anda sudah memahami bahwa hukum bejana berhubungan tidak berlaku jika apa.

Baca Juga  Faktorisasi Prima Dari 48 Adalah

Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa dalam bejana berhubungan terdapat air yang bentuknya selalu permukaan dasar. Hal ini terjadi sesuai dengan berlakunya hukum bejana berhubungan tersebut. Setelah memahami konsep bejana berhubungan di atas, coba kerjakan salah satu soal di bawah ini:

Hukum bejana berhubungan tidak berlaku jika . . .
A. Jumlah bejana lebih dari dua
B. Dalam bejana terdapat pipa kapiler
C. Bentuk bejana berbeda
D. Luas penampang bejana tidak sama

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Dalam bejana terdapat pipa kapiler.

Seperti yang kita tahu bahwa prinsip hukum bejana berhubungan tidak berlaku jika:

  1. Bentuk salah satu kaki bejana berhubungan adalah pipa kapiler.
  2. Masing masing permukaan tabung bejana berhubungan memiliki tekanan yang tidak sama.
  3. Bejana berhubungan diisi dua atau lebih jenis zat cair yang tidak sejenis.
  4. Kondisi bejana digoyang goyangkan atau tidak seimbang.